Agar berhasil dalam bekerja Anda harus menjadi produktif. Pertanyaannya adalah apakah selama ini Anda telah produktif atau menurut Anda, Anda tidak produktif sama sekali? Inilah tujuh cara yang harus Anda perhatikan jika ingin meningkatkan produktivitas saat bekerja:

  • Atur jadwal untuk hari berikutnya sebelum meninggalkan kantor

set schedule

Pada sore hari sebelum meninggalkan kantor, Anda sebaiknya mengatur jadwal (apa saja yang akan Anda lakukan) pada hari berikutnya. Pilihlah tugas-tugas yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Anggap saja seperti memiliki daftar untuk dikerjakan, Anda dapat mencoret poin-poin setelah Anda menyelesaikannya. Anda akan memperoleh kepuasan dari mencoret tugas-tugas tersebut satu per satu. Selain itu mencatat jadwal untuk hari berikutnya akan membuat Anda terorganisir dan fokus.

  • Pantau waktu yang Anda habiskan untuk mengerjakan beragam tugas

Perhatikan seberapa banyak waktu yang Anda butuhkan untuk mengerjakan beragam tugas. Catat jam Anda mulai dan selesai untuk setiap tugas. Dengan melakukan hal tersebut Anda akan tahu seberapa lama waktu yang Anda perlukan untuk menyelesaikan tugas-tugas, sehingga kali berikutnya Anda diberikan tugas yang kurang lebih sama dengan tugas sebelumnya, Anda akan tahu pasti berapa lama waktu penyelesaian, dan Anda tidak akan kewalahan saat harus menangani beragam tugas sepanjang hari.

  • Hindari mengerjakan banyak tugas pada saat bersamaan

multitasking

Bagaimana Anda bisa memberikan hasil-hasil terbaik saat Anda melakukan banyak hal berbarengan pada waktu yang sama? Anda mungkin beranggapan Anda efisien, tapi sesungguhnya Anda tidak. Mengerjakan banyak hal bersamaan hanya akan membuat Anda kehilangan waktu dan produktivitas.

  • Belajar untuk mengatakan TIDAK

Ada terlalu banyak orang yang sering berkata YA saat mereka seharusnya bilang TIDAK. Setiap orang memiliki alasannya masing-masing. Mungkin saja mereka tidak ingin mengecewakan rekan kerja, mereka memang dari sananya suka membantu, mereka takut dengan bos mereka dan masih banyak lagi. Mengatakan YA terlalu sering kepada orang lain hanya akan memberikan tekanan besar terhadap waktu apalagi produktivitas.

  • Jagalah agar tempat kerja Anda tetap bersih dan rapi

clean workspace

Cobalah usahakan agar tempat kerja Anda tetap bersih dan rapi. Melihat meja yang rapi memberikan perasaan yang jauh lebih baik daripada meja yang berantakan. Selain itu meja yang bersih dan rapi akan menghemat waktu. Anda tidak memerlukan waktu ekstra untuk mencari kertas-kertas atau dokumen tertentu. Gunakan waktu tambahan tersebut untuk menyelesaikan pekerjaan Anda.

  • Beristirahat secara teratur

Janganlah takut untuk beristirahat secara teratur selama bekerja karena istirahat sesungguhnya dapat membantu Anda meningkatkan konsentrasi. Anda akan menjadi lebih fokus pada apa yang sedang Anda kerjakan setelah beristirahat. Mengerjakan tugas terus-terusan tanpa istirahat sama sekali menyebabkan penurunan performa. Jika Anda ingin produktivitas di tempat kerja meningkat, maka beristirahat secara teratur merupakan suatu keharusan.

  • Jangan makan terlalu banyak saat jam makan siang

lunchtime

Makan terlalu banyak makanan pada saat jam makan siang hanya akan membuat Anda lelah, yang akhirnya menyebabkan penurunan dalam produktivitas. Yang terbaik adalah mengkonsumsi makanan yang tinggi protein, serat dan antioksidan agar Anda tetap bertenaga sepanjang hari. Makanan manis dan minuman energi akan membuat Anda kenyang, tapi hanya sebentar saja.