Apakah kamu pernah mengalami hari-hari dimana kamu merasa waktu berjalan terlalu lambat dan tugas-tugasmu tampak begitu membosankan dan kamu muak dengan mereka? Kamu tidak sendirian. Sejujurnya kebanyakan orang terkadang merasa seperti itu juga. Jadi bagaimana cara mengatasi rasa bosan saat bekerja?

1. Mulai hari dengan benar

start your day right

Memastikan kamu tidur cukup sehingga bangun dengan alami keesokan paginya dan memiliki tenaga untuk menjalani hari adalah satu cara untuk memulai hari dengan benar. Cara lainnya adalah dengan makan makanan terpenting dalam satu hari yaitu sarapan.

2. Pilihlah alat transportasi yang lebih baik

mode of transport

Hidup di negara dengan kemacetan yang luar biasa parah itu menjengkelkan. Terkadang rasa bosan mulai bukan pada saat kamu bekerja tetapi dari sebelumnya. Ini berarti jalan raya dan pilihan alat transportasimu adalah dua dari hal-hal yang terjadi sebelum mulai kerja. Pilihlah sarana transportasi yang lebih baik untuk suasana hati yang lebih baik di tempat kerja.

3. Berhenti menatap jam

Kami tahu kamu bosan, tapi waktu tidak akan menjadi lebih cepat karena kamu menatap jam. Daripada terus melihat jam setiap 30 detik, alangkah lebih baik jika kamu fokus pada tugas-tugasmu, menentukan apa saja yang ingin kamu capai dan capailah tujuan-tujuanmu itu.

4. Berhenti mengeluh dan bersikap positif

Satu hal yang pasti, mengeluh tak akan mengubah apapun. Jika kamu terus mengeluh sepanjang waktu, secara tidak sadar kamu mewujudkan apa yang kamu keluhkan menjadi kenyataan. Apa yang bisa kamu lakukan adalah bersikap positif, hal tersebut akan jauh lebih baik.

5. Buatlah meja atau tempat kerjamu menjadi lebih menyenangkan

fun desk

Kelihatannya mungkin remeh tetapi lingkungan sekitarmu bisa memengaruhi suasana hatimu. Buatlah beberapa perubahan terhadap meja atau ruang kerjamu. Tambahkan dekorasi atau benda-benda yang dapat membuatmu nyaman atau tersenyum hanya dengan melihat mereka.

6. Lakukan olahraga ringan

Kamu akan menjadi lebih senang setelah melakukan olahraga. Karena kamu sedang di tempat kerja, kamu tak harus berolahraga selama satu jam penuh. Ada banyak jenis olahraga yang bisa kamu lakukan di kantor, atau bahkan berjalan cepat di sekitar kantor sudah cukup untuk menghilangkan kejenuhan.

7. Mintalah tanggung jawab baru atau pelajari beberapa keahlian baru

Jika kamu yakin bahwa kamu telah mencapai semua tujuanmu untuk peranmu saat ini, jangan takut untuk berbicara dengan atasanmu dan mencoba menegosiasikan beberapa perubahan dalam pekerjaanmu. Beritahukan kepada atasanmu jenis pekerjaan seperti apa yang lebih menarik untukmu. Atau, kamu bisa mempelajari beberapa keahlian baru untuk meningkatkan kemampuan diri. Misalnya saja kamu dapat mempelajari bahasa baru atau apapun yang kamu anggap menarik saat sedang istirahat.

8. Istirahatlah lebih banyak

take a break

Jika kamu bosan, lebih baik kamu istirahat lebih banyak, kami serius. Jelajahi situs, bermain gim atau melakukan sesuatu yang menyenangkan yang kamu suka selama beberapa menit setiap istirahat. Penelitian menunjukkan bahwa beristirahat akan meningkatkan produktivitas.

9. Lepaskan pekerjaanmu

Satu hal ekstrim yang bisa kamu lakukan jika kamu sungguh-sungguh ingin mengenyahkan pekerjaan membosankan itu adalah dengan berhenti. Jika kamu tidak senang dengan pekerjaanmu saat ini dan kamu telah mencoba segala yang kamu bisa untuk menyukainya tetapi tidak ada yang berubah, maka berhentilah dari pekerjaanmu saat ini dan temukan pekerjaan lain yang akan membuatmu senang.

Uprint.id