Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Fakta sambal memang belum banyak diketahui oleh orang yang sering mengkonsumsinya. Padahal sambal memiliki ragam manfaat serta khasiat yang belum pernah disadari. Pernahkah Anda mengkonsumsi sambal saat flu? Kemudian apa yang terjadi? Hidung tersumbat seketika hilang. Namun selain itu, ada lagi fakta sambal yang perlu diketahui seperti berikut ini.

1. Bagus untuk Kesehatan Kulit

Fakta sambal yang pertama, ternyata mengkonsumsi sambal dapat membuat kulit bagus. Hal itu dikarenakan cabai memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C. Dua kandungan tersebut terbukti memiliki kemampuan merangsang terbentuknya kolagen yang bagus untuk kulit. Terutama, jika kulit Anda luka, dua kandungan dalam sambal tersebut ampuh untuk membuat penyembuhan lebih cepat.

Baca juga : Makanan Penunjang Kesehatan Jantung yang Perlu Diketahui

2. Dapat Mengurangi Stress

fakta-sambal-mengurangi-stress

Fakta sambal yang kedua adalah dapat mengurangi stress. Pernahkah Anda merasa ingin makan pedas ketika mulai banyak pikiran? Bukan keinginan yang sembarangan, ternyata sambal memang memiliki kemampuan untuk meredakan stress. Hal ini karena sambal bisa meningkatkan hormon endorfin dalam tubuh. Stress berkurang, perut pun kenyang.

3. Dapat Meredakan Flu

fakta-sambal-meredakan-flu

Jika Anda mulai merasakan gejala flu, sambal ternyata dapat menjadi solusi. Tidak hanya karena mengandung antioksidan, cabai dipercaya bagus untuk meredakan flu sebab mengandung zat capsaicin. Zat inilah yang membantu memperlancar jalannya udara di pernapasan kita. Sangat cocok saat dikonsumsi waktu hidung mulai tersumbat dan kondisi badan mulai berbeda. Selain itu, Anda dapat mengkonsumsi sambal dengan makanan yang hangat. Akan lebih menambah sensasi berbeda saat mengkonsumsinya.

4. Dapat Mengurangi Kolesterol

Terdapat dua kadar kolesterol dalam tubuh kita, yang jahat dan baik. Nah, cabai dalam sambal ternyata bisa mengurangi kadar kolestrol jahat dan meningkatkan kadar kolestrol baik. Sehingga kolesterol dalam tubuh pun menjadi seimbang. Namun, tetap mengatur porsi sambal yang akan dikonsumsi ya. Sebab, bagi sebagian orang mengkonsumsi sambal dalam jumlah banyak justru memicu sakit perut.

Baca juga : Manfaat Membersihkan Sisa Makanan Saat Berada di Restoran yang Perlu Diketahui

5. Cabai Pertama di Indonesia Berasal dari Amerika Selatan

fakta-sambal-cabai-pertama-di-indonesia

Pada masa penjajahan, ternyata penjajah Portugis dan Spanyol lah yang membawa cabai pertama kali masuk ke Indonesia. Cabai tersebut berasal dari Amerika Selatan. Asal mula kenapa setiap daerah memiliki sambal khas mereka sendiri adalah karena warga setempat bereksperimen untuk membuat sambal dengan berbagai bumbu khas daerah masing-masing. Makanya, mencicipi sambal khas daerah sekitar harus jadi hal utama kalau lagi travelling di Indonesia.

Itulah beberapa fakta sambal yang perlu diketahui agar tidak hanya mengkonsumsi saja, namun segala manfaat tidak diketahui. Di Indonesia memang terkenal istilah makan tanpa sambal seperti ada lauk yang kurang. Maka tidak heran jika mayoritas masyarakat Indonesia selalu mengkonsumsi sambal. Bahkan dari Sabang hingga Merauke memiliki sambal khas daerah mereka masing-masing.