Apple dikenal sebagai salah satu merek terkemuka di dunia berkat produk-produk premiumnya. Dalam hal ini, premium bukan hanya mengacu pada harga fantastis yang mereka tawarkan, tetapi juga desain yang diusung. Bahkan tidak berlebihan rasanya menyebut Apple sebagai salah satu trendsetter dalam hal desain di bidang teknologi. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda pelajari dari desain Apple.

1. Semakin Simpel, Semakin Baik 

desain-apple-uprint.id

Apabila ada satu hal yang paling menonjol dari desain Apple, maka itu adalah konsep minimalis yang diusungnya. Apple selalu menerapkan konsep “less is more” dalam setiap pembuatan desain mereka. Hal ini terlihat jika Anda mengunjungi situs resmi mereka. Tidak seperti kebanyakan situs perusahaan lain yang mencantumkan sebanyak mungkin informasi pada homepage mereka, Apple justru hanya menampakkan produk terbaru mereka dan beberapa kategori yang akan membantu Anda untuk menuju informasi yang dinginkan. Hal ini membuat pengunjung tidak merasa “lelah duluan” saat memasuki homepage situs Apple. Meski tampak minimalis, Apple tetap berhasil membuat desain web terlihat begitu atraktif dengan foto produk beresolusi tinggi.

2. Kuncinya Terletak pada Kontras

Pada dasarnya, otak manusia sangat tertarik dengan hal-hal berbau kontras. Inilah alasan mengapa orang-orang, bahkan mungkin termasuk Anda, akan mengeluarkan decak kagum begitu melihat gambar produk iPhone 7 Jet Black terbaru di atas background berwarna putih. Apple juga memadukan gambar produk dengan pemilihan font dan warna yang tepat. Tidak berhenti sampai di situ, jika Anda menjelajah situs Apple, kekontrasan lainnya juga akan Anda temukan dalam bentuk button berwarna biru cerah sebagai alat call-to-action mereka. Warna biru cerah yang kontras dengan background putih akan dengan mudah menarik perhatian siapa pun.

3. Menggunakan Grid yang Kuat

desain-apple-uprint.id

Pada halaman tertentu, Apple akan mencantumkan sebanyak mungkin informasi bagi pengunjungnya. Hebatnya, Apple tetap berhasil membuatnya terlihat begitu atraktif. Hal ini tidak terlepas dari betapa kuatnya konsep grid yang diterapkan oleh Apple. Jadi, Apple membagi konten situsnya ke dalam beberapa kotak dalam berbagai ukuran. Setiap kotak biasanya terdiri dari gambar dan sedikit penjelasan yang dapat Anda klik untuk mempelajarinya secara lebih jauh. Konsep grid memang terkesan sangat sederhana, tetapi Apple justru berhasil menerapkannya untuk menghasilkan suatu desain yang istimewa.

4. Selalu Utamakan Konsistensi 

desain-apple

Apple tidak hanya menerapkan konsistensi dalam hal marketing, tetapi juga pada seluruh produknya demi menciptakan user experience yang optimal. Coba bandingkan desain yang diaplikasikan pada situs Apple dan iTunes. Keduanya memiliki tema desain yang serupa dan ketika melihatnya, nama Apple pasti akan langsung tercetus dalam pikiran Anda. Jika memiliki perangkat Mac OS X, desain dengan konsep grid serupa jika bisa Anda temukan melalui Finder dengan banyak melibatkan warna putih, metalik, dan button biru untuk menarik perhatian. Unsur minimalis ini juga dihadirkan Apple melalui produk-produk mereka.

Terlepas dari apakah Anda merupakan seorang Apple fanboy/fangirl atau tidak, tidak dapat dipungkiri bahwa Apple selalu berhasil menciptakan desain yang classy dan minimalis di seluruh produk dan platform mereka. Semoga Anda bisa mendapat inspirasi dari keempat hal di atas mengenai desain apple.