Ruang tamu merupakan area di mana kamu dan kerabat, teman atau tetangga saling menyapa dan menghabiskan waktu pada saat ada kunjungan. Setiap rumah pasti memiliki desain ruang tamu yang minimalis, glamor atau mewah.

Ruang tamu menjadi bagian penting dalam area rumah karena merupakan tempat yang pertama kali akan dilihat tamu. Beberapa orang memiliki lahan terbatas untuk membangun rumah dan hal ini menyebabkan pemilik rumah harus pintar-pintar menata interior semua ruangan rumah, termasuk ruang tamu.

Ada beberapa tips yang dapat kamu gunakan untuk menjadikan ruang tamu mungil terlihat menawan. Berikut tips desain ruang tamu dari kami agar ruang tamumu terlihat mengesankan:

a. Permainan Warna
Pertama, kamu wajib melakukan permainan warna dengan menerapkan warna tertentu sebagai warna dasar dinding atau menggabungkan beberapa warna untuk memberikan kesan berbeda bagi yang melihatnya. Biasanya orang memilih warna putih agar ruangan terlihat lebih luas. Selain memberikan kesan luas, warna putih juga memberikan kesan bersih. Kamu bisa menggabungkan warna putih dengan warna lain seperti ungu atau warna pastel. Warna-warna ini bisa kamu gunakan untuk warna dasar dinding maupun perabot rumah tangga di ruang tamu.

desain ruang tamu dengan bermain warna

Bagi sebagian orang warna putih mungkin agak membosankan jika tidak dipadankan dengan warna lain. Warna yang kontras dengan warna putih bisa kamu gunakan sebagai pembatas dengan ruangan lainnya. Selain warna putih, kamu juga bisa menggunakan warna krem untuk warna dasar dinding. Atau jika kamu ingin meninggalkan kesan ruang tamu bergaya klasik atau kontemporer, warna hitam juga akan terasa pas.

b. Furnitur Mungil
Selanjutnya, cara yang bisa kamu terapkanuntuk membuat ruang tamu terlihat lebih luas adalah dengan selektif dalam memilih perabot yang akan kamu gunakan di ruang tamu. Furnitur dengan model minimalis sangat membantu dalam memaksimalkan lahan yang sempit. Terlalu banyak barang dengan ukuran yang besar bisa menampilkan kesan berantakan dan sumpek.

perabot minimalis desain ruang tamu kecil

Pilihlah perabot yang ukurannya mungil dan tidak terlalu memakan tempat. Hati-hati dalam memilih sofa, lemari dan meja lampu yang akan diletakkan dalam ruang tamu. Pertimbangkan ukuran, model dan warnanya. Kamu juga bisa menambahkan lukisan vertikal yang mampu menambah kesan elegan. Agar ruang tamu tampak lebih segar, tambahkan tanaman atau vas berisi bunga.

c. Penempatan Furnitur yang Sesuai

desain ruang tamu mungil

Terakhir, tempatkan perabot pada tempatnya yang tepat. Perhatikan ruang tamu, apakah cenderung memanjang atau segi empat. Jika ruang tamu memiliki model memanjang, maka ada baiknya menaruh sofa secara berhadapan atau sejajar. Untuk ruang tamu model segi empat, ada baiknya meletakkan sofa dengan teknik sudut segi empat. Kamu bisa menggunakan sofa sebagai pembatas antara ruang satu dengan lainnya jika tidak ada sekat. Kamu juga bisa meletakkan karpet untuk memperlihatkan kesan santai kepada tamu.

Baca juga: 10 Desain Kamar Tidur Minimalis Paling Keren dan Enak Dipandang