Bahagia merupakan suasana hati yang selalu diinginkan semua makhluk hidup yang bernyawa. Terutama manusia, yang selalu menginginkan kebahagiaan terjadi dalam hidup mereka. Bahkan, tidak sedikit yang menikmati kebahagiaan orang lain kemudian membandingkan dengan dirinya. Ini merupakan hal yang salah dalam mendefinisikan kebahagiaan. Ada cara mudah bahagia yang perlu diketahui. Bahkan, ini akan merubah pemikiran dan semangat dalam diri. Seperti kata-kata berikut ini yang harus dihindari.

1. Bosan

cara-mudah-bahagia-01-rasa-bosan

Kata-kata ini akan membatasi Anda untuk meraih kebahagiaan. Ketika seseorang mengatakan bosan terhadap suatu hal, berarti ia sedang mengabaikan masalah yang terjadi dalam dirinya. Dengan begitu, anda tidak akan pernah menemukan solusi untuk keluar dari masalah tersebut. Cara mudah bahagia adalah dengan tidak mengatakan “bosan” terhadap sesuatu yang dikerjakan. Anda hanya perlu menemukan masalah dan mencari tahu yang dibutuhkan. Setelah itu, tidak akan ada lagi kalimat “bosan” yang menjauhkan diri dari rasa bahagia.

Baca juga : 15 Kiat Mendapatkan Kebahagiaan dan Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

2. Munafik

cara-mudah-bahagia-02

Tidak sedikit orang yang sering mengatakan bahwa dirinya munafik. Penggunaan kata Munafik pada diri sendiri haruslah disesuaikan dengan konteks dan perspektif masalah yang sedang dialami. Anda perlu memahami bahwa, suatu nilai moral yang mempengaruhi keputusan berubah dari situasi ke situasi lainnya merupakan hal wajar. Jadi jangan terburu-buru menyematkan label ini pada diri Anda. Sebab, hal ini akan menghambat diri Anda untuk merasakan kebahagiaan dalam menjalani hidup.

3. Egois

cara-mudah-bahagia-03

Cara mudah bahagia lainnya adalah, dengan tidak mengucapkan kata “egois” dalam diri. Tidak sedikit orang yang mengambil keputusan dan mengatakan bahwa dirinya “egois”. Penyebutan kata egois pada diri sendiri, justru membuat Anda merasa bahwa perhatian pada kebutuhan diri menjadi tidak penting. Pada tingkat lanjut, orang cenderung mengasumsikan diri mereka layaknya orang jahat yang haus akan keutamaan, padahal sebenarnya tidak seperti itu. Pada dasarnya, saat diri ini mengambil keputusan yang diinginkan merupakan hal yang wajar. Bahkan, dengan ragam cara dapat dilakukan demi mendapatkan yang diinginkan.

4. Bodoh

cara-mudah-bahagia-04

Pasti kalimat ini sudah tidak asing di telinga. Menyatakan dirinya “bodoh” adalah hal yang sering dilakukan. Padahal ini merupakan sebuah kalimat yang salah dan harus dihindari jika ingin merasakan bahagia dalam hidup. Seseorang yang sering menganggap diri sendiri bodoh justru merupakan orang yang sangat cerdas. Karena sikap tersebut mengindikasikan bahwa mereka sangat sensitif terhadap pengamatan orang lain dan tidak memaafkan diri sendiri terhadap suatu kesalahan. Namun tentu saja, terlalu sering menyalahkan diri sendiri akan suatu hal, maka cepat atau lambat akan membuat diri tidak berkembang.

Baca juga : Ternyata 5 Hal Ini Menjadi Penghalang Kebahagiaan Dalam Hidup. Salah Satunya Sering Dilakukan!

5. Malas

cara-mudah-bahagia-05

Kata-kata ini selalu menjadi andalan ketika mereka belum melakukan hal yang seharusnya dilakukan. Hal ini menunjukkan bahwa orang tersebut mengetahui ada sesuatu yang salah karena sesuatu tersebut tidak berjalan sesuai yang direncanakan. Namun, dengan melakukan hal ini justru kita sedang menghindari untuk mencari tahu masalah utamanya, dan cenderung mencari alasan. Jadi jika Anda mulai menyebut diri sendiri pemalas, cobalah untuk bertanya pada diri, mengapa dan apa penyebabnya merasakan tidak termotivasi dan cari tahu akar masalahnya. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mengatasi rasa malas dalam diri. Jika Anda selalu menggunakan kata malas dalam diri, maka dengan secara tidak langsung diri sendiri yang menghambat kebahagiaan. Bahkan, tanda-tanda orang yang sukses adalah membunuh kata-kata malas dari dalam dirinya menjadi sebuah motivasi tinggi.

Itulah beberapa kata yang dapat dijadikan cara mudah bahagia. Selain menghindari kata-kata itu, yang perlu dilakukan adalah mencoba memotivasi diri sendiri dengan beberapa hal. Misalnya, tujuan Anda melakukan semua kegiatan tersebut, dan lain sebagainya.