Liburan Imlek selalu menjadi hari yang ditunggu-tunggu. Tidak hanya dari segi makanan saja, melainkan dari semua pertunjukan yang biasa dilakukan saat Imlek. Semua hal yang berkaitan dengan Imlek pasti sesuatu yang meriah dan membahagiakan. Jika Anda ingin menghabiskan hari Imlek dengan keluarga, cobalah rayakan liburan Imlek di beberapa destinasi wisata berikut ini.

1. Palembang

liburan-imlek-01

Jika Anda ingin menyaksikan pesta lampion dan atraksi lainnya, cobalah merasakan liburan Imlek di Palembang. Datanglah di kawasan Pecinan Dempo, di sana Anda akan disuguhi beberapa festival yang hanya ada saat Imlek tiba. Destinasi berikutnya adalah klenteng Dewi Kwan Im yang akan menampilkan banyak keindahan lampion. Klenteng Dewi Kwan Im ini terletak di kelurahan 10 Ulu yang terkenal dengan pempek terenak.  Jangan lupa juga untuk menyempatkan berlibur ke Pulau Kemaro. Pulau ini pasti sangat ramai saat liburan Imlek. Berbagai pernak-pernik Imlek selalu menghiasi Pulau Kemaro. Pulau ini terkenal dengan kisah cinta legendaris yang selalu menarik perhatian banyak wisatawan. Oleh sebab itu, banyak warga Tionghoa datang ke tempat ini untuk berdoa. Salah satunya, mereka berdoa untuk meminta jodoh.

Baca juga : Cetak Kartu Ucapan Imlek untuk Kerabat atau Rekan Bisnis di Sini!

2. Medan

liburan-imlek-02

Lain halnya dengan di Palembang, jika Anda liburan Imlek di Medan maka akan melihat Gebyar Imlek Fair yang diadakan setiap tahunnya. Dalam acara tersebut Anda akan menemukan ragam UKM yang menjual aneka produk. Mulai dari makanan hingga aksesoris khas Imlek. Selain itu, Anda juga akan disuguhi dengan pertunjukan barongsai yang selalu menjadi lambang saat Imlek. Anda juga wajib mengunjungi vihara Setia Budi. Ketika perayaan Imlek, vihara Setia Budi menjadi tempat yang sangat ramai dikunjungi oleh masyarakat, turis lokal, bahkan turis mancanegara yang hendak berdoa.

3. Jakarta

liburan-imlek-03

Saat Imlek tiba, rasanya ada yang kurang kalau Anda berkunjung ke Jakarta tanpa jalan-jalan ke daerah Pecinan (china town). Di sana banyak sekali lampion cantik yang terpajang di berbagai sudut tempat. Lampion ini dipasang tidak hanya saat perayaan Imlek saja, akan tetapi pada hari-hari biasa selain perayaan Imlek. Jika Anda menyukai fotografi, Anda bisa menyusuri sepanjang jalan pasar Petak Sembilan.

Di sepanjang jalan itu, Anda akan menemukan pemandangan bangunan-bangunan tua dengan arsitektur khas Tiongkok. Kehadiran Klenteng Jin De Yuan ini akan melengkapi liburan Imlek Anda di Jakarta. Kelenteng legendaris yang memiliki nama lain Klenteng Kim Tek Le merupakan destinasi wisata yang patut Anda kunjungi. Kelenteng tertua di Jakarta ini mempunyai bangunan yang dinamakan Raja Neraka. Akan tetapi, arti nama klenteng ini sebenarnya adalah kebajikan hati. Jika Anda berada di sekitar Jakarta dan ingin melihat suasana saat Imlek, jangan ragu untuk mengunjungi petak sembilan ini. Akan banyak spot menarik dan keren untuk diabadikan.

4. Bogor

liburan-imlek-04

Setelah berjalan-jalan ke Jakarta, Anda juga dapat melihat suasana Imlek di Bogor. Jadikan liburan Imlek Anda berkesan dengan menelusuri daerah Suryakencana. Di sana terdapat sebuah klenteng yang masih aktif hingga saat ini. Lokasi yang dekat dengan pasar selalu ramai dikunjungi saat Imlek mau pun tidak. Jangan lupa juga untuk mencoba raga kuliner yang ada di sekitar Bogor. Terutama soto Bogor yang terkenal enak di sekitar jalan surken, selain soto Anda akan menemukan ragam kuliner lainnya yang tidak kalah enak.

Baca juga : Larangan Memberikan Beberapa Hal ini untuk Dijadikan Sebagai Hadiah Imlek

5. Semarang

liburan-imlek-05

Jika Anda memiliki rencana liburan Imlek untuk pergi ke daerah Jawa Tengah, jangan lupa untuk mampir dan merasakan Imlek di sana. Cobalah untuk mengunjungi klenteng Sam Poo Kong yang memiliki ragam kisah sejarah mengenai adanya masyarakat Tiongkok di sana. Selain itu juga, ada setidaknya sepuluh klenteng di daerah Pecinan Semarang yang memeriahkan acara perayaan Imlek di kota Semarang. Klenteng tertua bernama Tay Kak Sie. Klenteng yang terbesar bernama Wie Wie Kong. Selain mengunjungi klenteng, jangan lupa juga untuk mampir ke pasar Imlek Semawis. Pasar yang hanya berdiri selama seminggu ini akan memberikan banyak ragam pertunjukan seru dan menarik.

Itulah 5 destinasi liburan Imlek yang dapat Anda dan keluarga kunjungi. Pastikan semua perlengkapan liburan sudah disiapkan secara matang. Terutama mengenai finansial selama liburan.