Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Marketing mix – Ada yang pernah mendengar mengenai marketing mix sebelumnya? Jika belum, simak penjelasan berikut ini. Marketing mix adalah sebuah istilah yang sering digunakan oleh para pebisnis. Pembahasan mengenai marketing mix dapat Anda temukan di internet, atau ada yang pernah mendapat materi kuliah mengenai hal ini. Seiring dengan perkembangan zaman, banyak hal yang telah berubah. Mulai dari teknologi hingga ilmu pengetahuan lainnya, termasuk perubahan teknik penjualan atau marketing. Bagi Anda yang pernah mendapatkan teori semasa kuliah, mungkin masih ingat pembahasan mengenai marketing mix ini menggunakan teknik 4P. Saat ini teori 4P sudah berganti menjadi 7P, yang sebenarnya pengembangan dari teori 4P sebelumnya.

Sangat mudah sebenarnya menghafal teori marketing mix dari teknik 4P atau 7P, namun yang harus diingat adalah mempraktekan teori tersebut. Sebelum memulai untuk menerapkan teori, tentu saja harus memahami tentang marketing mix. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat menyimak penjelasan lengkap agar dapat memahami mengenai marketing mix dan siap untuk mempraktekannya.

Baca juga : Maksimalkan Promosi Anda dengan Beberapa Marketing Material Ini!

  • Definisi Marketing Mix

Menurut Amstrong dan Kotler, marketing mix adalah sekumpulan variabel-variabel marketing, yang digunakan oleh perusahaan untuk mengejar target penjualan yang diinginkan. Dari pendapat tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa marketing adalah strategi pemasaran yang dilaksanakan secara bersamaan. Dengan tujuan mencapai target yang diinginkan.

  • Manfaat Marketing Mix

Strategi marketing mix ini dapat menjadi teknik penjualan yang luar biasa bagi bisnis Anda. Bahkan dapat dikatakan, strategi marketing mix merupakan suatu pokok pertimbangan penting bagi konsumen ketika ingin memutuskan membeli atau menolak sesuatu yang ditawarkan. Jika suatu perusahaan tidak memahami keinginan konsumen atau pangsa pasar, maka akan mengalami kerugian dalam menjaring konsumen.

Itulah mengapa Anda ketika berbisnis harus memiliki wawasan mengenai teknik marketing, seperti pembahasan marketing mix saat ini. Marketing merupakan teknik penyusunan kalimat dan kata-kata dalam bidang pemasaran. Dengan tujuan, memberikan informasi mengenai produk atau jasa yang ditawarkan. Pemasaran dimulai saat pemenuh kebutuhan manusia, bertambah menjadi keinginan manusia. Teknik marketing sangat mempengaruhi keberhasilan perusahaan dalam memasarkan sebuah produk atau jasa. Jika teknik pemasaran ini berhasil, maka dapat mengubah pemikiran orang mulai dari keinginan menjadi kebutuhan dan harus dimiliki.

  • Teknik 4P – 7P Marketing Mix

Sekarang mari kita masuk untuk pembahasan yang lebih dalam, yaitu mengenai 4P (Product, Price, Promotion dan Place). Apabila Anda pernah mempelajarinya atau sudah mengetahui mengenai marketing mix, maka dapat dipastikan sudah sangat familiar dengan istilah 4P ini. Untuk mengingatnya kembali, Anda dapat membaca ulasan berikut

1. Produk (Product)

marketing mix 01-produk

Produk di sini dapat berupa bentuk fisik seperti makanan, buku, atau bersifat digital seperti aplikasi dan lain sebagainya. Produk ini juga dapat berupa jasa atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan Anda. Jika dijelaskan secara teori produk merupakan segala bentuk yang ditawarkan kepada target pasar untuk digunakan atau dikonsumsi. Produk atau jasa yang dihasilkan harus unik dan memiliki kualitas yang mampu meningkatkan daya saing produk atau jasa tersebut di pasaran.

2. Harga (Price)

marketing mix 02-harga

Harga yang di maksud ini adalah, penawaran Anda kepada klien mengenai produk atau jasa perusahaan. Pilihlah harga yang sesuai dengan kemampuan target pasar. Untuk itu, sebelum memulai bisnis Anda harus melakukan riset pasar mengenai harga yang pantas ditawarkan kepada konsumen.

3. Tempat (Place)

marketing mix 03-lokasi

Teori ini berfokus pada lokasi perusahaan Anda berdiri. Semakin strategis lokasi perusahaan maka akan semakin besar keuntungan yang didapat. Dengan lokasi yang strategis dapat mempermudah konsumen menemukan lokasi bisnis Anda. Sehingga transaksi penjualan lebih mudah terjadi.

4. Promosi (Promotion)

marketing mix 04-promosi

Strategi marketing mix ini juga berfokus kepada masalah promosi bisnis. Seperti bagaimana cara memasarkan produk, media yang digunakan, dan sebagainya. Promosi merupakan strategi yang harus dikuasai dengan tujuan seperti berikut :

  • Menginformasikan produk baru.
  • Mengidentifikasi dan menarik konsumen baru.
  • Menginformasikan kepada konsumen tentang peningkatan kualitas produk.
  • Meningkatkan jumlah konsumen untuk produk yang sudah terkenal.
  • Mengajak konsumen untuk mendatangi tempat penjualan produk.
  • Memotivasi konsumen agar memilih atau membeli satu produk.

5. Orang (Participants)

marketing mix 05-orang

Faktor ini berperan penting dalam membuat kemajuan dan kemunduran sebuah perusahaan. Inilah alasannya mengapa perusahaan-perusahaan mencari kandidat yang berkompeten dalam hal pemasaran. Bahkan, beberapa perusahaan ada yang berani membayar lebih untuk meminta bantuan kepada pihak pencari kerja independen yang ahli, untuk mencari kandidat pekerja. Faktor penting lainnya dari SDM adalah attitude dan motivasi dari karyawan dalam industri jasa. Attitude ini diaplikasikan dalam berbagai bentuk mulai dari penampilan karyawan, intonansi saat berbicara, body language, ekspresi wajah, dan tutur kata. Sedangkan motivasi dapat menentukan sejauh apa karyawan ingin dan menyukai pekerjaan yang dilakukan.

6. Proses (Process)

marketing mix 06-proses

Teori yang satu ini mencakup bagaimana perusahaan melayani permintaan konsumen. Mulai dari konsumen memesan hingga mendapatkan pesanannya. Beberapa perusahaan tentu saja memiliki proses melayani konsumen yang berbeda dan unik. Seperti halnya di suatu restoran, ada beberapa restoran yang memberikan fasilitas “open kitchen” yang dapat mempermudah konsumen melihat kegiatan para koki.

Baca juga : Trik Mempromosikan Bisnis dengan Melakukan Pemasaran Konten yang Berpengaruh Penting

7. Tampilan Fisik (Physical Evidence)

marketing mix 07-kemasan

Penampilan di sini adalah kemasan yang digunakan pada produk. Semakin menarik kemasan yang digunakan, maka semakin menaikan minat keingin tahuan konsumen terhadap sebuah produk. Untuk itu, Anda juga harus memperhatikan penggunaan kemasan agar menarik minat konsumen. Jika Anda ingin membuat kemasan yang menarik dan sesuai dengan desain sendiri dapat membuat secara custom di Uprint.id.

Itulah 7P yang dapat anda pelajari untuk kemajuan bisnis Anda. Untuk mewujudkan semua konsep mix marketing di atas, tentunya dibutuhkan perencanaan pembiayaan yang baik dan terencana. Agar semua strategi dapat berjalan dengan baik dan terencana.