Sudah umum bagi desainer grafis untuk menghabiskan berjam-jam duduk dan menatap layar monitor dengan penuh hasrat. Ini karena pekerjaan mereka sebagai desainer grafis. Tapi kamu telah mendengar bahwa duduk sepanjang hari tidaklah baik untuk kesehatan. Desainer grafis perlu memperhatikan kesehatan mereka juga. Inilah tujuh olahraga untuk desainer grafis agar tetap sehat. Jangan lupa untuk melakukan semuanya setiap hari.

1. Duduk dengan postur yang benar

sit straight

Semuanya bermula dari postur yang benar. Sebelum kamu melakukan semua olahraga di bawah, pastikan postur dudukmu benar. Lihatlah gambar di atas, gambar di sebelah kanan menunjukkan posisi duduk yang benar. Kamu harus duduk dengan punggung lurus dan kedua bahu di belakang.

Duduk dengan benar untuk punggung yang sehat. Posisi duduk yang tidak benar hanya akan menyakiti punggungmu cepat atau lambat.


2. Olahraga untuk pergelangan tangan

exercise your wrists

Kamu sebaiknya tidak melupakan pergelangan tanganmu. Pergelangan tangan memainkan peranan penting dalam menghasilkan desain-desain indah tersebut. Itulah mengapa kamu harus sering melakukan olahraga pergelangan tangan sepanjang hari.

Ada beberapa olahraga untuk pergelangan tangan. Tapi kamu cukup melakukan yang sederhana saja. Putar pergelangan tangan searah dan berlawanan arah jarum jam. 10 – 15 kali saja sudah cukup. Tapi lakukan setiap jam agar pergelangan tanganmu sehat.


3. Tricep dips

tricep dips

Olahraga yang satu ini untuk menguatkan trisepmu, dan juga bagian tubuh terpenting. Kamu hanya perlu sebuah bangku untuk melakukan olahraga ini, tapi pastikan kursinya adalah kursi yang bagus dan kuat.

Perhatikan gambar di atas dan ikuti gerakannya. Pastikan bokongmu tidak menyentuh lantai. Cobalah melakukan tricep dips dalam tiga puluh detik hingga satu menit penuh setiap jam.


4. Bicep curls

bicep curls

Kamu bisa membawa barbel atau resistance band dan menyimpannya di kantor. Bicep curl adalah olahraga tangan yang baik. Kamu tak perlu melakukan olahraga ini sering-sering, hanya tiga kali sehari saja, dan setiap kalinya lakukan hingga 20 repetisi.

Terserah padamu apakah ingin melakukan bicep curls berdiri atau duduk.

Baca juga: Bagaimana Menghadapi Tenggat Waktu Dengan Mudah untuk Desainer Grafis


5. Olahraga leher

neck exercise

Lehermu bisa menjadi kaku jika kamu terus-menerus menatap layar monitor selama berjam-jam. Untuk mencegah kekakuan leher, kamu dapat menggerakkan leher dengan memutarnya ke kanan, bawah, kiri dan atas. Lakukan secara perlahan dan dengan lembut.

Olahraga ini direkomendasikan untuk dilakukan sering, setiap 10 hingga 20 menit. Olahraga ini sangat bagus untuk lehermu.


6. Ekstensi kaki

leg muscle

Saat duduk di atas kursimu, lebarkan kakimu (kamu bisa memilih entah kaki kiri atau kanan terlebih dahulu) hingga rata dengan pinggulmu. Kamu bisa menahannya selama yang kamu bisa, lalu santaikan kakimu. Ganti kaki. Lakukan 10 kali untuk setiap kaki, tiga hingga empat kali setiap hari.


7. Peregangan perut

abdominal stretch

Kamu bisa melakukan olahraga ini tanpa harus berpindah dari kursimu. Yang perlu kamu lakukan hanyalah duduk di ujung kursi lalu regangkan tangan ke depan. Selanjutnya, kencangkan otot-otot perutmu. Punggungmu harus tetap lurus. Santai sebentar lalu ulangi lagi sebanyak lima kali setiap jam.


Semua olahraga untuk desainer grafis di atas tidaklah sulit untuk dilakukan, bukan? Mulai dilakukan, tetaplah sehat.

Artikel terkait: 5 Rahasia Desainer Grafis yang Tak Akan Pernah Mereka Beritahu Siapapun