NPWP merupakan Nomor Pajak Wajib Pajak yang dimiliki oleh semua orang, terutama mereka yang sudah bekerja. NPWP ini dibayar secara berkala setiap bulan untuk dijadikan pajak penghasilan. Membayar pajak pada dasarnya merupakan sebuah kewajiban dari semua orang yang telah memiliki penghasilan sendiri. Jika Anda belum memiliki NPWP dan malas untuk mendaftarkan diri karena selalu antre panjang, cobalah untuk mendaftar NPWP online melalui website resmi kantor pajak.

Pemerintah memudahkan semua orang untuk melakukan kegiatan wajib membayar pajak ini dengan sistem online. Saat ini, NPWP online sudah mulai marak digunakan. Jika Anda ingin mencoba silakan mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Menyiapkan Dokumen yang Dibutuhkan

npwp online 1

Walau dilakukan secara online namun dokumen tetap menjadi nomor satu yang harus disiapkan. Setelah semua dokumen telah disiapkan Anda dapat mengikuti langkah berikutnya. Dokumen yang diminta berupa KTP atau SIM, kartu keluarga, dan dokumen lainnya.

Baca juga : Persiapan Bagi Fresh Graduate yang Harus Disiapkan Saat Mulai Bekerja

2. Mendaftar Online

npwp online 2

Jika semua dokumen sudah disiapkan, yang harus dilakukan adalah mendaftar secara online di situs kantor pajak resmi. Setelah membuka website tersebut, silakan Anda mengisi beberapa kolom yang diminta sebagai langkah awal pendaftaran. Namun sebelumnya, Anda sudah memilih kolom e-registration. Setelah itu isi setiap kolom yang diminta.

3. Menunggu Balasan E-mail

npwp online 3

Setelah serangkaian itu sudah Anda jalani, Anda tinggal menunggu email balasan yang akan menunjukan langkah berikutnya. Kemudian, akun Anda telah aktif. Cukup mudah dan cepat bukan.

Baca juga : 6 Tips Mengatur Biaya Belanja Bulanan

Selain itu Anda akan mendapatkan beberapa keunggulannya telah menggunakan NPWP online seperti, melakukan pembayaran secara langsung tanpa harus mengantre di kantor pajak. Jika Anda rutin membayar pajak, maka Anda dapat menikmati semua fasilitas yang digunakan. Seperti penggunaan jalan tol atau jalan yang ada di Indonesia, merupakan biaya dari Anda ke pemerintah untuk infrastruktur negara yang juga Anda gunakan.

Anda juga akan dimudahkan dalam mengurus berbagai hal seperti pinjaman kredit bank atau yang lainnya. Itulah keunggulan jika Anda memiliki NPWP, semua proses akan menjadi lebih mudah. Apalagi jika Anda ingin membuat paspor, syarat utamanya adalah memiliki NPWP.