Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Tips menjaga kesehatan tubuh selalu menjadi topik pembahasan yang menarik dan bermanfaat. Terutama tips menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa. Pada saat berpuasa, tubuh memiliki situasi dan kondisi yang berbeda. Mulai dari siklus pencernaan yang berbeda dari hari-hari sebelumnya hingga waktu tubuh untuk istirahat. Untuk itu, agar tubuh tetap sehat dan memiliki stamina yang tepat harus memiliki beberapa cara menjaga kesehatan tubuh. Seperti berikut ini tips menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa.

1. Memperhatikan Asupan Makanan Selama Sahur dan Berbuka

tips-menjaga-kesehatan-tubuh-memperhatikan-asupan-makanan

Selama berpuasa, tips menjaga kesehatan tubuh yang harus dilakukan adalah memperhatikan asupan makanan. Saat berpuasa, yang dibutuhkan tubuh adalah serat dan vitamin. Untuk itu, pastikan Anda mengkonsumsi makanan yang memiliki banyak serat dan vitamin. Sebab, selama berpuasa tubuh kekurangan cairan yang akan mudah menimbulkan sembelit. Agar pencernaan tetap stabil dan sehat, mengkonsumsi serat dan vitamin merupakan pilihan yang tepat.

Baca juga : Makanan dan Minuman Khas Ramadhan yang Selalu Tersedia Saat Bulan Puasa Tiba

2. Perbanyak Minum Air Mineral

Selama berpuasa aktivitas berjalan seperti biasa, hanya saja kondisi tubuh yang berbeda. Cara mengantisipasi agar tubuh tidak mengalami dehidrasi adalah, mengkonsumsi air putih atau air mineral delapan gelas sehari. Hal ini untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa. Caranya adalah, Anda minum 4 gelas di saat sahur dan 4 gelas berikutnya di saat berbuka.

3. Mengkonsumsi Vitamin

tips-menjaga-kesehatan-tubuh-mengkonsumsi-vitamin

Tips menjaga kesehatan tubuh saat berpuasa lainnya adalah mengkonsumsi vitamin. Dalam hal ini untuk mencegah imunitas tubuh menurun. Anda dapat mengkonsumsi vitamin selama berpuasa. Sebab kondisi tubuh sebelum dan saat berpuasa memiliki kondisi yang berbeda. Terutama pola tidur yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Sebab, saat berpuasa pola tidur menjadi berbeda. Pertama harus bangun lebih awal dini hari untuk sarapan atau sahur. Jika Anda belum terbiasa melakukan hal seperti ini, sudah pasti akan mengalami perbedaan yang signifikan.

4. Istirahat yang Cukup

tips-menjaga-kesehatan-tubuh-istirahat-yang-cukup

Tips menjaga kesehatan tubuh selanjutnya adalah melakukan istirahat yang cukup. Jika pada saat berpuasa waktu tidur sedikit berkurang,maka manfaatkan beberapa waktu luang di saat istirahat siang. Terutama jika Anda adalah seorang pekerja atau karyawan. Waktu istirahat harus dimanfaatkan dengan baik dan benar. Ini akan membantu tubuh mengembalikan stamina agar lebih segar dan tidak mengantuk ketika bekerja.

Baca juga : Agar Tidak Lemas Selama Berpuasa, Jangan Lakukan Hal Ini

5. Rajin Mengontrol Kesehatan Tubuh

tips-menjaga-kesehatan-tubuh-mengontrol-kesehatan-tubuh

Meski tidak terkena penyakit apapun, sebaiknya Anda tetap mengontrol kesehatan tubuh. Terutama pada saat puasa seperti ini. Kondisi cuaca yang tidak menentu kerap kali menjadi pemicu penyakit dalam tubuh. Mulai dari influenza, hingga penyakit demam lainnya. Untuk itu, tips menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa seperti ini juga perlu dilakukan. Jika badan sehat dan terasa lebih fresh akan membuat Anda nyaman selama menjalani puasa.

Itulah tips menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa yang perlu diperhatikan demi kelancaran berpuasa Anda selama satu bulan penuh. Jangan lupa untuk selalu menjaga dan melihat makanan yang baik untuk tubuh. Misalnya, menjaga kebersihan dari makanan hingga menu yang disajikan. Sebaiknya Anda menghindari makanan pedas untuk dijadikan menu pembuka. Sebab, kondisi lambung yang kosong dan pencernaan belum dapat bekerja secara normal akan membuat perut terasa perih. Untuk menghindari hal tersebut, yang harus dilakukan adalah menjaga kualitas makanan dan menghindari makanan pedas.