Font adalah komponen penting dalam membuat suatu desain. Pemilihan font yang tepat dan sejalan dengan tema desain yang dibuat dapat mempengaruhi hasil desain itu sendiri. Namun, sebenarnya, penggunaan font tidak hanya terbatas pada desain 2D, tetapi juga bisa dikembangkan untuk menghasilkan karya-karya kreatif yang mungkin belum pernah terpikirkan oleh Anda sebelumnya. Berikut beberapa yang bisa Anda coba untuk menggunakan font pada hasil yang unik.

1. Cetakan Kue 

menggunakan font

Siapa sangka kalau font juga tak kalah menarik untuk dipakai sebagai pencetak kue? Membuat kue dengan cetakan berbentuk binatang atau buah-buahan mungkin membuat Anda bosan sehingga Anda pun ingin mencoba sensasi lainnya. Penggunaan font yang satu ini tentunya akan membuat Anda semakin ingin mencobanya, bukan? Terutama bagi Anda seorang desainer grafis yang hobi bereksperimen untuk membuat kue. Wujudkan keduanya dalam kue berbentuk huruf. Printmeneer merupakan perusahaan asal Jerman yang menjual cetakan kue dengan tema font ini.

2. Membuat Replika Gedung Pencakar Langit 

menggunakan font

 

Font juga dapat digunakan untuk membuat replika gedung pencakar langit. Gedung pencakar langit yang memiliki pola hampir sama di mana-mana seperti persegi tentu akan sangat membosankan. Untuk memberinya sentuhan kreasi baru, Anda bisa menggunakan font. Kumpulan font yang disusun menjadi barisan kalimat bisa menjadi dasar replika bangunan gedung pencakar langit Anda. Ketinggian yang beragam serta bagian dasar yang berbeda-beda karena variasi bentuk alfabet akan membuatnya lebih artistik dan menarik. Anda bisa melihat percobaan ini pada karya Zhou Hongtao yang menggabungkan konsep desain dengan 3D printing untuk menghasilkan 3D Printed Typeface.

3. Sampul Buku 3D 

menggunakan font

Riverhead Books, sebuah penerbit asal New York, telah merilis buku mereka yang berjudul On Such a Full Sea karya Chang Rae Lee. Berbeda dari buku pada umumnya, buku ini memiliki sampul tiga dimensi. Sampul tebal dengan tulisan yang timbul seperti relief mungkin sudah banyak kita temui, tapi tidak untuk yang satu ini. Pada sampul buku tersebut terdapat cetakan font 3D yang didesain oleh Helen Yentus. Ia merupakan direktur seni di percetakan tersebut. Buku ini diklaim sebagai buku pertama yang mengusung tema 3D untuk sampulnya.

4. Artwrork 

menggunakan font

Semenjak 3D printing diciptakan, hal ini membuat para seniman dan kreator lainnya semakin tertantang untuk membuat kreasi melalui font. Salah satunya adalah By The Way, sebuah proyek baru untuk menghasilkan cetakan font dengan struktur menyerupai maze. Proyek ini dibuat oleh desainer asal Dusseldorf Thomas Wirtz. Namun, cetakan yang dibuatnya mayoritas berupa kata ekspresi singkat yang sering dipakai di internet seperi “FYI” dan “BTW”.

Sungguh menakjubkan bukan kreasi yang bisa dibuat dari font? Anda pun bisa mengkreasikannya dengan lebih banyak ide lagi. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencoba salah satu kreasi di atas?

artikel ini terinspirasi dari : http://www.creativebloq.com/inspiration/5-creative-uses-for-fonts-you-may-not-have-thought-of