Berbicara mengenai melamar pekerjaan, kita tidak bisa lepas dari yang namanya CV atau Curriculum Vitae. CV sangat berpengaruh karena bisa mempengaruhi keputusan perusahaan untuk merekrut Anda. Apapun profesi yang pernah Anda geluti, pastikan untuk menyertakannya pada CV Anda. Begitu pun jika Anda seorang desainer. Nah, bagi Anda yang merupakan seorang desainer dan ingin membuat CV untuk melamar kerja, berikut lima skill yang perlu Anda sertakan di dalam CV tersebut.

1. Wawasan Desain Digital 

Tentu saja ini kemampuan dasar yang harus Anda miliki. Apa jadinya jika Anda tidak punya wawasan digital tapi ingin mendesain? Cantumkan semua wawasan yang pernah Anda pelajari, misalkan bahasa pemrograman, tools yang Anda kuasai, dan hal-hal sejenis lainnya. Semua ini bisa menjadi pertimbangan bagi perekrut untuk memilih Anda. Untuk itu, pastikan Anda tidak lupa menulis skill vital yang satu ini.

2. Media Sosial 

Ada kalanya kebiasaan berselancar di dunia maya juga bermanfaat. Tidak seperti dulu, di zaman yang semakin maju ini kegiatan pemasaran juga marak dilakukan lewat digital, salah satunya media sosial. Anda bisa memperluas jaringan melalui media sosial. Kemampuan Anda dalam mengelola media sosial secara profesional juga bisa menjadi pertimbangan perekrut. Dengan begitu, perekrut bisa tahu bahwa Anda adalah orang yang bisa diandalkan untuk menjalin networking maupun melakukan pemasaran jika diperlukan.

3. Basic HTML 

Di mana ada web designer, di situ pasti diperlukan web programmer. Jadi, seorang desainer akan lebih unggul jika ia juga memiliki wawasan dalam dunia coding. Walaupun tidak seandal programmer asli, tapi Anda bisa mengasah kemampuan Anda seiring berjalannya waktu. Dan inilah yang banyak dicari oleh perusahaan yang bergerak di bidang jasa seputar web dan pemrograman.

4. Komunikasi  

Ada kalanya Anda harus bertemu sendiri dengan klien untuk membicarakan desain seperti apa yang mereka inginkan. Dengan berkomunikasi secara langsung, Anda bisa tahu maksud dan keinginannya. Untuk itu, Anda juga perlu kemampuan komunikasi untuk bernegosiasi dengan klien. Kemampuan komunikasi diperlukan hampir di setiap bidang pekerjaan.

5. Manajemen Waktu 

Setiap pekerjaan apapun mengharuskan Anda untuk bisa mengelola waktu dengan baik, tak terkecuali desainer. Ketika perusahaan tempat Anda bekerja menerima banyak pesanan dari klien dengan deadline yang cukup ketat, maka Anda juga harus bisa menyesuaikan waktu yang ada untuk bisa menyelesaikan deadline tersebut. Atau jika Anda memiliki janji untuk bertemu dengan klien dan di lain sisi Anda juga harus menyelesaikan desain Anda, maka kemampuan pengaturan waktu sangatlah diperlukan agar jadwal tidak berantakan.

Kelima skill tersebut tentunya banyak dibutuhkan saat ini sehingga dengan mencantumkannya di CV Anda, perekrut bisa langsung tahu bahwa Anda mumpuni untuk mengisi posisi yang mereka butuhkan. Jadi, meskipun kemampuan bidang utama Anda adalah mendesain, Anda juga bisa melakukan pekerjaan lainnya yang terkait. Di zaman sekarang, penting untuk memiliki kemampuan multitasking agar bisa bersaing dengan yang lain.

Artikel Highlight : 50 Contoh Surat Lamaran Kerja