Tips Cetak Agenda Secara Personalisasi – Meskipun ada sebagian orang yang sudah beralih menggunakan buku agenda online, namun ternyata masih banyak pula yang lebih memilih untuk menggunakan buku agenda cetak. Produk cetak yang satu ini seringkali dipakai untuk memenuhi kebutuhan kantor hingga tugas sekolah atau kuliah. Buat kamu yang ingin mencetak agenda secara personalisasi, yuk simak telebih dahulu beberapa tips di bawah ini.

Berikut Deretan Tips Cetak Agenda Secara Personalisasi

Tips Cetak Agenda Secara Personalisasi
unsplash.com

Buku agenda menjadi sebuah buku untuk mencatat segala catatan penting bagi seseorang. Selain itu, buku agenda juga kerap dipergunakan sebagai catatan dan pengingat dalam aktivitas sehari-hari. Buku juga bisa digunakan sebagai wadah untuk menuangkan ide dan sebagainya.

Hingga sekarang ini, penggunaan buku agenda masih saja diterapkan oleh beberapa kalangan. Bahkan banyak pula yang beranggapan bahwa menggunakan buku agenda merupakan keuntungan tersendiri.

Tak sedikit orang atau perusahaan yang membuat buku agenda sendiri secara personalisasi dengan nama dan logo bisnis pada cover dan setiap halaman isinya. Kamu juga tertarik ingin membuat buku agenda sendiri? Jika iya, berikut beberapa tips mencetak buku agenda secara personalisasi:

Baca juga: Kumpulan Desain Agenda yang Dapat Ditiru

1. Merancang Desain Buku Agenda

Sama seperti ketika ingin mencetak jenis file lainnya, tentu kamu harus membuat desain terlebih dahulu sebelum mencetaknya. Kamu bisa membuat desain buku agenda yang menarik agar membuat kamu lebih rajin untuk menulis di agenda yang baru.

Jangan lupa tentukan warna konsep desain agenda yang diinginkan, ya! Kamu bisa pilih tema colorful, vintage, tipografi, pastel, atau monokrom. Setelah mengetahui konsep desain dan tema warnanya, barulah kamu bisa menambah tulisan keren untuk bagian cover depan buku.

2. Memilih Cover

Tips berikutnya dalam mencetak buku agenda adalah memilih bahan cover sesuai dengan kebutuhan. Terdapat dua jenis cover yang bisa kamu pilih ketika mencetak buku agenda, yakni soft cover dan hard cover.

Jika kamu cenderung ingin menghemat bujet, kamu bisa pilih soft cover. Jenis cover yang satu ini paling populer bagi buku-buku biasa pada umumnya. Untuk harga yang lebih murah lagi, kamu bisa menggunakan jenis kertas Art Carton, atau bisa menggunakan kertas fancy tebal jika memiliki bujet lebih.

Bagi kamu yang mengutamakan ketahanan buku, maka kamu bisa pilih hard cover. Merupakan papan board atau kertas karton tebal yang ditutupi kertas, kain, maupun kulit, penjilidan hard cover dapat dengan dijahit atau dispiral. Buku agenda dengan hard cover cenderung akan bertahan lama dan tidak mudah rusak.

Baca juga: Butuh Alasan untuk Tetap Rajin Menulis Agenda Harian? Anda Perlu Tahu 8 Hal Ini!

3. Memilih Kertas Sesuai Keinginan

Tips berikutnya adalah memiliki bahan kertas sesuai dengan keinginan. Biasanya, buku agenda dicetak menggunakan beragam jenis kertas, mulai dari bookpaper, HVS, atau Samson Kraft.

Usahakan untuk memilih jenis kertas yang cukup tebal, namun tetap masih bisa ditulis dengan menggunakan pulpen maupun pensil. Selain itu, pastikan juga kertas untuk buku agenda yang kamu pilih memberikan kenyamanan jika ditulis, serta tidak menembus ke halaman belakang.

4. Menyelipkan Kertas di Bagian Dalam

Jika kamu sebelumnya sudah sering menggunakan buku agenda, tentu kamu mengetahui bahwa di dalam buku tersebut terdapat kertas tambahan. Selain untuk jadwal-jadwal (kalender), buku agenda juga menyelipkan kertas tambahan sebagai pembatas.

Nah, bahan kertas pembatas ini harus berbeda dengan bahan kertas untuk isi agenda yang sudah kamu pilih sebelumnya. Biasanya, foto-foto hingga strip bisa ditempelkan pada pembatas tersebut.

Nah, itu tadi beberapa tips yang perlu kamu perhatikan sebelum mencetak buku agenda secara personalisasi. Selain untuk keperluan pribadi, buku agenda juga kerap dimanfaatkan untuk mempromosikan bisnis dengan cara membagikannya kepada pelanggan maupun calon pelanggan. Buat kamu yang ingin mencari tips-tips hingga informasi bermanfaat lainnya, kunjungi blog Uprint dan temukan informasi yang kamu butuhkan di sana.

Jika tertarik untuk mencetak buku agenda sendiri, kamu bisa mempercayakannya kepada Uprint. Merupakan salah satu percetakan online terpercaya, Uprint akan membantu kamu yang memiliki kendala waktu atau sibuk untuk membuat buku agenda yang diinginkan. Kamu juga bisa bisa mencetak photobook, biografi, company profile dan lain sebagainya hanya di Uprint.