Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Setiap orang akan menjadi tua, itu pasti. Tapi tentunya kamu tak ingin terlihat lebih tua daripada umur aslimu, ya kan? Ada 9 kebiasaan yang harus kamu berhenti lakukan (jika kamu melakukan satu, beberapa atau semuanya) sehingga kamu tak akan menua lebih cepat.

  • Tidak cukup tidur

sleep

Tidur terlalu singkat dapat berpengaruh negatif terhadap kesehatanmu, dan juga penampilanmu. Cobalah untuk tidur selama tujuh hingga sembilan jam per malam, itulah waktu tidur yang direkomendasikan. Pergi tidur lebih awal dan bangun lebih awal juga. Kamu akan segera menikmati manfaat-manfaatnya.

  • Olahraga hanya saat kamu merasa bersalah atau ingin mengurangi berat badan

exercise

Banyak dari kita yang berpikir bahwa olahraga hanya sebagai cara untuk mengurangi berat badan. Sayang sekali karena sesungguhnya kamu bisa mendapatkan banyak manfaat dari berolahraga. Kamu akan memiliki tubuh, pikiran dan jiwa yang lebih sehat. Selain itu olahraga juga memberikan efek peremajaan kulit. Nikmatilah olahragamu dan lakukan secara teratur. Jangan menganggapnya sebagai sebuah hukuman karena kamu merasa bersalah setelah makan terlalu banyak.

  • Lebih banyak duduk daripada berdiri

sitting

Kamu akan memiliki masalah-masalah kesehatan serius jika bokongmu terus menempel di atas bangku selama bekerja untuk waktu yang lama setiap harinya. Duduk berjam-jam telah diketahui memiliki hubungan dengan penyakit-penyakit seperti obesitas, diabetes tipe 2 dan kanker. Jika kamu menganggap berolahraga dapat menghilangkan efek-efek buruknya, kamu salah. Kerjanya tidak seperti itu. Duduk lebih dari 6 jam sehari tanpa selingan atau hanya dengan beberapa selingan sama buruknya dengan merokok. Kamu akan menjadi tua lebih cepat jika terus melakukan kebiasaan buruk ini. Tapi jika kamu bekerja dan pekerjaanmu memerlukanmu duduk di depan komputer, bagaimana caranya untuk mengurangi duduk berlama-lama? Bangunlah dan bergerak setidaknya setiap 30 menit. Ambillah air, regangkan tubuh.

  • Stres karena segala hal

stress

Kita semua punya masalah kita masing-masing, stres merupakan bagian tak terhindarkan dari kehidupan. Tapi janganlah stres karena segala hal sepanjang waktu. Karena jujur saja kamu tidak merasa baik saat kamu stres, namun kamu terus melakukannya, bukan? Kenapa? Yang stres lakukan hanyalah meningkatkan tekanan darah, menekan kekebalan tubuh, menambah berat badanmu dan membuat kulitmu menderita. Ini hanyalah beberapa efek merugikan yang stres berikan untuk tubuhmu. Ingatlah bahwa stres tidak akan pernah benar-benar meninggalkanmu, tapi kamu bisa mencoba untuk mengaturnya. Jangan stres karena semua hal, jangan menerima segalanya dengan terlalu serius. Stres itu tidak berguna sama sekali.

  • Terlalu banyak memuaskan diri sendiri

indulgence

Kami tahu bahwa tidaklah mudah untuk terus makan makanan sehat sepanjang waktu. Bukanlah sebuah masalah jika kamu terkadang harus memuaskan diri. Tapi akan menjadi masalah besar jika kamu memuaskan diri dengan makan makanan tak sehat, seperti makanan cepat saji, makanan penutup dan lainnya, terlalu sering. Kesehatan serta penampilanmu akan terpengaruh.

  • Minum terlalu banyak alkohol

alcohol

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi alkohol dalam kadar sedang dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Namun jika kamu minum terlalu banyak alkohol, misalnya lebih dari dua gelas sehari, kamu akan meningkatkan risiko menderita masalah-masalah kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, penyakit hati dan penambahan berat badan. Selain itu, alkohol menghisap kelembaban alami dari kulitmu. Konsumsi alkohol berlebihan menambah jerawat, kerutan dan garis-garis halus, dan kamu akan terlihat lebih tua dari seharusnya. Jika kamu tidak mau terlihat setua itu, paling baik jika kamu bisa membatasi konsumsi alkohol.

  • Bertemu teman hanya secara online

friends

Dulu sekali kamu sering pergi keluar bersama teman-temanmu. Tapi sekarang teknologi telah mengambil alih duniamu. Kamu tidak bertemu dengan teman-temanmu lagi dalam kehidupan nyata. Sayangnya mengobrol dengan mereka secara online tidak bagus untuk jiwamu. Usia aslimu akan menderita karena kamu tidak terhubung dengan siapapun dalam kehidupan nyata. Kamu bisa mulai terhubung kembali dengan teman-temanmu dengan pergi keluar bersama mereka setidaknya satu kali seminggu.

  • Merokok

smoking

Merokok sangatlah buruk untuk kesehatan, kamu tahu faktanya. Efek-efek menghancurkan dari merokok termasuk meningkatnya risiko terkena penyakit jantung, stroke, impotensi dan tentunya kanker paru-paru. Hanya saja itu belum semuanya. Merokok juga dapat memperburuk kondisi kulit dan memacu kerusakan kolagen, yang dapat berujung pada kulit yang kendur. Selain itu merokok membuat kulitmu keriput. Kamu akan terlihat jauh lebih tua dari usia sesungguhnya. Tidak menarik sama sekali kan?

  • Tidak ingat untuk tersenyum

smile

Tersenyum tidak hanya membuatmu merasa baik, tetapi juga dapat membuatmu terlihat lebih muda dari umur aslimu. Bagaimana bisa begitu? Karena tersenyum secara alami mengangkat otot-otot yang ada di wajah dan memperlambat penuaan. Jadi jangan lupa untuk tersenyum dan lakukanlah sesering mungkin.