Nyepi merupakan hari raya umat Hindu yang memiliki ragam peraturan mengasyikan. Bahkan bagi Anda yang suka dengan ketenangan, suasana ini akan menjadi favorit. Pada saat Nyepi berlangsung, Anda  diharuskan untuk mematuhi beberapa hal berikut ini empat diantaranya amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), amati geni (tidak menyalakan api), dan amati lelanguan (tidak bersenang-senang). Nyepi biasanya dimulai pukul 06.00 Wita dan berlangsung selama 24 jam sejak matahari terbit. Beberapa peraturan tersebut tidak akan mengganggu aktivitas Anda jika mengikuti tips berikut.

1. Pesan Tiket Perjalanan Jauh Hari

tips-liburan-nyepi-01

Saat Nyepi berlangsung, semua tiket perjalanan baik darat, laut, dan udara akan ditutup. Untuk itu, Anda harus berburu tiket perjalanan beberapa bulan sebelumnya, jika ingin mendapatkan harga yang tidak terlalu mahal. Jika ingin melalui jalur darat, pastikan Anda sampai di pelabuhan Gilimanuk sehari atau dua hari sebelum Nyepi berlangsung.

Baca juga : Cetak Hardbox untuk Wadah Hadiah di Hari Spesial

2. Tidak Keluar Penginapan

tips-liburan-nyepi-02

Saat Nyepi berlangsung, ada baiknya Anda tidak keluar penginapan dan hanya melakukan aktivitas di sekitar penginapan saja. Seperti memanfaatkan fasilitas penginapan yang sudah disediakan, hingga menghabiskan waktu libur untuk beristirahat setelah beraktivitas selama beberapa hari sebelumnya. Walau ada jam-jam tertentu Anda boleh keluar namun, tidak disarankan untuk keluar jauh dari hotel jika tidak ingin diperingatkan oleh pecalang.

3. Membeli Perbekalan

tips-liburan-nyepi-03

Sediakan juga perbekalan yang cukup untuk Anda selama liburan Nyepi di Bali. Karena toko dan mini market saat Nyepi tutup, sehingga Anda harus membeli perbekalan terlebih dahulu. Beli bahan makanan yang mudah dikonsumsi selama Anda berada di hotel. Seperti snack, mie instan, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk membeli persiapan obat-obatan seperti minyak angin dan lain sebagainya.

4. Mengambil Uang untuk Persiapan

tips-liburan-nyepi-04

Karena pada saat hari raya Nyepi semua internet tidak terhubung, sehingga mesin ATM juga akan tidak berfungsi. Ini hal yang paling utama harus dilakukan, yaitu mengambil uang terlebih dahulu. Ambilah uang seperlunya untuk persiapan selama Anda berdiam diri di hotel.

5. Matikan Lampu

tips-liburan-nyepi-07

Untuk menghargai budaya dan adat istiadat di sana, Anda harus mematikan lampu di sekitar hotel. Terutama area balkon, jika kamar Anda memiliki balkon. Apabila Anda memiliki anak kecil, ada baiknya untuk menutup jendela kamar dengan kain yang tebal seperti selimut dan menyalakan lampu agar buah hati tenang dengan adanya cahaya. Hal ini untuk mencegah cahaya kamar atau ruangan terlihat dari luar. Anda juga dapat memanfaatkan barang-barang seperti kardus untuk menambah tebalnya kain penutup jendela.

Baca juga : 7 Makanan Khas Bali Terlezat yang Akan Membuatmu Ketagihan

6. Berlaku Sopan dan Menghormati

tips-liburan-nyepi-08

Saat melihat ada upacara adat, sebaiknya Anda menghargai mereka yang sedang upacara. Jika Anda ingin mengambil gambar atau mengabadikan momen tersebut, ada baiknya untuk berpikir ulang. Jangan sampai Anda mengganggu ibadah mereka, hal ini demi menjaga ketertiban dan saling menghargai.

Itulah beberapa tips liburan di Bali saat Nyepi berlangsung. Anda harus memiliki pertimbangan dalam banyak hal agar saat liburan tidak terlalu repot belum menyediakan banyak hal. Terutama saat akses jalan menuju tempat-tempat lain ditutup.