Bulan puasa selalu mengalami perubahan yang besar dari mulai pengeluaran untuk jajanan berbuka. Untuk itu agar tidak terjadi adanya pemborosan selama sebulan, coba ikuti beberapa tips berikut ini agar menghemat uang jajan selama berpuasa.

1. Tidak Terlalu Loyal

menghemat uang jajan 1

Biasanya bulan puasa selalu identik dengan membeli semua makanan yang diinginkan. Dengan begitu, maka pengeluaran Anda akan semakin banyak hanya untuk makanan. Oleh sebab itu, cobalah untuk menahan diri agar menghemat uang jajan selama berpuasa. Jajanlah secukupnya, yang Anda butuhkan. Hal ini juga menghindarkan diri agar tidak melakukan tindak pemborosan.

Baca juga : 7 Makanan yang Baik untuk Sahur Selama Berpuasa

2. Menahan Diri

menghindari bau mulut saat puasa 5

Tidak heran, pengeluaran selama berpuasa semakin besar daripada saat tidak berpuasa karena Anda tidak menahan diri untuk membeli sesuatu. Cobalah untuk menahan diri membeli sesuatu selama berpuasa, sebab biasanya orang yang berpuasa porsi makanannya jauh lebih kecil. Untuk itu agar tidak terjadi yang dinamakan mubazir, lebih baik menahan diri untuk menghemat uang jajan selama berpuasa.

3. Sedia Makanan Sendiri

menghemat uang jajan 2

Tidak ada salahnya untuk mencoba memasak sendiri makanan selama berpuasa. Semua bahan makanan memang setiap tahun melonjak tinggi, tapi Anda akan dengan mudah menghemat uang jajan selama berpuasa dengan masak sendiri.

Baca juga : 7 Makanan dan Minuman Ini Dapat Menghindari Bau Mulut Saat Puasa

4. Tentukan Pengeluaran

tips mengatur keuangan 2

Selama berpuasa hal yang harus Anda lakukan adalah membuat anggaran khusus di bulan ini. Seperti berapa persen untuk pengeluaran sehari-hari hingga pengeluaran dadakan. Dengan begitu Anda akan mudah mengatur pengeluaran uang yang secara tiba-tiba dan membantu untuk menghemat uang jajan selama berpuasa.

5. Membatasi Buka Puasa di Luar

momen ngabuburit reuni

Selama bulan puasa biasanya banyak agenda untuk melakukan kegiatan buka bersama di luar. Nah jika Anda ingin menghemat uang jajan selama berpuasa, cobalah untuk mengurangi kegiatan buka puasa di luar. Baik itu yang diadakan oleh teman ataupun dari diri Anda sendiri.

Itulah tips menghemat uang jajan selama berpuasa, agar tidak menjadi individu yang boros selama berpuasa. Sehingga pas lebaran nanti, Anda tidak kehabisan uang untuk berbagi.