Angka memiliki banyak fungsi penting dalam kehidupan kita, dan salah satunya ada hubungannya dengan kesehatan kita. Kamu bisa mencari tahu apakah kamu sehat atau tidak dari ketujuh angka penting berikut ini:

  • Keperluan kalorimu sehari-hari

calories

Jangan pernah meremehkan seberapa banyak kalori yang kamu konsumsi sehari-hari karena kalori bisa memiliki pengaruh besar terhadap kesehatanmu. Jika kamu adalah seseorang yang melakukan aktivitas normal setiap hari, maka pada umumnya kamu membutuhkan hanya 2.000 kalori per hari (jika kamu seorang wanita) atau 2.550 kalori (untuk kaum pria). Saat membeli makanan yang dikemas, di kemasan biasanya terdapat label Kandungan Nutrisi. Kamu bisa menggunakan label tersebut sebagai referensi saat kamu makan. Jika kamu berencana untuk mengurangi berat badan, kamu bisa makan lebih sedikit dengan mengurangi 500 kalori dari jumlah kalori yang kamu konsumsi setiap harinya.

  • Ukuran pinggangmu

waist size

Mengetahui ukuran pinggangmu itu penting karena angkanya mengindikasikan lemak perutmu. Memiliki terlalu banyak lemak perut dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Jadi berapakah ukuran pinggang yang ideal? Untuk wanita, angkanya tidak boleh lebih dari 35 inci, sementara untuk pria risiko kesehatan dimulai saat ukuran pinggang lebih dari 40 inci. Jadi ambilah pengukur, pakaikan mengelilingi perut, mulai mengukur dan cari tahu. Jangan berbuat curang dengan mengecilkan perutmu sekuat-kuatnya.

  • Tekanan darahmu

blood pressure

Tekanan darahmu naik dan turun sepanjang hari, dan hal tersebut normal. Tekanan darah yang normal seharusnya adalah 120/80 mmHG atau lebih kecil. Memiliki tekanan darah yang normal akan mengurangi risiko terjadinya kematian dini dan disabilitas. Bagaimana jika memiliki tekanan darah tinggi? Hal itu akan meningkatkan risikomu terkena stroke, serangan jantung dan penyakit ginjal. Sayangnya banyak orang tidak memiliki gejala-gejalanya, sehingga hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah pergi mengunjungi dokter dan memeriksakan tekanan darahmu.

  • Level kolesterolmu

cholesterol

Berbicara mengenai kolesterol, ada dua hal yang kamu perlu tahu: kolesterol LDL (jahat) dan kolesterol HDL (baik). LDLmu harus berada di bawah 100mg/dL dan HDL di atas 50. Total kolesterol harus di bawah 200. Jika kolesterolmu terlalu tinggi, kamu memiliki risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

  • Gula darahmu

blood sugar

Tubuhmu memiliki sumber utama energi yaitu gula. Gula yang disimpan di dalam darah dinamai glukosa. Gula darah normal harus berkisar antara 70 dan 130. Lebih tinggi atau lebih rendah daripada angka yang telah disampaikan dapat menimbulkan risiko terkena diabetes.

  • Protein C-reaktif

c reactive protein

Angka ideal untuk protein C-reaktif adalah kurang dari 1. Jika terdapat peradangan di suatu tempat di dalam tubuhmu, protein C-reaktif akan meningkat. Memiliki peradangan bisa berarti adanya masalah. Kamu akan memiliki risiko terkena penyakit jantung, stroke dan arthritis yang lebih tinggi jika protein C-reaktif di dalam tubuhmu lebih tinggi dari 1.

  • Denyut nadimu

pulse

Apa itu denyut nadi? Denyut nadi adalah angka dari berapa kali jantungmu berdetak dalam satu menit. Denyut normal saat sedang santai adalah 60 hingga 90 kali per menit. Pemantauan teratur dari denyut nadimu sangatlah direkomendasikan, dan waktu terbaik untuk melakukannya adalah pada pagi hari saat kamu sedang santai. Orang-orang yang sehat biasanya memiliki denyut nadi yang lebih rendah karena otot jantung mereka bagus. Jika kamu ingin menguatkan jantungmu, lakukan olahraga teratur setiap hari.