Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Tetap produktif di kantor merupakan keinginan semua orang. Namun tidak dapat dipungkiri, beberapa orang pasti mengalami hal yang menjenuhkan di penghujung hari. Terutama saat menjelang hari libur. Anda akan tetap produktif di kantor jika menggunakan beberapa cara seperti berikut ini.

1. Buatlah Catatan Kecil

tetap-produktif-di-kantor-01-buat-catatan-kecil

Merencanakan untuk berlibur merupakan hal yang wajar. Namun, akan menjadi tidak wajar jika Anda mengabaikan semua pekerjaan kantor. Jika tidak ingin pekerjaan Anda terganggu dengan hal-hal kurang bermanfaat maka ada baiknya untuk membuat catatan kecil. Dengan adanya catatan kecil, maka akan memudahkan Anda untuk menyelesaikan ragam pekerjaan di kantor. Jangan hanya menuliskannya saja, Anda harus mencoba menempelkannya di beberapa tempat yang terlihat. Dengan begitu, akan mengingatkan Anda selalu mengenai pekerjaan yang harus diselesaikan.

Baca juga : Ternyata 6 Hal Ini yang Membuat Kerjamu Gak Produktif

2. Hindari Mencuri Jam Kerja

tetap-produktif-di-kantor-03

Hal ini sudah pasti sering dilakukan, misalnya mencari sesuatu yang berkaitan dengan liburan. Padahal, ini merupakan hal yang akan membuat Anda semakin tidak produktif di kantor. Untuk itu, cobalah menghindari hal seperti ini, jika ingin tetap produktif di kantor. Jangan sampai, waktu Anda terbuang sia-sia hanya karena kemalasan tersebut.

3. Batasi Penggunaan Media Sosial

tetap-produktif-di-kantor-02

Kegiatan lain yang akan menghambat Anda untuk tetap produktif di kantor adalah, penggunaan media sosial. Anda akan tetap produktif di kantor dengan cara membatasi penggunaan media sosial yang berlebihan. Anda dapat juga memberikan waktu khusus ketika membuka media sosial, misalnya hanya sekitar 10 hingga 15 menit saja. Ini merupakan waktu yang ditentukan secara maksimal jika ingin produktif di kantor.

4. Tetap Fokus Pada Pekerjaan

tetap-produktif-di-kantor-04

Anda harus mencoba untuk tetap fokus pada pekerjaan. Jangan sampai mengubah fokus ke dalam hal-hal yang tidak penting. Ini akan dapat membantu Anda untuk semakin produktif di kantor walau liburan akan segera tiba. Tidak hanya itu saja, semakin Anda fokus pada pekerjaan maka akan semakin cepat dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan. Untuk itu, jangan menyia-nyiakan waktu untuk tidak fokus dalam pekerjaan.

Baca juga : 7 Cara Agar Tetap Produktif di Hari Libur

5. Menyusun Rencana Liburan

tetap-produktif-di-kantor-05

Setelah puas menikmati liburan panjang, Anda harus bisa move on. Kembali bekerja dengan target-target baru. Supaya lebih bersemangat, Anda dapat merencanakan lagi liburan selanjutnya. Susun mulai dari mau liburan kemana, itinerary, hunting tiket pesawat dan hotel jauh-jauh hari. Selain akan membuat termotivasi, merencanakan liburan di awal tidak akan mengganggu produktivitas Anda.

Itulah beberapa cara agar tetap produktif di kantor menjelang liburan. Bahkan Anda dapat juga memanfaatkan sisa hari-hari di kantor untuk membuat beberapa planning pekerjaan mendatang. Ini sangat berguna jika dilakukan sebelum memulai pekerjaan yang baru. Sehingga, saat kembali masuk kantor dan bekerja, Anda sudah mengetahui apa saja yang akan dilakukan.