Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Kulit terbakar akibat sinar matahari atau biasa disebut sunburn merupakan hal yang sering terjadi di daerah tropis seperti Indonesia. Tidak heran jika ada beberapa orang yang mengalami luka bakar akibat matahari. Hal ini akan menjadi masalah besar bagi kesehatan tubuh. Terutama bagi para wanita, kulit terbakar setelah travelling akan membuat mereka terlihat tidak percaya diri. Maka, banyak cara yang harus dilakukan untuk menyembuhkannya. Mulai dari ke dokter kulit hingga melakukan pengobatan dengan bahan alami. Seperti obat alami kulit terbakar akibat sinar matahari berikut ini.

1. Oatmeal

obat-alami-kulit-terbakar-oatmeal

Tidak hanya sehat saat dijadikan makanan, ternyata oatmeal dapat menjadi obat alami kulit terbakar akibat sinar matahari. Cara penggunaannya juga sangat mudah. Anda hanya perlu mencampurkan oatmeal dengan air dingin, kemudian aplikasikan pada kulit terbakar atau sunburn akibat sinar matahari. Penggunaan itu berlangsung antara 15 sampai 20 menit. Untuk hasil yang maksimal, gunakan secara rutin agar kulit terbakar dan iritasi cepat membaik.

Baca juga : Cetak Pouch Travelling Sesuai Desain Anda di Sini

2. Vinegar atau Cuka Apel

obat-alami-kulit-terbakar-vinegar

Tidak hanya baik untuk kesehatan pencernaan saja, ternyata dapat menjadi obat alami kulit terbakar akibat sinar matahari. Kandungan asam asetat pada vinegar dapat menyembuhkan kulit iritasi hingga kulit terbakar akibat sinar matahari. Cara menggunakannya juga sangat mudah, Anda hanya perlu mengoleskan vinegar tersebut ke bagian kulit yang terbakar. Selain itu ada cara mudah lainnya, dengan memasukan vinegar dalam botol semprot. Sehingga ketika ingin digunakan, Anda hanya perlu menyemprotnya saja.

3. Teh

obat-alami-kulit-terbakar-teh

Obat alami penyembuh kulit terbakar akibat sinar matahari lainnya adalah teh. Kandungan tanin yang terdapat dalam teh, ternyata dapat menyembuhkan luka terbakar akibat sinar matahari. Konon, tanin memiliki ragam fungsi selain sebagai antibakteri juga dapat menyeimbangkan pH kulit. Dengan begitu, tanin dapat menenangkan iritasi pada kulit, termasuk saat kulit terbakar akibat sinar matahari tersebut. Caranya adalah, Anda hanya perlu adalah dinginkan kantong tes di dalam freezer, kemudian aplikasikan pada kulit terbakar akibat sinar matahari

4. Lidah Buaya

Lidah buaya atau yang sering disebut dengan aloe vera ini ternyata memiliki banyak manfaat. Selain untuk meredakan panas dalam, lidah buaya dapat juga menjadi obat alami penyembuh kulit terbakar akibat sinar matahari. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mengambil daging lidah buaya tersebut, cuci bersih untuk menghilangkan getah pada gel lidah buaya. Setelah itu, Anda bekukan dan obat alami penyembuh kulit terbakar akibat sunburn ini siap digunakan. Gunakan gel lidah buaya yang sudah beku untuk mengompres luka bakar tersebut.

Baca juga : Tips Liburan Nyaman yang Perlu Diketahui Agar Travelling Semakin Menyenangkan

5. Madu

Siapa sangka, ternyata madu dapat juga mengobati kulit terbakar akibat sinar matahari. Selain dapat mengatasi iritasi, ternyata madu juga dapat membantu meremajakan kulit, mengurangi sel kulit mati, dan terutama membuat kulit kencang dan cerah. Hal ini terbukti, dari beberapa produk kosmetik yang mengandung royal jelly dan madu. Cara menggunakannya cukup mengoleskan madu ke bagian kulit yang terbakar kemudian, tutup bagian yang sudah diolesi dengan kain kasa. Dengan begitu, luka bakar akan berangsur-angsur membaik.

Itulah beberapa obat alami penyembuh kulit terbakar akibat sinar matahari. Jika Anda tidak ingin kulit terbakar akibat sinar matahari, yang diperlukan adalah menggunakan sun protection sebagai pelindung. Anda dapat menggunakan body lotion yang dapat mencegah terjadinya pembakaran kulit akibat sinar matahari. Terutama bagi Anda yang hobi travelling. Pastikan untuk menggunakan lotion tersebut demi kesehatan kulit Anda.