Percaya atau tidak, tidaklah selalu mudah bagi para penulis hebat untuk mendapatkan inspirasi untuk tulisan-tulisan mereka. Ide-ide konten tidak jatuh begitu saja dari langit. Saat tidak memiliki ide, akankah mereka hanya duduk dan menunggu ide datang? Tentu saja tidak. Mereka pergi mencari inspirasi, dan itulah yang harus kamu lakukan juga saat kamu tidak tahu ingin menulis apa. Inilah 10 sumber inspirasi hebat untuk tulisanmu:

  • Buku dan majalah

reading books

Bacaan merupakan satu sumber inspirasi yang sungguh luar biasa. Bacalah buku-buku yang ditulis oleh pengarang kesukaanmu. Atau, baca buku atau majalah apa saja yang menarik bagimu, analisis tulisan mereka dan dapatkan inspirasi. Dengan meresapi setiap kata dan frasa yang digunakan oleh sang penulis, kamu bisa memperbaiki diri karena kamu mungkin ingin memperbaiki gaya menulismu.

  • Film dan musik

music

Jika kamu tidak punya ide, istirahatlah sebentar dan dengarkan musik yang kamu nikmati. Musik memiliki kekuatan untuk membantumu menjadi santai dan menginspirasimu. Film juga merupakan sumber inspirasi yang bagus. Perhatikanlah karakter-karakter dalam film dan apa yang mereka katakan. Dialog-dialognya mungkin saja menginspirasimu untuk tulisanmu selanjutnya.

  • Memori

memories

Setiap orang memiliki cerita mereka sendiri, kenangan mereka sendiri, baik senang maupun sedih. Ingatlah masa lalu, apa yang telah terjadi dalam hidupmu dan orang-orang yang merupakan bagian hidupmu. Jika ada cerita yang bisa ditulis, maka tuangkanlah dalam bentuk kata-kata.

  • Sesuatu yang biru atau hijau

something blue or green

Menurut penelitian, warna biru dan hijau bisa membuatmu tenang dan memengaruhi kreativitasmu. Gunakan waktu sebentar untuk melihat langit atau pohon-pohon di sekitarmu.

  • Observasi

observation

Faktanya adalah ada banyak hal di luar sana yang bisa menjadi inspirasimu hanya jika kamu benar-benar memerhatikan mereka. Amati sekelilingmu: orang-orang dan hal-hal lainnya. Kamu akan segera memperoleh ide untuk tulisan berikutnya.

  • Alam

nature landscape

Salah satu dari banyak cara untuk membiarkan inspirasi datang kepadamu adalah dengan mengapresiasi keindahan yang mengelilingimu. Lihatlah matahari terbit dan terbenam atau pergi melihat danau, gunung, bahkan hujan dan genangan air.

  • Olahraga

exercise

Olahraga bisa memberikan ide-ide baru. Mungkin ketenangan bersama dengan aliran darah yang meningkat ke otak lah yang menstimulasi otak. Jika kamu sulit memercayainya, kamu harus coba dan buktikan sendiri.

  • Meditasi

meditation

Terkadang yang kamu perlukan adalah waktu untuk benar-benar sendirian. Ambil waktu untuk mendengarkan kesunyian dan menjernihkan pikiran. Jangan berpikir mengenai apapun, buka saja hatimu dan dengarkan. Kamu akan segera merasa kagum karena ada banyak ide bermunculan di pikiranmu. Mau tahu rahasianya? Ide-ide tersebut sebenarnya sudah ada di sana, kamu hanya tidak membuka hati dan pikiranmu sebelumnya.

  • Seni

art

Melihat-lihat seni indah dapat menginspirasimu karena kreativitas itu mudah menular. Istirahatlah sebentar dan kunjungi galeri seni saat kamu tidak tahu harus menulis apa.

  • Mimpi

dreams sleeping

Yang terakhir, mimpi merupakan sumber inspirasi hebat untuk tulisanmu. Mimpi itu menarik karena mimpi membuatmu mengeksplorasi suatu dunia yang benar-benar berbeda tanpa adanya aturan-aturan yang berlaku seperti di dunia nyata. Tulislah sebuah jurnal mimpi dan tulis apa saja yang bisa kamu ingat saat kamu bangun tidur.