Kebiasaan hangout di zaman yang sekarang ini, sudah menjadi suatu kegiatan wajib tersendiri bagi sebagian orang bahkan para milennial. Namun, tahukah Anda jika ternyata Anda dapat membantu memperkuat rupiah jika mengubah kebiasaan Anda dengan melakukan beberapa hal seperti ini.

1. Tahan untuk Bepergian ke Luar Negeri

kebiasaan hangout 01 - tahan keluar negeri

Jika saat ini Anda sudah berencana akan melakukan traveling ke luar negeri, ada baiknya mencoba untuk menahan diri dan mengubah planning. Anda dapat mencoba mengubah kebiasaan hangout ke luar negeri dengan menjelajah tempat wisata atau beberapa daerah yang terdapat di Indonesia. Dengan begitu, Anda dapat membantu memperkuat rupiah, sebab tidak perlu menukarkan nilai rupiah dengan dolar yang akan lebih menghemat devisa. Selain itu, pemandangan dan spot-spot keren banyak juga di Indonesia seperti di Sumba, Kalimantan, hingga di Timur Indonesia. Semua harus dapat Anda kunjungi sebagai bukti bahwa Indonesia tidak kalah indahnya dari negara lainnya.

Baca juga : Tips Hangout Asyik dan Low Budget

2. Segeralah Menukarkan Dolar ke Rupiah

kebiasaan hangout 02 - menukar dolar

Jika Anda memiliki sisa uang dolar setelah bepergian ke luar negeri, tidak ada salahnya untuk menukarkan uang tersebut ke dalam bentuk mata uang rupiah. Nah, ternyata ada keuntungan yang tidak diketahui oleh masyarakat. Apabila Anda sering menukarkan uang dolar ke rupiah akan membuat perusahaan asing ataupun investor menjadi lebih percaya untuk menaruh uang di Indonesia. Dengan begitu, Anda sudah dapat membantu memperkuat rupiah.

3. Pilih Tempat Hangout Lokal

kebiasaan hangout 04

Anda yang memiliki kebiasaan hangout, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa tempat nongkrong lokal usaha atau bisnis dari masyarakat lokal. Seperti saat ini, sudah menjamur beragam coffee shop karya masyarakat lokal yang tidak kalah menarik. Dari mulai desain interiornya, hingga menu-menu yang disajikan. Bahkan, jika Anda mencoba hangout di tempat lokal akan menemukan sesuatu yang berbeda. Seperti aneka jajanan tradisional dan sebagainya. Meski menu yang disajikan hampir mirip dengan produksi luar negeri, namun suasana tempat hangout yang lokal juga tidak kalan instagramable nih.

4. Membeli Barang-barang Lokal

kebiasaan hangout 05

Guys, tidak ada salahnya untuk mencintai produk-produk lokal dengan membantu meningkatkan pendapatan mereka. Dengan begitu, tidak hanya pendapatan mereka (para produsen) saja yang meningkat, ternyata dapat meningkatkan dan memperkuat rupiah loh. Semakin Anda mempercayai kualitas produk lokal, maka akan membantu para pengusaha lokal untuk terus percaya diri dan meningkatkan produksi mereka. Selain itu, semakin banyak Anda menghargai dan memberikan nilai plus terhadap produk lokal, maka akan semakin banyak juga orang yang percaya dengan produk-produk Indonesia. Bahkan, Anda juga dapat membantu memasarkan produk ke luar negeri. Untuk itu, jangan pernah ragu ketika memilih dan membeli produk lokal.

Baca juga : Cara Membuat To-Do List yang Benar-benar Efektif

5. Mencintai Produk Lokal

kebiasaan hangout 06

Siapa sangka di balik keunikan dan kesederhanaan produk lokal, ada nilai tersendiri di mata orang asing. Oleh sebab itu, mengapa banyak sekali orang asing yang berbondong-bondong berburu produk-produk lokal dari setiap negara yang dikunjungi. Itu merupakan suatu siasat untuk memajukan produk lokal. Seharusnya Anda sebagai warga lokal dapat mencontoh kegiatan yang dilakukan warga negara asing tersebut. Sebab, jika bukan masyarakat lokal siapa lagi yang akan meningkatkan kepercayaan hingga kualitas barang lokal.

Itulah beberapa kebiasaan yang mungkin belum pernah dilakukan oleh Anda. mulai saat ini, cobalah melakukan kebiasan yang baru ini dengan mencintai beberapa produk lokal agar tetap dapat meningkatkan nilai tukar rupiah dan memperkuat rupiah.