Di tengah persaingan bisnis seperti sekarang ini, pameran bisa menjadi ajang show off bagi Anda. Sayangnya, hal ini terkadang bisa berbalik menjadi kerugian besar bila booth Anda sepi. Lalu, bagaimana caranya agar booth ramai kala pameran? Berikut beberapa tipsnya.

1. Lokasi menentukan prestasi

pameran

Kalimat yang pastinya sudah Anda kenal sejak lama ini memang terbukti. Apa lagi ketika Anda berada dalam pameran besar dengan banyak stan. Lokasi sangat menentukan prestasi Anda. Biasanya memang lokasi yang lebih bagus memiliki harga yang lebih mahal. Namun, bila hal tersebut sepadan dengan pengunjung yang akan Anda dapatkan, mengapa tidak mencoba untuk mengambilnya? Beberapa lokasi yang cukup menarik pengunjung adalah di dekat pintu keluar dan masuk, atau di dekat panggung.

2. Tampak luar juga bisa menarik pengunjung

pameran

Tampak luar atau desain booth Anda juga merupakan salah satu kunci agar pengunjung mau datang ke booth. Tampak luar ini juga akan semakin penting bila Anda tak mendapatkan lokasi yang strategis. Ketika Anda tak mendapatkan tempat, maka Anda harus stand out dari yang lain. Karena itu, desain booth Anda sebaik mungkin agar pengunjung tertarik untuk masuk. Tak ada salahnya menambahkan biaya ekstra untuk booth yang lebih menarik. Anda juga bisa mencari ide-ide booth dari berbagai portal gambar seperti Pinterest di internet.

4. Jangan lupakan newsletter

pameran

Selain lokasi dan tampak luar, Anda juga tak sebaiknya melupakan newsletter. Namun, karena orang Indonesia memiliki kecenderungan untuk membuatng newsletter yang mereka terima begitu saja, Anda sebaiknya membuat sesuatu dengan desain yang menarik. Bila pengunjung booth Anda memang tertarik, maka ia pasti akan membacanya. Namun, bila tidak, Anda harus menarik mereka dengan cara memberikan mereka pengetahuan tentang produk atau jasa yang Anda jual di booth.

Bila Anda bingung mendesain newsletter yang baik, Anda bisa mengambil jasa atau mencari template di internet. Sekarang sudah banyak template menarik yang bisa Anda gunakan desainnya secara gratis untuk keperluan bisnis Anda. Jangan lupakan juga kertas dan kualitas hasil cetakan dari newsletter yang akan Anda buat. Sebisa mungkin pilih yang memiliki hasil bagus agar calon konsumen Anda merasa dihargai.

Baca Juga : Tips Mendesain Flyer

4. Berikan booth Anda kesan menyenangkan saat dikunjungi

pameran

Booth yang terlalu kaku sekarang sudah tidak menarik bagi sebagian orang, apa lagi ketika Anda mengincar anak-anak muda sebagai pengunjungnya. Berikan kesan menyenangkan saat dikunjungi, seperti dengan mengambil SPG/SPB yang ramah atau menyediakan refreshment seperti permen dan air untuk pengunjung atau sofa. Hal-hal kecil seperti ini bisa membuat mereka merasa senang untuk datang, bahkan mereka juga bisa memberitahukan teman-temannya untuk mengunjungi booth milik Anda.

Hal lain yang tak kalah pentingnya adalah meneruskan perkenalan. Ketika Anda mendapatkan kartu nama dari para pengunjung, sebaiknya Anda tidak melupakan hal tersebut dan mengirimkan mereka sebuah ucapan terima kasih telah mengunjungi Anda. Semoga booth Anda ramai pengunjung!