Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Pulang ke kampung halaman atau mudik merupakan kegiatan yang setiap tahun dilakukan orang-orang menjelang hari raya maupun tidak. Namun dapat dikatakan menjadi kegiatan rutinitas setiap tahunnya, meskipun saat ini sudah banyak fasilitas yang dapat digunakan untuk menghubungi keluarga jauh seperti video call atau melalui pesan singkat dan telepon. Tetapi, momen berjumpa langsung sangat dibutuhkan bagi mereka yang jauh dari kampung halaman.

Karena inilah orang yang bekerja di kota besar pada umumnya akan pulang ke kampung halaman 1 sampai 2 kali dalam setahun. Sudah pasti ini tidak dapat dijadikan patokan bagi para perantau lain untuk dapat pulang ke kampung halaman. Sebagian yang memiliki kampung halaman dekat dapat pulang kampung secara rutin seminggu sekali atau bahkan sebulan sekali.

Walau begitu, ada banyak faktor yang memengaruhi agenda Anda. Namun ada juga yang memudahkan Anda dapat pulang ke kampung halaman lebih dari dua kali dalam setahun dengan cara sebagai berikut:

1. Menyesuaikan Jatah Cuti

mudik_01

Setiap perusahaan memiliki jatah cuti yang berbeda-beda, ada yang mendapatkan 12 sampai 21 hari kerja setiap tahunnya. Oleh sebab itulah Anda harus pintar-pintar dalam mengatur waktu atau jatah cuti Anda sebelum menentukan kapan Anda harus pergi mudik. Namun disarankan untuk Anda mengambil cuti yang dibutuhkan saja, sebab Anda harus menyisakan jatah cuti untuk keperluan mendadak misalnya traveling atau untuk hal lainnya yang bersifat urgent.

Jika Anda memutuskan untuk mudik selama 4 kali dalam setahun, berarti Anda harus mengambil cuti setiap 3 bulan sekali agar jatah cuti Anda tidak habis terpakai.

Baca : Cetak Agenda yang Bisa Kamu Personalisasi di Uprint.id

2. Menyiapkan Tabungan untuk Pulang Kampung

mudik_02

Dalam hal ini, mempersiapkan tabungan juga harus diperhatikan. Sebab biaya transportasi untuk mudik tidaklah sedikit, membutuhkan biaya tambahan setidaknya untuk kehidupan selama di kampung halaman. Bagaimana caranya? Caranya Anda harus menyisihkan sebagian dari hasil pendapatan Anda alias gaji. Sebaiknya sisihkan sekitar 10-20% gaji Anda setiap bulannya untuk keperluan pulang kampung. Setidaknya Anda berhemat sedikit untuk biaya mudik.

3. Mempersiapkan Tiket Mudik Jauh-jauh Hari

mudik_03

Hal yang ini juga harus diperhatikan, sebab jika Anda membeli tiket saat sebulan sebelumnya secara otomatis harga naik dan kemungkinan kecil Anda mendapatkan tiket untuk pulang ke kampung halaman atau mudik. Karena, kebanyakan orang sudah memesan tiket dari jauh-jauh hari, misalnya tiga bulan sebelumnya sudah booked tiket untuk mudik di bulan-bulan tertentu. Untuk mengakali harga yang semakin mahal, Anda dapat menggunakan jasa travel untuk membeli tiket secara murah. Namun jika Anda bepergian menggunakan kereta api, disarankan untuk membeli tiket di layanan travel. Jika Anda selalu menggunakan layanan tersebut akan mendapatkan potongan harga yang lumayan banyak.

Itulah beberapa hal yang paling sering digunakan orang saat sebelum pulang ke kampung halaman. Kemudian gunakanlah tiga hal tersebut agar waktu dan tabungan Anda dapat menyesuaikan.