Liburan panjang selalu menjadi momen yang menyenangkan, tapi juga menyebalkan. Pasalnya, setelah liburan usai keuangan menjadi mulai kacau. Sebab, selama liburan pengeluaran akan semakin membengkak. Terutama jika Anda yang membeli banyak kebutuhan untuk mengisi waktu liburan. Tanpa sadar, maka pengeluaran jauh lebih besar dari sebelumnya. Agar keuangan kembali normal, Anda harus mengetahui cara mengatur keuangan seperti berikut.

1. Mulai untuk Menghitung Pengeluaran

resolusi-tahun-baru-finansial-07

Setelah seluruhnya sudah dihitung, langkah selanjutnya yakni mengatur ulang anggaran. Utamakan dari penghasilan atau gaji digunakan untuk membayar cicilan kartu kredit. Hilangkan anggaran untuk sesuatu yang masih bisa ditunda. Pangkas juga anggaran nongkrong, jalan-jalan. Intinya adalah Anda harus bisa kembali hidup hemat. Langkah tersebut dijamin bikin keuangan stabil kembali. Menghitung pengeluaran itu memang harus dilakukan, sebab Anda akan mengetahui berapa banyak uang yang telah dikeluarkan, dan harus Anda kumpulkan kembali.

Baca juga : Tanda Keuangan Sehat Ternyata Seperti Ini. Mulai Cek Nih, Keuangan Anda!

2. Stop Berhutang dan Mulailah Menabung

resolusi-tahun-baru-finansial-02

Anda harus memprioritaskan untuk membayar cicilan kartu kredit. Setiap menerima penghasilan atau gaji, langsung digunakan untuk memenuhi kewajiban tersebut. Jangan menunggu dari sisa gaji. Saat Anda masih memiliki hutang, jangan menambah hutang yang baru, misalnya membeli barang pakai kartu kredit lagi. Batasi pemakaian kartu kredit sebesar maksimal 30% dari penghasilan. Kalau perlu stop berhutang sampai hutang yang lama sudah lunas, sehingga beban keuangan Anda tidak semakin berat. Setelah itu yang harus dilakukan adalah cobalah untuk mulai menabung. Cobalah menghilangkan anggaran untuk sesuatu yang masih bisa ditunda. Pangkas juga anggaran nongkrong, jalan-jalan. Intinya adalah Anda harus bisa kembali hidup hemat. Langkah tersebut dijamin bikin keuangan stabil kembali.

3. Belajar dari Kesalahan

cara-mengatur-keuangan-belajar-dari-kesalahan

Anda dapat belajar dari kesalahan sewaktu berlibur kemarin. Mengeluarkan budget besar untuk apa saja. Misalnya untuk makan, maka Anda harus berpikir kembali ketika berlibur lagi. Pilihlah rumah makan yang menyajikan makanan dengan harga murah. Sehingga tidak akan mengambil budget besar hanya untuk makan saja. Secara keseluruhan Anda bisa belajar berhemat saat traveling. Jangan sampai terbawa hawa nafsu belanja segala macam tanpa melihat kondisi keuangan. Jika sudah tahu akibatnya keuangan akan berantakan setelah liburan, lebih baik tahan keinginan dan utamakan kebutuhan.

4. Cari Penghasilan Tambahan

Jangan bingung ketika selesai liburan keuangan semakin menipis. Anda hanya perlu mengaturnya kembali, tutuplah kekurangan keuangan dengan mencari penghasilan tambahan. Namun hal yang harus diperhatikan saat mencari penghasilan tambahan adalah manajemen waktu. Jangan sampai pekerjaan sampingan mengganggu pekerjaan utama. Akibatnya nanti semua pekerjaan jadi berantakan. Carilah pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan sepulang kerja. Dengan begitu pekerjaan utama di kantor tidak terbengkalai dengan pekerjaan sampingan.

Baca juga : Hal yang Penting Dilakukan Oleh Freelancer, Jika Ingin Mengatur Keuangan

5. Disiplin dan Komitmen

cara-mengatur-keuangan-komitmen

Cara mengatur keuangan selanjutnya adalah dengan cara disiplin dan komitmen untuk tidak melakukan hal-hal yang membuat Anda boros. Jika sudah menentukan seperti itu, maka mulailah disiplin untuk tidak tertarik mengutang hal-hal yang tidak perlu. Komitmen untuk tidak belanja, foya-foya dan mengeluarkan uang seenaknya. Mulailah konsisten menyisihkan uang untuk investasi, tabungan, asuransi dan belanja-belanja kebutuhan produktif yang bermanfaat bagi masa depan. Lakukanlah perubahan keuangan ini jika ingin, mengatur keuangan menjadi lebih stabil dan normal kembali.

Liburan memang menjadi kebutuhan untuk menghilangkan kepenatan. Namun segala sesuatunya harus diperhitungkan demi masa depan keuangan yang lebih baik. Walaupun sedang liburan, usahakan untuk tetap hemat membelanjakan uang. Jangan boros agar tidak pusing memikirkan ‘hidup’ karena keuangan berantakan pasca liburan. Itulah beberapa cara mengatur keuangan setelah liburan panjang yang menyita banyak uang.