Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Usaha sampingan selalu menjadi pembicaraan hangat semua orang. Mulai dari karyawan hingga mahasiswa. Tidak kalah juga ibu rumah tangga selalu mencari usaha sampingan untuk menambah tabungan mereka. Jenis usaha sampingan yang mereka geluti juga beragam, mulai dari berjualan online hingga menyediakan jasa yang diperlukan orang. Jika Anda ingin memiliki usaha samping, berikut beberapa inspirasi yang dapat dilakukan.

1. Menjahit

usaha-sampingan-menjahit

Jika Anda memiliki keahlian dalam seni jahit menjahit, tidak ada salahnya untuk mencoba menjadikannya sebagai usaha sampingan. Mulai dari menjahit baju, atau membuat sesuatu yang menggunakan teknik menjahit. Seperti membuat tas, sarung bantal, baju anak-anak, dan lain-lain. Semua dapat Anda lakukan jika memiliki niat dan semangat. Tahap awal yang perlu dilakukan adalah, Anda membeli mesin jahit bekas di toko terdekat, namun tetap harus melihat kualitasnya. Setelah itu yang harus Anda persiapkan adalah bahan-bahan yang akan dijadikan sebuah produk. Buatlah sedikit-sedikit sebagai percobaan dan sampel. Jika dirasa belum bagus, Anda dapat terus belajar menggali potensi diri dalam bidang jahit menjahit.

Baca juga : Jenis Usaha Sampingan yang Cocok untuk Mendapat Uang Tambahan

2. Membuka Katering Rumahan

usaha-sampingan-membuka-katering-rumahan

Usaha sampingan yang berikutnya adalah, membuka jasa katering rumahan. Anda dapat memanfaatkan kesibukan orang-orang dengan menyajikan menu masakan. Terlebih lagi jika di sekitar Anda merupakan para pekerja. Sudah pasti menu masakan paling banyak dicari. Anda dapat mencoba peruntungan yang satu ini, dengan mengandalkan keahlian diri dalam hal masak memasak. Berikanlah aneka macam menu beragam yang paling banyak disukai atau diminati orang lain. Bahkan, Anda dapat menawarkan juga masakan kepada beberapa sekolah. Cenderung berpotensi besar dalam penjualan makanan adalah ibu-ibu rumah tangga.

3. Membuka Toko Online

Untuk jenis usaha sampingan berikut ini memang terbilang lumrah dan paling banyak dipilih. Selain gampang, membuka toko online juga tidak membutuhkan banyak modal. Anda hanya memerlukan ponsel yang berisi kuota internet, membuat media sosial, dan lain sebagainya untuk dijadikan media sarana jual beli yang tepat. Bahkan, Anda dapat membuka toko online di beberapa platform online seperti Tokopedia, Shopee, dan sejenisnya. Upload gambar sebanyak-banyaknya agar etalase online Anda memancing calon konsumen.

4. Menjual Kue

usaha-sampingan-menjual-kue

Jika Anda memiliki keahlian dalam bidang membuat kue, Anda dapat membuat kue yang banyak diminati orang. Buatlah beberapa macam saja terlebih dahulu. Setelah melihat antusiasme konsumen bagus, Anda dapat melanjutkannya. Namun jika konsumen belum tertarik Anda harus melanjutkan rencana kedua. Cari tahu apa yang sedang diinginkan oleh calon konsumen. Dengan begitu, Anda akan lebih nyaman berjualan.

Baca juga : 6 Cara untuk Memaksimalkan Bisnis Sampingan Anda

5. Menjual Pulsa Elektrik

Jenis usaha sampingan yang satu ini juga sangat mudah dilakukan. Anda hanya membutuhkan ponsel serta top up saldo yang akan digunakan untuk mengisi pulsa konsumen. Anda tidak perlu membuka toko pulsa, cukup membuat sebuah tulisan yang memberikan informasi bahwa Anda menjual pulsa elektrik untuk ponsel dan listrik. Dengan begitu, orang akan mudah mengerti bahwa Anda menjual pulsa.

Itulah beberapa jenis usaha sampingan yang Anda dapat lakukan. Buatlah jenis usaha yang mudah dan menguntungkan. Pastikan tidak mengganggu aktivitas Anda selama di rumah atau pada saat masih bekerja tetap di kantor. Untuk itu pilihlah jenis usaha yang tepat.