Jepang adalah negara yang paling banyak peminatnya hanya untuk sekedar berjalan-jalan, dan menikmati suasana di sana. Negara yang dijuluki dengan matahari terbit ini memiliki empat musim yang masing-masing sangat menarik untuk dikunjungi. Musim yang ada di Jepang antara lain musim semi, musim, panas, musim gugur, hingga musim dingin memiliki destinasi wisata dengan pesonanya masing-masing. Namun, tidak semua wisatawan menyukai musim panas atau musim dingin, maka perlu diketahui sebelumnya mengenai masa berlangsungnya empat musim di Jepang.

Agar Anda dapat memiliki waktu yang tepat melihat keindahan Jepang, sebaiknya mencari tahu kapan waktu tepat berkunjung ke sana. Seperti beberapa waktu yang tepat mengunjungi Jepang berikut ini.

1. Musim Dingin

jepang-winter

Karena negara Indonesia tidak pernah merasakan musim dingin dengan hiasan salju, Anda dapat mencoba melihat salju di Jepang. Datanglah pada saat musim dingin sedang berlangsung. Pastikan Anda membawa beberapa ragam perlengkapan yang tepat untuk digunakan pada masa musim dingin tiba. Musim dingin di Jepang berlangsung mulai akhir Desember hingga akhir Februari. Namun, puncak masa musim dingin berada di bulan Desember hingga Maret. Wilayah Jepang bagian utara meliputi pulau Hokkaido dan sekitarnya serta daerah pegunungan di bagian tengah Pulau Honshu bisa menjadi pilihan destinasi wisata saat musim dingin.

Baca juga : Tips Solo Travelling ke Jepang yang Harus Diketahui

2. Musim Semi

jepang-spring

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Jepang selanjutnya adalah pada saat musim semi. Saat musim semi Anda dapat menikmati keindahan bunga sakura bermekaran. Musim semi di Jepang berlangsung selama bulan April, waktu paling tepat untuk menikmati bunga sakura yang sedang mekar. Biasanya pilihan berkunjung mulai dari minggu pertama atau minggu kedua di bulan April. Pada saat ini merupakan puncaknya kunjungan wisatawan asing ke berbagai destinasi wisata di Jepang sepanjang satu tahun. Jadi, jangan heran apabila tiket pesawat juga mematok harga yang melambung. Pada saat musim semi tiba, Anda dapat menikmati keindahan bunga sakura, serta suasana yang berbeda di sana. Nuansa yang hangat dan teduh akan menjadi kenangan tersendiri.

3. Festival Musim Panas

jepang-festival-musim-panas

Pada saat musim panas juga menjadi waktu yang tepat untuk mengunjungi Jepang, kenapa? Sebab pada saat musim panas, akan banyak festival menarik yang dapat Anda lihat dan kunjungi. Selain pesta kembang api, pada musim panas ini juga banyak, penjual makanan dan beberapa kegiatan lainnya yang menjadi aktivitas rutin setiap memasuki musim panas.

4. Musim Gugur

jepang-musim-gugur

Musim gugur juga menjadi musim yang banyak dipilih wisatawan untuk berkunjung, selain pesona daun momiji berwarna kemerahan di setiap sudut kotanya, wisatawan akan mendapatkan tiket pesawat yang lebih murah tentunya. Satu hal lagi, di musim gugur wisatawan akan merasakan suhu yang benar-benar sejuk, tidak begitu dingin atau terlalu panas, karena merupakan musim peralihan menjelang musim dingin.

Baca juga : 8 Makanan Jepang yang Harus Kamu Coba Saat Wisata ke Jepang

Itulah beberapa waktu yang tepat untuk mengunjungi Jepang. Pastikan Anda membeli tiket melihat musim apa yang sedang terjadi di sana. Sehingga tidak akan salah membawa perlengkapan yang harus dibawa dan digunakan. Jangan lupa untuk mempersiapkan beberapa dokumen pendukung lainnya.