Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki tingkat obesitas terendah di Dunia. Para penduduknya mengkonsumsi kalori 25 persen lebih sedikit dibandingkan dengan penduduk Amerika yang terkenal banget dengan makanan fast food-nya dan punya tingkat obesitas yang tinggi. Meskipun terlihat langsing tapi bukan berarti mereka kekurangan gizi. Orang Jepang justru memikirkan dan menjaga kandungan gizi dari setiap makanan yang mereka konsumsi. Seperti berikut ini rahasia langsing dan sehat dengan kebiasaan makan orang Jepang.

1. Makan dengan Porsi Kecil

rahasia-langsing-dan-sehat-porsi-kecil

Rahasia langsing dan sehat orang Jepang adalah karena porsi makan yang selalu dijaga dengan porsi kecil. Mereka selalu mengkonsumsi atau makan dengan porsi kecil karena selalu memperhatikan lingkar perut. Ternyata orang Jepang punya kebiasaan mengkonsumsi makanan dengan porsi kecil. Mereka punya beberapa prinsip soal makanan, seperti menikmati makanan secara perlahan. Piring tidak sepenuhnya diisi dan Anda dianjurkan untuk berhenti makan saat 80 persen kenyang.

Baca juga : Jenis Makanan di Drama Korea yang Sering Dijumpai. Ada yang Pernah Mencobanya?

2. Sarapan dengan Sup Miso

rahasia-langsing-dan-sehat-sarapan-sup-miso

Bagi orang Jepang, sarapan sangat penting banget dan disajikan dalam porsi yang kecil. Mereka menyajikan sup miso sebagai makanan yang dinikmati sebelum beraktivitas. Terkadang mereka juga memakan omurice di pagi hari. Dengan porsi yang kecil akan membuat perut sudah kenyang.

3. Mengkonsumsi Teh Hijau Setiap Pagi

rahasia-langsing-dan-sehat-minum-teh-hijau

Mungkin bagi orang Indonesia, minum teh hijau itu hanya untuk orang yang sedang melakukan diet. Karena rasa teh hijau yang pahit. Tapi bagi orang Jepang, minum teh hijau sampai 2 liter sehari itu hal yang biasa. Teh hijau ini dijadikan minuman sehari-hari seperti layaknya air putih. Mereka meyakini teh hijau bisa mengurangi penyerapan lemak dalam tubuh. Anda dapat mencoba mengkonsumsi teh hijau setiap pagi untuk menyehatkan saluran pencernaan. Selain itu dapat juga menyehatkan tubuh, dan menghangatkan. Inilah salah satu rahasia langsing dan sehat orang Jepang.

4. Bahan Dasar Makanan Hanya Sayur, Buah, dan Ikan

rahasia-langsing-dan-sehat-bahan-dasar-ikan-buah-sayur

Karena kepedulian mereka terhadap kalori yang dikonsumsi, sehingga membuat tingkat kesadaran menjaga kalori sudah terasah dengan baik. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang menggunakan sendok pendeteksi kalori. Sehingga mereka dapat mengetahui berapa banyak kalori yang disantapnya. Ini merupakan rahasia langsing dan sehat orang Jepang yang perlu ditiru. Yaitu menjaga kalori setiap kali mengkonsumsi sesuatu. Bahkan saat ini di Jepang sedang trend istilah low karbohidrat atau mereka menyebutnya dengan Rocabo, yaitu diet dengan cara mengurangi jumlah karbohidrat seperti nasi dan roti. Itulah alasan mereka lebih mengutamakan bahan dasar masakan seperti daging, ikan, sayuran, dan buah-buahan segar.

Baca juga : Jenis Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi Bersama Sangat Bermanfaat

5. Kunci Masakan atau Memasaknya

rahasia-langsing-dan-sehat-kunci-masakan

Ternyata orang Jepang sangat tahu akan kunci masakan. Mereka sangat sadar kalau makanan sehat itu hanya diolah melalui proses mengukus, memanggang, menumis, atau menggoreng dalam waktu yang singkat. Koki Jepang jarang mengolah makanan dalam suhu tinggi, apalagi dalam waktu yang lama. Tidak sedikit koki di Jepang yang paham akan tata cara memasak sesuai kesehatan. Anda dapat juga meniru tata cara para koki di Jepang memasak masakan yang baik dan benar untuk kesehatan.

Itulah rahasia langsing dan sehat orang Jepang yang dapat menjaga kondisi tubuh tetap stabil. Bahkan ada beberapa dari mereka yang tidak makan malam sebelum tidur. Sehingga mereka mencari alternatif lain dengan mengkonsumsi buah-buahan atau sayuran. Bahkan jika ingin makan malam mereka lebih makan sekitar pukul 7 malam.