Anda sedang berpuasa, namun Anda juga ingin pergi liburan. Kalau begitu mengapa tidak Anda lakukan saja keduanya secara bersamaan? Anda cukup memperhatikan ketujuh hal berikut ini agar puasa Anda tak terganggu sekaligus juga bisa memenuhi keinginan untuk berwisata:

cetak kartu lebaran

1. Saat sahur konsumsilah makanan penuh gizi dan nutrisi

makanan sehat

Makanan bergizi dan bernutrisi menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi umat Muslim saat sedang berpuasa. Tanpa mengkonsumsi makanan penuh gizi dan nutrisi, kebugaran tubuh akan berkurang. Jika Anda ingin tetap sehat bugar selama berwisata, maka Anda wajib makan sesuatu yang bergizi pada saat sahur.

2. Perbanyaklah minum air putih

Tubuh kita memerlukan cairan yang cukup agar stamina tetap terjaga selama menunaikan ibadah puasa. Oleh karena itu, jangan sampai Anda lupa untuk minum air putih yang banyak pada saat sahur dan berbuka, apalagi jika sepanjang hari Anda akan melakukan kegiatan-kegiatan yang cukup menghabiskan energi.

kartu lebaran

3. Kunjungilah destinasi wisata dalam ruang

wisata dalam ruang

Jika Anda memilih untuk berwisata pada bulan puasa, lebih baik Anda mengunjungi objek wisata dalam ruang, apalagi jika matahari di luar sana bersinar sangat terik. Di bawah panasnya sinar matahari tubuh akan menjadi lebih cepat letih dan memiliki kemungkinan terkena dehidrasi. Akan lebih nyaman jika Anda memilih destinasi wisata yang nantinya tidak akan menguras tenaga dan menggoda Anda minum untuk melepas dahaga.

4. Pilihlah kegiatan wisata yang bermanfaat memperluas wawasan

wisata menambah wawasan

Selain mengunjungi tempat wisata yang menyuguhkan objek-objek wisata dalam ruang, ada baiknya pula jika Anda memilih kegiatan wisata yang bermanfaat menambah pengetahuan pada bulan puasa.

kartu lebaran

5. Pastikan istirahat Anda cukup

istirahat cukup

Istirahat yang cukup sangatlah penting agar tubuh dapat menjalankan aktivitas-aktivitas yang perlu untuk dilakukan sepanjang hari. Jika cukup istirahat itu penting pada hari-hari biasa, maka cukup istirahat semakin penting pada saat bulan puasa. Pastikan bahwa Anda telah beristirahat dengan cukup sebelum berwisata pada hari yang baru. Jangan sampai karena istirahat kurang Anda malah jatuh sakit saat sedang melakukan wisata.

6. Bekali diri dengan informasi cukup seputar destinasi wisata

informasi wisata

Rencanakan dengan matang perjalanan wisata Anda agar Anda tidak repot atau menyesal saat nanti dalam perjalanan menuju tempat wisata atau telah tiba di tempat tujuan karena banyaknya informasi yang tidak Anda cari tahu terlebih dahulu sebelumnya. Hal-hal mendasar mengenai tempat wisata seperti jarak tempuh, sarana transportasi, fasilitas yang disediakan dan akomodasi sudah perlu Anda ketahui dengan jelas sebelum Anda memutuskan untuk mengunjungi tempat wisata tujuan.

7. Jangan lupa persiapkan kebutuhan pribadi

kebutuhan pribadi

Hal terakhir yang juga patut menjadi perhatian Anda jika ingin berwisata pada saat sedang berpuasa adalah mempersiapkan kebutuhan pribadi, jangan sampai Anda melupakan yang satu ini. Kebutuhan pribadi mencakup peralatan mandi, suplemen atau vitamin, obat-obatan yang diperlukan serta peralatan ibadah seperti Al Qur’an, tasbih dan perlengkapan sholat.

cetak kartu lebaran