Ada kalanya ketika akan membuat desain, Anda tidak bisa menemukan inspirasi walaupun sudah berpikir keras. Ide kreatif tak kunjung muncul sedangkan deadline dari klien semakin dekat. Di lain sisi, jika Anda tidak mampu memunculkan ide-ide kreatif, bisa jadi Anda akan kalah dari pesaing-pesaing Anda. Tapi sayangnya, ide tersebut tidak muncul di saat kita sangat membutuhkannya. Sebetulnya, Anda bisa memunculkan ide tersebut dengan teknik-teknik tertentu. Ini caranya agar Anda bisa melakukan brainstorming secara efektif.

1. Berbincang-bincang

brainstroming-uprint

Bertemu secara langsung dengan klien untuk mengobrol adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan ide. Dengan bercakap-cakap, Anda dan klien bisa bertukar pikiran untuk menghasilkan ide. Selain dengan klien, Anda juga bisa mengobrol dengan teman. Ingat, ide datang secara natural, jadi tidak perlu terlalu dipaksakan. Ketika Anda berbincang-bincang dengan teman, mereka bisa memberi banyak masukan. Dari sini, ide baru akan muncul dan Anda tinggal bekreasi untuk mengembangkannya.

2. Bersantai Sejenak

brainstroming-uprint

Bisa jadi ide tidak kunjung muncul karena pikiran Anda terlalu lelah. Semakin Anda memaksa otak untuk bekerja, maka akan semakin buntu hasilnya. Oleh sebab itu, istirahatkan pikiran sejenak untuk membuatnya segar kembali. Pikiran yang segar mampu memunculkan ide-ide kreatif. Ketahui apa yang ingin Anda buat dan masalah yang ada. Pergilah berjalan-jalan keluar menghirup udara segar, memasak, membersihkan ruangan, atau melakukan aktivitas lainnya yang bisa membuat pikiran Anda rileks. Alam bawah sadar Anda akan tetap memikirkan ide tersebut sehingga ketika kembali ke meja kerja, pikiran lebih terbuka untuk mencari inspirasi.

3. Tulis dan Ungkapkan

brainstroming-uprint

Berbicara pada diri sendiri bisa Anda lakukan untuk mendapatkan ide tersebut. Tidak perlu malu karena hal ini adalah bagian dari proses brainstorming Anda. Semakin Anda mengulang tujuan desain yang ingin Anda buat dengan mengungkapkannya, maka otak juga akan semakin mengingatnya. Dari sini, ide kreatif pun bisa muncul. Jangan lupa juga untuk menulis atau menggambar sketsanya. Dengan sketsa, Anda akan mendapat gambaran yang lebih nyata tentang desain yang ingin Anda buat.

4. Jangan Berkata “Tidak”

brainstroming-uprint

Terlalu pesimis juga bisa menjadi penghambat ide tersebut muncul ke permukaan. Terlalu banyak berkata ‘tidak’ justru akan menutup pikiran Anda. Misalnya, inspirasi A muncul, tetapi Anda melewatkannya. Muncul inspirasi B dan Anda pun menolaknya lagi karena kurang sesuai dengan konsep. Cobalah untuk lebih terbuka menerima ide yang muncul di benak Anda, apapun itu. Jika Anda berpikir ide tersebut kurang sesuai, coba pertimbangkan sekali lagi barangkali dengan sedikit kreasi inspirasi tersebut bisa tumbuh menjadi ide yang Anda inginkan.

Cara-cara di atas mampu membantu Anda memunculkan ide-ide kreatif. Memang ide kreatif terkadang muncul di saat-saat tak terduga, tapi Anda tidak akan menunggu hal yang tak pasti seperti itu, bukan? Lakukan empat cara dia atas untuk memancing inspirasi.