-Cara membuat CV yang baik dan benar-

Persaingan tingkat tinggi di bursa kerja merupakan satu hal tak terelakkan yang dihadapi oleh setiap pencari kerja. Hal ini berarti perekrut dibanjiri oleh ratusan, jika tidak ribuan, CV. Tantangan Anda adalah jika Anda sedang mencari pekerjaan, bagaimana caranya agar CV/resume Anda menonjol sehingga berada di tempat teratas dari tumpukan CV. Anda tentunya tidak ingin jika CV Anda tergeletak di bawah bukan?

jasa percetakan murah di jakarta

Berikut adalah cara membuat CV yang baik dan benar agar Anda menonjol dari para pencari kerja lainnya:

  • Pastikan CV Anda tidak memiliki kesalahan pengejaan

resume typos

Kebanyakan perekrut membenci pengejaan yang payah. Jika terdapat salah eja dalam CV Anda, walaupun kesalahannya kecil, artinya Anda kurang memiliki kemampuan untuk memperhatikan hingga detil. Perhatian akan detil-detil dianggap penting dalam hampir setiap pekerjaan. Jika ada kesalahan eja, CV Anda tentunya tidak akan terlihat bagus.

  • CV/resume Anda harus jelas, ringkas dan terstrukturcara membuat cv - struktur cv yang baik

Menerima terlalu banyak CV dari para pelamar kerja membuat para perekrut tidak akan repot-repot membaca CV Anda secara teliti. Apa yang biasa dilakukan oleh para perekrut adalah melihat CV Anda secara sekilas. Jika CV Anda menarik perhatian mereka pada saat pertama kali mereka melihatnya, maka CV Anda akan dibaca secara lebih teliti. Jika tidak, maka selesailah sudah. Oleh karena itu, membuat CV Anda terlihat jelas dan terstruktur sangatlah penting. Saat menulis ide-ide yang Anda miliki, pastikan judul yang Anda gunakan jelas dan Anda menulis penjelasan dalam paragraf pendek.

  • Tonjolkan yang penting terlebih dahulucara membuat cv - Tonjolkan yang penting terlebih dahulu

Anda sudah tahu bahwa para perekrut hanya akan membaca sekilas CV Anda pada saat pertama. Jadi, semua pencapaian, pengalaman kerja relevan dan latar belakang pendidikan harus berada di halaman depan. Anda harus ingat bahwa CV Anda merupakan kesempatan untuk menjual diri sendiri dengan memberitahu alasan-alasan mengapa Anda adalah orang yang cocok dan terbaik untuk pekerjaan yang Anda lamar. Oleh karena itu, pastikan bahwa hal-hal menonjol berada di atas. Jika Anda baru saja lulus dan belum memiliki pengalaman profesional, maka tekankan pendidikan yang telah Anda tempuh. Namun jika Anda adalah seorang profesional, letakkan pengalaman Anda yang paling relevan terlebih dahulu, karena itulah yang membuat perekrut tertarik.

  • Pastikan Anda paham dengan peran yang dicari oleh perekrutcara membuat cv - Pastikan Anda paham dengan peran yang dicari oleh perekrut

Setiap pencari kerja harus menghindari membuat kesalahan ini: sebuah CV yang cocok untuk semua kategori pekerjaan. Anda harus menyesuaikan CV dengan peran yang dicari oleh perekrut. Jika itu berarti menulis sebuah CV dan surat lamaran yang sedikit berbeda, maka itulah yang harus Anda lakukan. Beberapa pengalaman atau latihan yang Anda dapatkan mungkin lebih relevan untuk satu pekerjaan dibandingkan pekerjaan lainnya. Anda harus membaca deskripsi pekerjaan yang diberikan dengan hati-hati.

  • Menjelaskan secara proaktif

cara membuat cv - Menjelaskan secara proaktifPenjelasan proaktif berguna untuk menceritakan pengalaman profesional dan tanggung jawab. Masukkan situasi, tugas, tindakan dan hasil yang Anda raih. Gunakan kata-kata kunci yang relevan saat menjelaskan. Satu hal yang perlu diperhatikan, gunakanlah angka jika memungkinkan. Tidaklah terlalu jelas saat Anda mengatakan Anda hebat dalam melakukan sesuatu. Dukunglah pernyataan Anda tersebut dengan memberikan sesuatu yang nyata.

  • Jangan pernah berbohong

cara membuat cv - Jangan pernah berbohong

Beritahukan pencapaian Anda kepada perekrut, kami sangat merekomendasikannya. Tapi satu hal yang perlu Anda ingat, jangan berbohong. Jangan pernah berbohong. Misalnya saja jika Anda mengatakan Anda mendapatkan gelar tertinggi di Universitas Cambridge, lalu perekrut memutuskan untuk melakukan pemeriksaan latar belakang dan mengetahui jika Anda berbohong, maka Anda akan berada dalam masalah serius. Hampir semua perusahaan akan memverifikasi beberapa poin yang tertulis dalam CV Anda, tapi Anda tidak tahu poin mana yang akan mereka periksa. Jadi hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah memberitahu mereka kebenaran saja.

Artikel Highlight : 50 Contoh Surat Lamaran Kerja


Semoga cara membuat CV yang baik dan benar yang kami berikan dapat bermanfaat untuk Anda.