Di era digital seperti sekarang, susah rasanya untuk berpisah dari smartphone. Selama beberapa menit sekali, kita akan mengecek smartphone untuk membalas pesan masuk, bermain games, atau sekadar scroll akun media sosial. Karena sering digunakan, baterai smartphone pun jadi cepat habis. Beruntung jika Anda membawa charger dan tersedia colokan listrik di tempat tertentu. Namun, bagaimana jika tidak? Power bank dapat menjadi solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan Anda tersebut. Tak perlu repot mencari colokan listrik, Anda bisa langsung mengisi baterai smartphone dengan menyambungkannya pada power bank melalui kabel charging. Agar tak salah memilih power bank, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

1. Kapasitas Power Bank dan Baterai Smartphone Harus Sesuai

memilih_powerbank_02

Hal pertama yang harus Anda perhatikan saat memilih power bank adalah kapasitas dayanya. Pastikan agar power bank memiliki kapasitas daya yang lebih besar dari kebutuhan baterai smartphone. Katakanlah smartphone Anda memiliki kapasitas baterai 3000 mAH, maka carilah power bank yang kapasitas dayanya di atas 3000 mAH. Dengan begini, power bank bisa menyediakan daya baterai untuk smartphone Anda dalam beberapa kali pengisian.

Jika Anda memilih power bank yang kapasitas dayanya berada di bawah kapasitas baterai smartphone, kemungkinan besar yang akan terjadi adalah baterai smartphone Anda tidak akan terisi 100%. Hal ini tentu dapat mengganggu kenyamanan Anda dalam menggunakan smartphone, bukan?

2. Jenis Sel Baterai pada Power Bank

memilih_powerbank_03

Idealnya, ada dua jenis sel baterai yang disematkan pada power bank di pasaran, yakni Li-ion dan Li-po. Power bank dengan sel baterai Li-po dikenal lebih unggul dari jenis Li-ion karena dayanya yang lebih kuat. Jenis sel tersebut bahkan mampu mengisi daya baterai tablet, tak hanya smartphone. Namun, bukan berarti power bank berjenis sel Li-ion tak bagus. Semua kembali lagi kepada kualitas masing-masing power bank, begitu juga dengan mereknya.

3. Perhatikan Tegangan Output-nya

memilih_powerbank_04

Baterai bukan satu-satunya hal yang harus Anda perhatikan saat membeli power bank. Anda juga harus mempertimbangkan tegangan output-nya. Tegangan output yang keluar dari power bank minimal harus sama atau lebih tinggi dari smartphone Anda. Umumnya, semakin tinggi tegangan output-nya, semakin cepat pula daya baterai smartphone Anda akan terisi. Dengan begini, Anda bisa lebih cepat menggunakan smartphone sehingga menurunnya produktivitas dapat diminimalisir.

4. Fitur-fitur yang Harus Dipertimbangkan

memilih_powerbank_05

Ada banyak sekali power bank yang dijual di pasaran. Setiap power bank hadir dengan beragam fitur berbeda. Jika Anda memiliki lebih dari satu smartphone, sebaiknya pilih power bank yang memiliki lebih dari satu kabel port sehingga Anda bisa mengisi lebih dari satu perangkat dalam waktu bersamaan.

Lalu, pilih pula power bank yang dilengkapi dengan fitur auto-cut. Dengan adanya fitur ini, power bank Anda akan secara otomatis berhenti melakukan pengisian jika baterai smartphone Anda sudah penuh. Dengan begini, smartphone Anda tidak akan mengalami over-charged sehingga fungsionalitasnya tetap terjaga dalam waktu yang cukup lama.

Selain beberapa tips di atas, pastikan pula bahwa power bank yang Anda pilih telah dilengkapi dengan garansi minimal enam bulan. Jadi, jika dalam jangka waktu garansi ternyata power bank Anda mengalami kerusakan, Anda bisa langsung mengajukan klaim garansi tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan. Selamat memilih power bank.