Perkembangan dunia digital yang semakin maju membuat profesi desainer, baik untuk web maupun tidak, banyak dicari. Kalau Anda seorang desainer, tentunya harus bisa bersaing dengan desainer lainnya untuk mendapatkan lebih banyak klien. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk bisa bersaing adalah dengan mendesain lebih cepat. Tidak ada klien yang tidak menginginkan desain berkualitas dalam waktu singkat. Nah, berikut empat hal yang bisa Anda lakukan untuk desain lebih cepat daripada biasanya.

1. Menggambar Dulu Baru Mendesain 

Sebelum mulai mendesain di komputer, gambarlah dulu sketsanya di kertas dengan menggunakan pensil. Kalau Anda sudah memiliki gambaran sketsa, maka selanjutnya Anda akan lebih mudah mengembangkan kreasi dari sketsa tersebut di layar komputer. hal ini lebih cepat dibandingkan jika Anda langsung menggambar di layar komputer menggunakan mouse. Belum lagi jika Anda melakukan kesalahan dan ingin menghapusnya, Anda pun akan semakin bingung menentukan sketsa yang pasti. Hal ini tentunya akan memakan waktu, bukan?

2. Istirahat yang Cukup

 

Tak peduli seketat apapun  deadline Anda, pastikan Anda mengistirahatkan tubuh dengan cukup. Jika Anda mengerjakan pesanan klien yang terlalu banyak sehingga tubuh menjadi lelah namun Anda masih tetap melanjutkan bekerja, hal ini akan berpengaruh pada hasil desain yang Anda buat. Desain yang dikerjakan secara tergesa-gesa dan kurang fokus justru akan mengecewakan pelanggan. Oleh sebab itu, segarkan pikiran dengan beristirahat cukup. Pikiran yang segar membantu Anda menghasilkan ide cemerlang dan bisa lebih fokus dalam mendesain.

3. Pastikan Komputer yang Anda Gunakan Mumpuni 

Sebagai seorang desainer, memiliki komputer dengan spesifikasi tinggi adalah hal yang penting. Komputer dengan kapasitas memori dan prosesor yang besar memungkinkan Anda untuk mendesain lebih cepat. Program-program pengolahan grafis semacam Corel, Adobe Photoshop, dan Adobe Illustrator memerlukan komputer dengan spesifikasi tinggi agar bisa berjalan lancar tanpa lag. Semakin cepat komputer Anda bekerja, maka akan semakin cepat Anda bisa menyelesaikan pekerjaan desain. Untuk itu, jangan pernah ragu mengeluarkan uang untuk mendapatkan komputer berkualitas terbaik jika Anda ingin menjadi seorang desainer yang andal dan dapat desain lebih cepat.

4. Rajin Mencari Inspirasi 

Sekreatif apapun Anda, jangan pernah berhenti untuk mencari inspirasi dari desainer-desainer lain. Dengan melihat referensi desain di internet, Anda bisa tahu perkembangan tren desain seperti apa yang diminati oleh masyarakat belakangan ini. Dengan berpedoman pada hal tersebut, Anda bisa semakin berkreasi untuk membuat desain yang lebih baik sehingga mampu membuat klien puas. Semakin banyak contoh desain yang Anda lihat, maka akan semakin tak terbatas ide-ide desain yang bisa Anda ciptakan. Tentu saja, ini akan menghemat waktu Anda karena tidak perlu berlama-lama mencari inspirasi.

Ketika Anda bisa mendesain dan menyelesaikan pesanan klien lebih cepat, hal ini akan memungkinkan Anda untuk menerima lebih banyak pesanan. Mendesain cepat bukan berarti Anda harus mengorbankan kualitas desain. Jika Anda bisa membuat desain berkualitas dalam waktu cepat, ini akan membuat klien kembali pada Anda ketika mereka membutuhkan desain lagi di kemudian hari, selamat mencoba desain lebih cepat dari kami.