Kreativitas bukan merupakan bakat alami. Setiap orang memiliki peluang untuk menjadi kreatif, tetapi tidak semuanya mau mengasah kreativitas tersebut. Kesibukan tidak seharusnya dijadikan alasan untuk tidak melatih kreativitas dalam diri masing-masing. Ada cukup banyak opsi yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kreativitas hanya dalam waktu sepuluh menit. Beberapa di antaranya bisa Anda lihat di bawah ini.

1. Dengarkan Musik

Sudah ada banyak studi yang menunjukkan bahwa otak kita berfungsi secara lebih baik setelah mendengarkan musik. Salah satunya adalah studi yang dilakukan peneliti asal Finlandia pada tahun 2011. Menurut situs Huffington Post, studi tersebut menunjukkan bahwa ketika kita memproses timbre dari sebuah lagu, jaringan dalam otak yang terkait dengan eksplorasi akan aktif secara otomatis sehingga merangsang kreativitas. Namun, lagu tersebut harus termasuk musik yang benar-benar Anda nikmati. 

2. Gerakkan Tubuh Anda

 

Demi menghasilkan ide-ide kreatif, biasanya orang-orang akan melakukan duduk berpikir dalam waktu lama. Proses ini disebut juga dengan brainstorming. Hal tersebut tidak salah dilakukan, tetapi sesekali cobalah untuk menggerakkan tubuh. Misalnya, berjalan kaki, melakukan olahraga ringan, atau menari mengikuti irama lagu. Situs Inc.com menulis bahwa gerakan fisik terbukti mampu member efek positif pada proses berpikir kreatif. Hal ini biasanya dilakukan oleh para aktor teater yang melatih dialog mereka sambil memeragakan berbagai pose.

3. Buka Situs Pinterest

Tidak selamanya internet menjadi distraksi yang negatif. Saat pikiran sudah terasa sangat suntuk, cobalah untuk menjelajah situs Pinterest untuk me-refresh kreativitas Anda secara visual. Media sosial satu ini menyediakan banyak sekali ide yang bisa Anda temukan dengan mudah. Cukup ketikkan keywords tertentu yang ingin Anda cari, Pinterest akan langsung menyajikan berbagai board untuk Anda. Namun, ingat, batasi untuk sepuluh menit saja.

4. Gambar 30 Lingkaran

 

Cara satu ini diusulkan oleh seorang peneliti bernama Bob McKim. Gambar lah tiga puluh lingkaran di atas sehelai kertas, lalu bentuk sebanyak mungkin lingkaran tersebut menjadi sebuah objek. Misalnya, satu lingkaran menjadi matahari, lingkaran lainnya menjadi bola basket, dan seterusnya. Batasi waktunya selama 5-10 menit. Berapa banyak lingkaran yang bisa Anda ubah menjadi suatu objek? Cara ini dapat membantu Anda untuk mengeksplor pikiran Anda.

5. Tatap Sesuatu Berwarna Hijau 

Dilansir dari situs Huffington Post, sebuah studi yang diterbitkan di Personality and Social Psychology Bulletin pernah meminta 69 pria dan wanita untuk mengeksplor sebanyak mungkin kegunaan kaleng. Sebelum dimulai, separuh grup ditunjukkan  sebuah gambar persegi panjang putih, sementara grup lainnya ditunjukkan yang berwarna hijau. Setelah dua menit, grup yang melihat gambar berwarna hijau dinilai memiliki jawaban yang lebih menarik dan imajinatif. Jadi, sebagai langkah meningkatkan kreativitas, Anda bisa meletakkan pajangan berwarna hijau atau tanaman tertentu di atas meja kerja Anda.

Meski mungkin hanya sepuluh menit, tetapi apabila dilakukan setiap hari, sel-sel kreativitas dalam tubuh Anda kemungkinan besar akan terus berkembang. Jangan putus asa dan teruslah mencoba. Selamat bersenang-senang!