Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Berbuka puasa merupakan kegiatan yang paling ditunggu oleh umat muslim saat sedang menjalankan ibadah berpuasa. Nah, terkadang ada yang bingung ingin menu buka puasa apa ya yang lain dari biasanya. Untuk itu cobalah beberapa menu buka puasa yang anti mainstream dan menyehatkan ini, sangat cocok untuk menu berbuka puasa yang tinggal menghitung hari.

1. Hidangan Berkuah dan Hangat

menu buka puasa 01

Selama berpuasa suhu tubuh menjadi agak panas, karena tubuh sudah mengolah kalori menjadi tenaga dan membutuhkan bantuan asupan yang tepat. Untuk itu, cobalah menu hidangan yang berkuah dan hangat sebagai menu buka puasa Anda. Selain dapat mengimbangi suhu tubuh yang masih panas, dengan menu ini Anda dapat mencegah datangnya flu saat sedang menjalani puasa.

Baca juga : Ramadhan Tinggal Menghitung Hari, Simak 7 Tips Ini Agar Tetap Semangat dan Fit Saat Berpuasa

2. Berbukalah Dengan yang Segar

menu buka puasa 02 menu buka puasa 03

Selama ini selalu berbuka dengan yang manis, dan untuk kali ini cobalah berbuka menyantap menu buka puasa sehat seperti salad sayur, salad buah, atau hanya buah-buahan saja. Selain dapat menggantikan kalori yang diolah tubuh selama seharian, mengkonsumsi buah-buahan dapat membuat kadar gula dalam tubuh kembali stabil. Mengkonsumsi buah-buahan juga dapat mencegah terjadinya panas dalam saat menjalani puasa.

3. Mengkonsumsi Dessert

menu buka puasa 05

Anda juga dapat mengganti gorengan dengan menu yang satu ini seperti puding atau hanya agar-agar dengan berbagai rasa. Menu buka puasa yang satu ini dapat membantu Anda meringankan gejala sembelit selama menjalani ibadah berpuasa.

Baca juga : Persiapkan 7 Hal Ini untuk Menyambut Bulan Ramadhan

4. Mengkonsumsi Kurma

menu buka puasa 06

Menu buka puasa yang stau ini sangat khas pada saat bulan ramadan. Kurma sama fungsinya dengan buah dan agar-agar, teksturnya yang berserat sangat membantu Anda untuk mencegah gangguan pada pencernaan dan dapat mengembalikan kadar gula dalam tubuh dengan cepat. Anda dapat mengkonsumsi dalam bentuk buah kurma langsung atau dalam bentuk cair yang sudah diambil sari kurmanya.

5. Minumlah Minuman Hangat atau Dingin

menu buka puasa 08 menu buka puasa 07

Terkadang saat berpuasa kebanyakan orang memilih menu buka puasa dengan minuman yang dingin, karena lebih menyegarkan tubuh. Tapi yang harus diperhatikan juga adalah, jangan lupa mengkonsumsi minuman hangat sebelum minum dan mengkonsumsi sesuatu yang dingin. Dengan begitu Anda memberikan kesempatan pada tubuh untuk beradaptasi dengan suhu sebelum berbuka dan sesudah berbuka puasa

Itulah menu buka puasa yang anti mainstream dan menyehatkan. Cobalah untuk mengurangi konsumsi gorengan saat puasa, karena akan menimbulkan banyak penyakit selama berpuasa seperti panas dalam, sariawan, bahkan sembelit. Untuk itu sangat disarankan mengkonsumsi sesuatu yang menyehatkan.