Apa yang ada di benakmu saat mendengar kata “giveaway”? Kebanyakan dari kita akan membayangkan sebuah event yang sangat ramai akan persaingan untuk memperebutkan suatu item tertentu. Sebagai pebisnis mungkin berpikir bahwa giveaway adalah ajang bagi brand untuk mengungkapkan terimakasih kepada customer loyal yang telah lama berbisnis dengan mereka sekaligus juga mencari target pasar baru. Stigma itu tidaklah sepenuhnya salah, akan tetapi, ada satu hal lagi yang dapat dilakukan giveaway terhadap brand anda : yap, branding! Penasaran? Scroll ke bawah untuk info lebih lanjut!

  1. Talk With Item!
Image : Karolina Grabowska from Pixabay

Bayangkan dirimu hendak mengikuti sebuah giveaway. Hal apa yang akan kamu cari ketika melihat event giveaway? Yap, pasti barang yang dijadikan giveaway. Sekarang balik posisi kamu sebagai brand yang mengadakan giveaway. Pasti kamu ingin event giveaway yang kamu adakan ramai dengan orang yang berpartisipasi bukan? Untuk membuat hal itu terjadi, kamu harus memilih produk-produk yang menarik perhatian customer. Contohnya adalah Emoney, Kalender dan Agenda Full Color. Mengapa kami memilih tiga barang tersebut? 

Di era yang serba digital ini, siapa yang tidak mengenal uang digital? Belanja online shop, membeli tiket KRL dan bus, membayar parkir hingga tagihan listrik bisa kamu gunakan dengan uang elektronik. Dengan memilih emoney sebagai item giveaway kamu, para customer akan bersemangat untuk berpartisipasi karena mereka tahu, bahwa item itu akan bermanfaat untuk mereka. 

Sedangkan Kalender dan Agenda Full Color adalah dua item yang berguna untuk customer kamu. Barang yang memiliki nilai guna tidak akan mudah terbuang ke tong sampah, jika kamu tertarik menggunakan emoney, kalender ataupun agenda full color sebagai item giveaway kamu, kamu bisa mendapatkannya di Uprint.id!

Tersedia banyak pilihan template cantik-cantik yang dapat kamu pilih. Kamu juga dapat menentukan berapa banyak jumlah kuantitas yang kamu inginkan. Dapatkan kemudahan belanja saat ini juga dengan klik banner di bawah ini! 

  1. Syarat Sebagai Jembatan
Image : Claudio Schwarz from Unsplash

Pada saat mengadakan giveaway, kamu pasti akan memasukan syarat-syarat tertentu bagi orang yang hendak berpartisipasi. Tag minimal lima orang, like, follow, post di instastory mereka adalah beberapa contoh syarat yang biasa digunakan untuk mengikuti giveaway. Tahukah kamu? Syarat-syarat bisa jadi moment yang tepat bagi brand kamu untuk muncul di beranda orang lain. Dengan menggunakan instastory customer kamu, mutual instagram dari follower-follower kamu akan melihat akun bisnismu dan disinilah kesempatan bagi kamu untuk minat calon customer baru. 

  1. Caption + Hashtag
Image : Eric Binder from Pixabay

Agar event giveawaymu ramai dan meriah, kamu dapat menggunakan caption dan hashtag yang dapat menarik lebih banyak peminat pengguna instagram. Gunakan hashtag-hashtag yang memiliki rate pengguna yang tinggi sehingga mudah ditemukan seseorang. Dengan menggunakan hashtag yang tepat, kesempatan bagi postingan kamu untuk dilihat pengguna lain. Buatlah gambar yang menarik sehingga orang-orang tertarik untuk klik postingan  

  1. Not For Hunter
Image : Wokandapix from Pixabay

Pada saat mengadakan giveaway, tidak jarang, peserta yang ramai berpartisipasi justru orang yang bukan customer brandmu. Seringkali akun yang digunakan pun merupakan akun yang khusus berpartisipasi dalam sebuah kuis. Mereka seringkali disebut dengan sebutan “hunter”. Hunter adalah orang yang aktif di instagram untuk mencari giveaway, promo dan kuis-kuis. Mereka hanya akan memfollow akunmu sementara waktu, sampai ketika batas waktunya selesai, biasanya mereka akan melakukan unfollow. Sebagai pebisnis, sebelum menentukan list partisipan yang mengikuti giveaway, kamu harus terlebih dahulu melakukan survei untuk mengecek apakah akun tersebut adalah akun hunter. Ingat, sejatinya kamu mengadakan giveaway sebagai bentuk terima kasih kepada customer loyal brandmu sekaligus juga mencari target pasar yang memiliki peluang untuk menjadi customer kamu. Jika kamu memenangkan akun hunter, maka kamu akan mengecewakan orang-orang yang benar-benar mengikuti giveawaymu dengan serius. Disamping itu, memenangkan akun hunter tidak akan membawa dampak positif pada brandmu. Akun hunter tidak akan bisa mengenalkan brandmu pada followers instagramnya karena rata-rata follower akun hunter adalah akun palsu yang tidak aktif. Jadi jangan lupa untuk selalu melakukan pengecekan terlebih dahulu ya!