Formulir biasanya digunakan untuk mengisi data seseorang, ketika ingin mendaftarkan diri. Selain itu, formulir juga bermanfaat untuk menyeleksi pendaftar. Biasanya digunakan untuk sebuah kompetisi, pendaftaran pendidikan, hingga saat mendaftar kesehatan. Hal ini membuktikan bahwa formulir merupakan bagian terpenting dari sebuah data.

Jika Anda ingin membuat formulir, dapat memperhatikan beberapa hal berikut ini agar pendaftar dengan mudah mengisi data-data. Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Identitas Diri Pendaftar

cara-membuat-formulir-identitas-diri

Topik utama yang harus Anda cantumkan di dalam formulir adalah pengisian identitas diri pendaftar. Mulai dari nama, tempat dan tanggal lahir, hingga kewarganegaraan, dan lain sebagainya. Pendataan diri ini sangatlah penting sebab menyangkut identitas pemohon.

Baca juga : Contoh Desain CV Kreatif yang Dapat Dijadikan Referensi Sebelum Membuatnya

2. Tujuan Pemohon

cara-membuat-formulir-01

Di dalam formulir biasanya terdapat kolom yang berisi tujuan pemohon ketika mengisi formulir. Sebagai penyelenggara, Anda harus menyediakan kolom tujuan pemohon di bagian setelah pengisian identitas. Hal ini untuk mengetahui apa yang dibutuhkan pemohon dalam kelengkapan isi formulir.

3. Identitas Keluarga

cara-membuat-formulir-03

Beberapa instansi atau lembaga, memberikan kolom formulir itu dengan tujuan, untuk memastikan kebenaran semua data. Sebuah lembaga pasti akan memastikan kebenaran data melalui identitas keluarga yang dicantumkan. Seperti yang digunakan perbankan, ketika Anda mendaftarkan diri untuk mengajukan sebuah permohonan.

Baca juga : Contoh Proposal dan Struktur Penyusunan yang Harus Diketahui

4. Pernyataan

cara-membuat-formulir

Kolom pernyataan ini juga kerap kali ada di formulir. Ini untuk meyakinkan kembali pemohon terhadap isi formulir. Bahwa keterangan yang diberikan benar adanya dan jujur. Untuk perihal pernyataan ini, Anda harus memberikan keterangan yang benar kepada pemohon.

Saat ini masih banyak beberapa lembaga serta instansi yang membuat formulir secara manual. Dengan kata lain masih menggunakan kertas. Selain itu, ada juga yang menyediakan formulir online seperti google form yang semakin mudah dilakukan. Jika Anda ingin membuat formulir, pastikan dahulu kolom apa saja yang akan disediakan untuk pemohon. Cara membuat formulir ini dapat Anda gunakan dan cantumkan. Jangan lupa untuk mencantumkan kolom untuk tanda tangan pemohon.

Sekarang semua serba mudah, secara online Anda sudah dapat memesan dan mencetak formulir di Uprint.id. Anda dapat memesannya secara online tanpa harus keluar rumah, bahkan dapat memesan melalui ponsel.