Mengkonsumsi buah-buahan sangat baik untuk kesehatan tubuh serta kulit. Apalagi jika dikonsumsi selama bulan ramadan, akan membuat tubuh semakin segar dan kulit cenderung tidak kering. Manfaat lainnya adalah dapat mengatasi sembelit selama menjalankan ibadah berpuasa. Buah-buahan ini harus sering Anda konsumsi selama berpuasa.

1. Buah Pepaya

buah-buahan 1

Jenis buah yang satu ini kaya akan serat, rendah kalori, dan memiliki kadar gula yang sedikit. Sehingga sangat baik dikonsumsi untuk orang yang memiliki riwayat diabetes. Selain itu, buah pepaya dapat mengatasi masalah pencernaan dan akan membuat sistem pencernaan menjadi lebih sehat. Ternyata, pepaya juga sangat baik untuk kulit dan rambut. Anda dapat menyajikan buah ini sebagai cemilan saat berbuka atau santap sahur.

Baca juga : Tampil Menawan di Hari Raya Dengan Style dan Hijab yang Keren

2. Buah Kurma

puasa lebih bermanfaat 2

Buah yang ini dapat dikatakan menu wajib setiap bulan ramadan. Kurma kaya akan vitamin, energi, gula, dan serat yang sangat baik bagi tubuh. Cobalah untuk mengkonsumsi buah kurma selama berpuasa, agar dapat menjaga energi dalam tubuh saat beraktivitas selama berpuasa.

3. Buah Pisang

buah-buahan 2

Pisang memiliki kandungan protein, serat, dan potasium yang baik untuk tubuh. Kandungan potasium yang terdapat dalam buah pisang dapat berperan untuk mempertahankan kadar cairan dalam tubuh serta dapat mengatur pergerakan nutrisi yang masuk dan keluar. Pisang merupakan buah yang memiliki sumber energi baik. Selain itu, dapat juga memperbaiki mood, dan mengatasi rasa stress pada tubuh.

Baca juga : Ternyata 5 Hal ini yang Dapat Membuat Puasa Lebih Bermanfaat

4. Buah Semangka

buah-buahan 3

Semangka ini juga sangat cocok jika dikonsumsi selama bulan ramadan. Buah-buahan ini memiliki kadar serat dan air yang banyak. Sehingga mampu mencegah kekurangan cairan pada tubuh selama berpuasa. Semangka sangat baik dikonsumsi sebagai makanan pembuka puasa. Anda dapat menyajikannya dalam potongan kecil sebagai cailan atau disajikan dalam bentuk toping campuran es pada minuman.

5. Buah Timun

buah-buahan 4

Buah timun ini ternyata baik dikonsumsi selama bulan ramadan. Kandungan hidrasi pada timun sangat baik untuk tubuh. Timun juga memiliki kadar air dan serat yang baik untuk pencernaan, seklaigus mengatasi panas dalam selama berpuasa. Setiap gigitan timun memiliki vitamin K, B6, dan zat besi. Anda dapat mengolah timun sebagai salad saat berbuka puasa, atau dibuat lalapan saat berbuka.

Itulah buah-buahan yang harus Anda konsumsi selama bulan puasa. Selain menyegarkan, buah-buahan ini juga dapat membantu sistem pencernaan agar tetap terjaga selama melakukan puasa. selamat mencoba, dan selamat menunaikan ibadah puasa!