Menikah biasanya identik dengan mengeluarkan uang dalam jumlah yang sangat besar karena menikah adalah tahapan kehidupan yang sangat penting sehingga harus dirayakan secara spesial. Namun, kami beritahu bahwa Anda tidak perlu seperti itu. Yang penting adalah ikatan suci itu sendiri, bukan acara pernikahannya. Pernikahan hemat sangatlah mungkin untuk dilaksanakan. Begini empat caranya jika Anda ingin hemat saat menikah:

1. Baju pengantin tak perlu yang memakan biaya tinggi

d2027-1464816371-0-530x845

Hari pernikahan memang merupakan hari yang sangat spesial bagi pasangan yang saling mencintai dan ingin menghabiskan kehidupan bersama. Namun, walaupun merupakan sebuah perayaan istimewa, bukan berarti uang dihamburkan begitu saja untuk sesuatu yang pada umumnya terjadi hanya satu kali seumur hidup. Anda pastinya hanya ingin sekali saja menikah, bukan?

Jika Anda ingin melangsungkan pernikahan hemat, maka Anda tidak perlu sampai membeli gaun pengantin yang harganya selangit. Ada banyak tempat penyewaan gaun pengantin yang dapat Anda pilih. Baju pengantin mewah bukanlah sesuatu yang penting dalam sebuah pernikahan. Anda tetap akan terlihat cantik mengenakan gaun pengantin yang sederhana asalkan perasaan Anda saat memakainya sangat bahagia. Kebahagiaan tersebut akan terpancar dengan sendirinya, yang membuat Anda terlihat begitu menawan.

2. Undangan pernikahan cukup yang sederhana namun tetap terlihat menarik

Produk Uprint.id
Produk Uprint.id

Undangan pernikahan yang terlihat mewah atau elegan memang sesuatu. Namun, jika Anda ingin sebuah pernikahan hemat, maka cukup Anda buat undangan pernikahan yang sederhana namun tetap terlihat menarik. Tidak perlu mempersiapkan undangan pernikahan yang rumit karena akan memakan biaya lebih.

Baca juga: 8 Ide Desain Undangan Pernikahan Terunik yang Bisa Menjadi Inspirasi

3. Buku tamu tidak perlu yang wah

il_340x270-993383391_jwak

Seiring perkembangan zaman, buku tamu pun tak mau kalah. Banyak sekali buku tamu kreatif dan unik yang dijual di luar sana. Bentuk buku tamu saat ini ada banyak sekali macamnya. Menyajikan buku tamu yang unik memang meninggalkan kesan tersendiri di hati para tamu undangan.

Namun coba Anda pikirkan lagi, apa gunanya membeli buku tamu yang wah? Fungsi dari buku tamu hanyalah untuk menyimpan nama-nama dari tamu yang menghadiri pesta pernikahan Anda. Tidak diperlukan sesuatu yang wah untuk mencatat nama-nama bukan? Buku tamu sederhana saja sudah cukup agar pernikahan hemat dapat terwujud.

4. Dekorasi tempat pesta pernikahan berlangsung tak perlu yang mewah

http-greenweddingshoes-comminimal-macrame-wedding-inspiration

Dekorasi pernikahan memang memerlukan biaya yang tidak sedikit, namun Anda tetap bisa memilih tidak menghabiskan biaya yang terlampau tinggi hanya untuk dekorasi tempat berlangsungnya pesta pernikahan.

Mengapa? Karena pesta pernikahan Anda hanya akan berlangsung selama beberapa jam saja. Para tamu yang datang juga akan melupakan dekorasinya dalam waktu singkat. Lebih baik uangnya Anda gunakan sebagai tabungan, lebih bermanfaat daripada dihabiskan begitu saja hanya untuk dekorasi mewah.

Artikel terkait: 8 Tips Dekorasi Pernikahan Minimalis Agar Tetap Terlihat Memesona

cetak-undangan-pernikahan