Idul Fitri seharusnya dirayakan dengan penuh sukacita dan kebahagiaan. Banyak orang yang merasa sedih, terpuruk, dan bingung dengan kondisi seperti saat ini. Namun tidak sedikit juga yang berpikir akan hikmah dibalik setiap permasalahan yang ada. Keadaan seperti ini memang bukanlah kendali kita sebagai manusia. Tapi tahukah kamu, ada banyak hikmah yang perlu diperhatikan? Terutama saat Idul Fitri di masa new normal seperti sekarang ini. Kira-kira apa saja hikmah Idul Fitri kali ini, berikut ini hikmah yang perlu dipikirkan.

1.      Hemat Biaya

Siapa yang merasa saat ini menjadi lebih hemat biaya untuk merayakan Idul Fitri? Kamu tidak harus pulang ke kampung halaman, dengan berbagai persyaratan yang lumayan mahal. Bahkan kamu tidak perlu mempersiapkan hidangan untuk para tamu yang berkunjung. Sebab dengan kondisi seperti ini, tidak memungkinkan untuk berkumpul di dalam ruangan dengan jumlah yang banyak. Justru uang yang sudah disiapkan dapat kamu simpan dan digunakan untuk keperluan lainnya.

2.      Pengeluaran Lebih Sedikit

Dibandingkan dengan pengeluaran di masa sebelum new normal ini terjadi, hari raya Idul Fitri cenderung lebih banyak pengeluaran. Selain untuk memberikan hadiah, pengeluaran digunakan untuk merenovasi rumah, memberikan angpao kepada tamu, serta membeli beberapa hidangan. Tidak cukup satu hidangan saja, melainkan ada banyak hidangan. Sedangkan saat masa new normal seperti ini justru pengeluaran jauh lebih sedikit. Tidak perlu renovasi rumah, memberikan angpao untuk tamu dan membeli makanan. Pengeluaran lebih sedikit hanya untuk keluarga inti saja, misalnya membeli makanan secukupnya, dan mengirimkan angpao ke beberapa saudara terdekat saja.

Baca juga : Keuntungan Cetak Kartu Ucapan Lebaran Secara Personalisasi

3.      Lebih Tenang

Seperti yang kita ketahui, kondisi rumah saat Idul Fitri sudah pasti akan ramai tamu yang berkunjung ke rumah. Namun itu kemungkinan kecil terjadi saat masa-masa seperti ini. Karena ada beberapa orang yang menutup pintu mereka untuk tamu berkunjung. Tentunya dengan alasan keselamatan dan kesehatan bersama. Sebab keduanya adalah yang terpenting, dan memang harus menjadi perhatian kita semua. Meski ada beberapa yang tidak mempermasalahkan hal itu, namun tidak sedikit juga yang merasa sangat sedih karena rumah tidak seramai dulu. Justru saat seperti itu, kita dapat memperbaiki diri dan memantapkan hati untuk bisa lebih baik dari sebelumnya.

4.      Tidak Melakukan Banyak Aktivitas

Momen Idul Fitri banyak aktivitas yang dilakukan, seperti beres-beres rumah, mendekorasi secantik mungkin, hingga membeli perabotan baru. Sayangnya, di masa seperti ini aktivitas justru akan berkurang. Karena tidak ada tamu yang berkunjung, kamu akan lebih menikmati quality time bersama keluarga saja. Seperti berbincang-bincang, makan bersama, hingga melakukan aktivitas lainya bersama-sama. Sangat berbeda ketika banyak tamu yang berkunjung ke rumah, justru beberapa dari keluarga menghilang dan pergi ke rumah teman-temannya. Sehingga momen bersama keluarga hanya hitungan menit saja.

Baca juga : Parcel Lebaran yang Bermanfaat untuk Penerima

5.      Belajar untuk Sederhana

Jika selama ini Idul Fitri menjadi hari yang harus dirayakan semeriah mungkin di setiap rumah. Tidak heran ada beberapa makanan yang hanya ada di saat lebaran dan harganya lumayan mahal. Dengan adanya masa seperti ini, makanan mahal tidak perlu ada di meja tamu. Cukup membeli makanan yang kamu dan keluarga santap saja. Tanpa perlu memikirkan tamu lainnya. Sebab tidak ada tamu yang berkunjung ke rumah. Selain makanan, kamu juga tidak harus membeli baju baru, cukup menggunakan baju yang sudah ada saja. Itu juga tidak akan ada yang tahu jika pakaian tersebut sudah kamu gunakan berkali-kali di momen yang sama. Jangan lupa untuk mencoba mengkreasikan tampilan kamu.

Beberapa hikmah dari Idul Fitri di masa seperti ini mungkin belum pernah kamu ketahui atau rasakan. Namun ini sangatlah menarik dan berkesan loh. Jangan lupa untuk tetap menghadirkan moemn hari raya yang berkesan untuk kamu dan keluarga ya.