Setiap orang, baik wanita maupun pria, perlu mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Adalah sebuah fakta bahwa uang diperlukan untuk bertahan hidup.

Namun, ada satu hal yang patut menjadi perhatian, haruskah pekerjaan mendapatkan porsi lebih besar dalam kehidupan dibandingkan kebahagiaan diri sendiri dan orang-orang tercinta?Apakah peranan uang sebegitu pentingnya sebagai penentu kebahagiaan?

Hidup terlalu singkat jika digunakan hanya untuk bekerja terlalu keras

pexels-photo (10)

Hidup ini singkat, dan sayangnya masing-masing orang hanya diberikan satu kesempatan untuk menjalani hidupnya. Pertanyaannya adalah, apakah kamu mau menghabiskan hidup hanya untuk bekerja terus-menerus hari demi hari?

Pertanyaan berikutnya adalah, setelah kamu bekerja sangat keras setiap harinya dan kamu akhirnya berhasil mengumpulkan banyak sekali uang, kamu sudah menjadi tua, hidup berlalu begitu saja, lalu apa?

Saat orang lain menikmati hidup dan membuat banyak kenangan indah, yang kamu lakukan hanyalah membuat banyak sekali uang tapi hidupmu tak berarti. Benarkah kamu ingin hidup yang seperti itu?


Apa gunanya punya uang banyak jika hidupmu hampa?

pexels-photo-63196

Kekayaanmu melimpah, namun kekayaan tersebut tak akan kamu bawa saat meninggalkan dunia ini. Sementara sepanjang hidupmu kamu tak menikmati hidup. Yang kamu kerjakan setiap saat hanyalah bekerja dan bekerja.

Uang memang diperlukan dalam hidup ini, namun uang bukan segalanya. Uang memang dapat memberimu kebahagiaan, tapi bukan kebahagiaan sejati. Apa gunanya memiliki banyak uang jika hidupmu hampa?

Baca juga: 7 Cara Memaafkan Diri Sendiri dan Tak Lagi Hidup Pada Masa Lalu


Bekerja sangat keras mungkin membuatmu kaya, tapi hanya secara materi

pexels-photo-88636

Ada yang pernah berkata, hal-hal terbaik dalam hidup ini bukan berbentuk materi. Materi bukanlah hal terpenting dan terbaik dalam hidup ini. Memiliki uang berlimpah sebaiknya tidak menjadi tujuan utama yang ingin kamu capai dalam kehidupan.

Ada banyak faktor lainnya yang berkontribusi terhadap tercapainya kehidupan yang menyenangkan, seperti kesehatan, kedamaian batin, dan tentunya keluarga dan teman-teman yang selalu ada untukmu dalam suka maupun duka.


Hubungan dengan sesama manusia yang harus kamu jaga, bukan uang

pexels-photo-29585

Harta sesungguhnya yang akan memberimu kebahagiaan sejati adalah waktu-waktu indah yang kamu habiskan dengan orang-orang tercinta, bisa anggota keluarga, pasangan maupun anak.

Oleh karena itu, hubungan dengan sesama manusia lah yang harus kamu jaga. Bila kamu menghabiskan terlalu sedikit waktu untuk mereka karena kamu selalu menjadikan pekerjaan sebagai prioritas, hubungan yang tadinya erat secara perlahan tapi pasti akan retak. Kasih sayang dan cinta yang tadinya ada akan sirna seiring waktu.

Jarak pun akan tercipta antara dirimu dan orang-orang yang kamu sayangi tersebut, dan jarak itu akan bertambah besar jika kamu masih terus mendahulukan pekerjaan. Kamu menghasilkan banyak uang, namun dengan siapakah kamu akan berbagi jika sudah tak ada orang yang mau bersama denganmu?

Jangan sampai ada penyesalan pada kemudian hari, karena pada saatnya tiba, bisa saja segalanya sudah terlambat.

Artikel lain: Tuhan Mendengarkan Doa Seorang Ibu, Kebahagiaanku Pastilah Berkat Doa dan Cinta Ibu