Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Seiring berkembangnya dunia fotografi, membuat siapa saja ingin mengabadikan gambar. Terutama saat adanya media sosial. Semua orang berebut mengambil gambar yang menarik dan mengagumkan demi like dan komen. Oleh sebab itu, teknologi terutama smartphone mulai mengupgrade fasilitas yang diberikan demi memenuhi kebutuhan konsumen. Termasuk, memberikan kualitas kamera yang terbaik dan dapat membantu konsumen mengambil gambar dengan tepat. Selain fasilitas dari smartphone, agar mendapatkan hasil yang bagus Anda membutuhkan beberapa cara. Seperti berikut ini cara mendapatkan hasil foto yang menarik dengan smartphone.

1. Mengikuti Prinsip Dasar Fotografi

cara-mendapatkan-hasil-foto-menarik-03

Ini merupakan komposisi dasar yang perlu diketahui bagi pemula. Anda dapat membidik objek dengan menggunakan komposisi sepertiga bagian. Cobalah untuk memposisikan objek dan bagian-bagian lain dari ketertarikan visual Anda di persimpangan garis ‘aturan sepertiga bagian’ ini.

Saat ini sudah banyak smartphone yang memungkinkan Anda mengaktifkan fungsi aturan sepertiga bagian. Teknik seperti ini yang dapat membantu menyusun gambar. Dengan menggunakan fungsi aturan sepertiga bagian, Anda dapat langsung menghindari tampilan amatir, seperti meletakan objek hanya terdapat di tengah gambar tanpa banyak berpikir.

Baca juga : 6 Teknik Inspiratif untuk Mengubah Perjalanan Harianmu Menjadi Waktu Berkualitas untuk Bisnis

2. Eksplor Sudut Bidik yang Baru

cara-mendapatkan-hasil-foto-menarik-02

Jika ingin mendapatkan hasil foto yang menarik, Anda sebagai fotografer harus kreatif dalam melihat sudut baru dalam membidik objek. Dengan begitu, Anda akan menemukan sesuatu yang baru, walau objek yang digunakan sama. Jangan takut untuk memperbarui sudut bidik Anda terhadap suatu objek.

3. Kenali Mode Manual

cara-mendapatkan-hasil-foto-menarik-04

Saat ini banyak ponsel yang memiliki mode pemotretan manual dengan menawarkan kontrol lebih besar atas gambar. Eksposur, white balance, sensitivitas ISO dan fokus manual adalah apa yang biasanya Anda dapatkan. Untuk mendapatkan hasil foto yang menarik dengan ponsel, cobalah untuk mengatur semuanya hingga mendapatkan komposisi yang tepat dan pas. Anda dapat mengubahnya secara manual sesuai dengan komposisi yang diinginkan. Biasanya, teknik mengatur ini disesuaikan dengan kondisi objek yang akan difoto. Selain itu penggunaan ISO yang tinggi disengaja oleh fotografer yang menggunakan kamera DSLR. Sedangkan untuk pengguna ponsel, yang harus diperhatikan adalah menurunkan ISO serendah mungkin. Namun ini semua tergantung jenis kamera masing-masing ponsel. Sebab tidak semua ponsel memiliki fasilitas yang sama.

4. Gunakan Fitur HDR

cara-mendapatkan-hasil-foto-menarik-05

Kita semua tahu bahwa setiap smartphone baru yang beredar di pasaran saat ini pastilah memiliki fitur kamera di bagian belakangnya. Komponen ini memang sudah menjadi sesuatu yang wajib ada di setiap smartphone. Apa itu HDR? HDR adalah singkatan dari High Dynamic Range yang artinya Jangkauan Dinamis Tinggi. Maksudnya adalah mode ini akan dapat mengambil gambar atau foto dengan “jangkauan” pencahayaan yang lebih dinamis dan lebih luas dibandingkan dengan foto biasa tanpa HDR. Dengan begitu gambar yang dihasilkan akan memiliki citra pencahayaan yang lebih baik. Intinya adalah, fungsi HDR akan membantu menyeimbangkan tingkat kecerahan, pada foto yang diambil.

Baca juga : Ternyata Hobi Mahal Para Cowok Ini Sangat Menghasilkan Loh. Salah Satunya, Dapat Menjadi Bidang…

5. Memadukan Objek dengan Pelengkap

cara-mendapatkan-hasil-foto-menarik-06

Jika ingin mendapatkan hasil foto yang menarik, Anda juga harus pandai melihat pelengkap di antara objek. Dengan Anda melihat dan menggabungkan dalam satu frame, maka akan terjadi komposisi yang pas dan sesuai. Namun, tidak hanya menggabungkan pelengkap saja. Anda juga harus memperhatikan komposisi warna sebelum memotretnya.

Itulah cara mendapatkan hasil foto yang menarik dengan smartphone. Semakin Anda menjelajah teknik-teknik fotografi, maka hasil yang akan di dapat juga semakin membaik. Ini sangat berpengaruh jika Anda adalah seorang influencer. Teknik pengambilan gambar harus, dilakukan dengan matang dan sesuai tujuan.