Bergabung pada perusahaan baru bisa terasa seperti hari pertama masuk sekolah bagi karyawan baru. Mereka cenderung akan merasa nervous, belum mengetahui password Wi-Fi hingga lokasi restroom. Sebagai atasan, merupakan kewajiban bagi Anda untuk memastikan bahwa proses adaptasi yang dihadapi berlangsung dengan lancar dan semudah mungkin. Dengan begitu, Anda menunjukkan bahwa Anda peduli dan proses adaptasi pun menjadi lebih menyenangkan.
Anda bisa memberikan kartu ucapan sebagai tanda sambutan. Memberi kartu ucapan selamat datang membuat karyawan baru Anda tahu bahwa Anda peduli, sehingga ia pun juga akan lebih peduli pada perusahaan Anda. Sebuah hal yang sama-sama menguntungkan, bukan? Selain kartu ucapan, ada beberapa hal lain yang bisa Anda lakukan untuk menyambut karyawan baru di perusahaan. Berikut informasi lengkapnya!
1. Siapkan dokumen
Karyawan baru Anda pasti memiliki daftar pertanyaan yang panjang mengenai perusahaan Anda. Namun, ia mungkin tidak dapat menemukan waktu yang tepat untuk bertanya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda segera siapkan dokumen sebagai panduan mengenal perusaan Anda lebih dalam. Dokumen tersebut bisa berisi tentang peta kantor (lokasi dapur, restroom, hingga ruang meeting), postcards (berisi foto dan penjelasan singkat orang-orang yang berada di departemen yang sama), hingga kalender yang sudah ditandai dengan jadwal meeting perusahaan Anda.
2. Beri item khas perusahaan
Ingin karyawan baru Anda mengenal perusahaan Anda lebih baik? Beri saja item khas perusahaan seperti kaos, sticker, kartu nama, atau item-item lainnya yang bisa mewakilkan perusahaan Anda. Selain pastinya Anda tetap perlu memberikan item-item tersebut nantinya, memberikannya di hari pertama masuk kerja juga tidak ada salahnya. Apa lagi hal ini bisa jadi membuat karyawan baru Anda menjadi lebih nyaman.
3. Perkenalkan dengan anggota tim
Berkenalan dengan anggota tim di perusahaan baru bisa menjadi proses yang mendebarkan bagi karyawan baru Anda. Agar lebih nyaman, sebelum hari pertama masuk kerja Anda bisa meminta karyawan baru tersebut membuat note yang berisi tentang introduction dirinya. Berikan note tersebut kepada karyawan Anda yang lain, khususnya anggota timnya. Cara ini bisa membuat proses perkenalan jadi lebih menyenangkan.
Baca Juga : Cara Menunjukkan Apresiasi kepada Karyawan
4. Tempel informasi penting
Sebaiknya, pastikan Anda menempelkan informasi penting seputar perusahaan di lokasi yang mudah dilihat karyawan baru Anda. Pasalnya, terlalu menyusahkan apabila karyawan baru Anda harus membawa dokumen mengenai informasi perusahaan kemana-mana. Tempellah informasi mulai dari password Wi-Fi, login ruang konferensi, kamar mandi, hingga printer introduction. Hal ini akan menghindarkannya dari mengajukan pertanyaan yang sama berulang-ulang dan membuat karyawan lama mungkin merasa tak nyaman.
5. Siapkan mentor kerja
Untuk transisi dan proses adaptasi mengenal perusahaan lebih baik, Anda perlu menyiapkan mentor kerja untuk karyawan baru Anda. Mentor ini nantinya dapat memberikan berbagai informasi penting kepada karyawan baru, mulai dari kewajiban kerja hingga budaya kantor agar proses kerja menjadi lebih lancar selepas hari pertama kerja usai. Cara ini bisa Anda andalkan untuk membuat karyawan baru memiliki banyak kesempatan untuk bertanya dan menjadi lebih dekat dengan karyawan-karyawan lama di perusahaan Anda.
Berikanlah sambutan yang hangat bagi karyawan baru Anda agar ia merasa nyaman dan pekerjaannya pun berjalan dengan lancar. Semoga bermanfaat!