Buka Jasa Sewa Power Bank Selain Unik Ternyata Juga Menguntungkan

Semakin berkembangnya zaman saat ini, membuat banyak orang memanfaatkan kesempatan yang ada. Seperti perusahaan startup PT. Jalan Terus Saja (ReCharge) membidik bisnis yang mungkin jarang dipikirkan orang, yaitu menyediakan layanan penyewaan power bank berbasis aplikasi. Bisnis ini memanfaatkan kondisi masyarakat perkotaan yang tidak bisa jauh dari smartphone.

power-bank-04-sewa-power-bank

ReCharge merupakan perusahaan startup pertama yang membuka layanan penyewaan power bank. Perusahaan ini melihat ketergantungan masyarakat akan teknologi smartphone. Oleh sebab itulah terjadi sebuah ide unik dan tentunya menguntungkan. Perusahaan yang didirikan oleh Dick Listijono sebagai Co-Founder sekaligus CEO ReCharge ini sudah banyak meletakan mesin penyewaan di beberapa tempat. Namun sayangnya, ada beberapa tempat seperti di bandara hingga stasiun kereta yang belum tersedia.

Baca juga : Buatlah Power Bank Anda Menjadi Unik dengan Mendesain dan Mencetak di Uprint.id

Cara melakukan transaksi penyewaan power bank ini sangat mudah, Anda dapat mengunduh aplikasi ‘Recharge Power On The Go’ di Playstore atau Appstore. Kemudian, lakukan registrasi lalu top up pada layanan pembayaran online atau tunai. Jika registrasi sudah berhasil, yang harus dilakukan adalah mengunjungi mesin penyewaan atau Recharge Station. Setelah itu, cobalah untuk scan barcode yang ada pada mesin melalui smartphone Anda. Langkah selanjutnya adalah, memilih jenis sambungan yang dibutuhkan dari power bank ke smartphone. Recharge menyediakan 3 jenis sambungan yaitu Lightning, Micro USB, dan USB Type-C. Satu buah power bank memiliki kapasitas 4000mAh dan sudah memiliki fasilitas teknologi fast-charging.

Jika sudah selesai menggunakannya, Anda dapat mengembalikannya ke mesin di mana saja. Sehingga tidak perlu mengembalikan di tempat awal Anda mengambil power bank tersebut.  Ada tiga jenis Recharge Station yang disediakan yaitu ukuran kecil, sedang, dan besar. Meskipun baru diresmikan pada Selasa, 23 Oktober 2018, ReCharge sudah mulai dioperasikan sejak awal Maret 2018. Hingga saat ini sudah ada 50.000 pengguna dari aplikasi ini. Jika saat ini belum ada Recharge Station di beberapa tempat seperti stasiun, rumah sakit, bandara, namun akan ditargetkan secepat mungkin Recharge Station beredar di tempat lainnya. Jadi semakin mudah Recharge Station ditemukan. Memperbanyak Recharge Station akan membuat keuntungan berlebih sebab, banyak orang yang menggunakannya dan lokasi yang mudah ditemukan sehingga memudahkan konsumen.

Harga yang ditawarkan dalam penyewaan power bank ini hanya Rp 10.000 untuk per-24 jam. Untuk mempermudah pembayaran, kini ReCharge telah bermitra dengan beberapa perusahaan penyedia layanan pembayaran ketika ingin melakukan top up saldonya. Anda dapat melakukan top up saldo melalui Go-Pay, OVO, TCash, BCA Virtual Account, dan transfer lewat beberapa bank, atau perusahaan yang memiliki loyalty point seperti Telkomsel.

power-bank-02

Setiap bisnis yang dilakukan memiliki resiko yang tinggi. Sama halnya dengan bisnis penyewaan power bank ini, sangat beresiko mengalami kehilangan atau pencurian. Namun, sistem Recharge ini sangat bagus. Jika penyewa tidak mengembalikan power bank lebih dari 24 jam, maka aplikasi ReCharge akan mengirimkan notifikasi kepada akun penyewa.

Baca juga : 4 Tips Memilih Power Bank yang Tepat untuk Smartphone Anda

Apabila powerbank hilang akibat dicuri, maka di saat power bank kehabisan daya baterai, power bank tersebut tidak akan bisa digunakan ulang hingga dikembalikan ke dalam ReCharge Station terdekat. Selain itu, aplikasi ReCharge pun otomatis tidak dapat digunakan oleh pengguna sampai power bank dikembalikan. Nah untuk meminimalkan pencurian power bank yang disewakan, ReCharge sengaja mendesain power bank mereka dengan teknik pengisian daya listrik khusus yang hanya bisa dilakukan lewat ReCharge Station saja.

power-bank-03-lokasi-penyewaan

Anda dapat menemukan Recharge station di beberapa tempat pusat perbelanjaan seperti berikut ini Pondok Indah Mall, FX Sudirman, Pacific Place, Kuningan City, Mall Kelapa Gading, Bintaro Jaya Xchange, Mega Bekasi Hypermall, Mall BTM Bogor, dan berbagai lokasi lainnya. Selain itu, Anda juga dapat menemukan Recharge station di gedung perkantoran, restoran, sekolah, dan balai pertemuan hingga tempat hiburan.

Itulah bisnis unik jasa sewa power bank yang pertama kali di Indonesia. Anda dapat mencobanya dengan mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Setelah itu, cobalah mengunjungi beberapa tempat yang menyediakan Recharge Station.

Share post:

Popular

Artikel Lainnya
Serupa

Contoh Resensi Buku Novel yang Dapat Dijadikan Panduan

Contoh resensi buku - Membaca buku harus dijadikan sebuah...

Tips Agar Suami Bantu Pekerjaan Rumah Tangga

Akhir pekan merupakan hari libur untuk meluangkan waktu bersama...

Jenis kemasan Kopi agar Aroma Kopi Tetap Terjaga

Kemasan kopi harus memenuhi beberapa syarat agar aroma kopi...

Perhatikan 3 Hal Ini Saat Memilih Paper Cup untuk Bisnis Kedai Kopi

Paper cup sering kali dianggap sebagai wadah praktis saat...