Thailand adalah salah satu tujuan wisata paling populer di Asia Tenggara. Sebagian besar orang terpikat padanya karena negara ini memiliki sejarah yang menakjubkan, budaya Budha yang taat, dan pemandangan indah yang membuat para pelancong dari seluruh dunia menahan matanya untuk berkedip. Jika kamu saat ini sedang berada di Negeri Gajah Putih atau memiliki rencana ke sana, sebaiknya simak dulu daftar 10 destinasi favorit di Thailand berikut ini. Tim Uprint.id akan membeberkan 10 tempat memesona yang wajib dikunjungi saat berada di Thailand.

Bagi banyak pelancong budaya, Thailand adalah tanah candi kuno, menara berkilauan dan istana yang indah. Untuk hedonis yang mencari matahari, negara ini adalah tempat untuk bersantai di pantai bertabur palem yang memiliki teluk dan pulau-pulau indah. Bagi pecinta kuliner internasional, Thailand adalah surga dan kiblat kuliner di mana restoran dan kedai makanan trotoarnya terus datang setiap saat yang akan menawarkan lebih banyak pengalaman menakjubkan.

Baca juga: Trik Mencari Kuliner Halal Saat Melakukan Traveling ke Thailand

Bangkok, salah satu dari 10 destinasi favorit di Thailand, adalah sebuah kota metropolitan besar yang penuh dengan lalu lintas dan pusat perbelanjaan selayakanya ibukota berskala internasional lainnya. Kota ini jelas sangat kontras dengan sawah di dataran, desa-desa indah di perbukitan dan pegunungan atau bar reggae di tepi pantai di Phuket. Agaknya keragaman inilah yang membuat negara ini begitu menarik bagi banyak orang, dari para eksekutif yang kelelahan dengan segudang meeting membosankan, terbang ke sini untuk bersantai di resor bintang lima sybaritic, hingga para backpacker yang berkeliaran untuk merasakan budaya lokal sambil menginap di wisma-wisma murah di Chiang Mai seperti Bohemian.

Di bawah ini adalah daftar 10 destinasi favorit di Thailand paling banyak dikunjungi seperti yang dilaporkan oleh Otoritas Pariwisata Thailand.

  1. Bangkok

10 destinasi favorit di thailand bangkok

Sebagai ibukota politik, ekonomi, budaya, kuliner, dan spiritual Thailand, Bangkok menampilkan kolaborasi antara pesona dunia tua dan kenyamanan modern. Selalu, setiap hari libur Thailand termasuk kunjungan ke ibu kota kerajaan, Bangkok, atau Krung Thep, “kota malaikat” yang dikenal oleh penduduk setempat. Banyak pengunjung pertama kali ke kota ini mengira karena luasnya yang tak seberapa pastilah bisa selesai dinikmati hanya beberapa jam saja. Namun ternyata mereka salah! Semua itu karena tak lain ada banyak daya tarik yang tersebar di sekitar kota, hasil dari perkembangan lebih pesat dari dua abad setelah didirikannya kota ini pada tahun 1782. Hari ini Bangkok adalah kota kosmopolitan, abad ke-21 yang berpenduduk lebih dari sepuluh juta penduduk.

  1. Chiang Mai

10 destinasi favorit di thailand gadis chiang may

“Rose of the North” nya Thailand adalah julukan bagi Chiang Mai karena mengandung keanekaragaman budaya dan alam, banyak atraksi, dan keramahan yang hangat. Chiang Mai secara harfiah berarti “kota baru” dan telah mempertahankan namanya meskipun merayakan hari jadinya yang ke-700 pada tahun 1996. Raja Meng Rai Agung, seorang pemimpin yang sangat religius mendirikan banyak kuil di kota itu, menciptakan kota itu sebagai ibu kota Kerajaan Lanna di sekitar saat yang sama dengan berdirinya Kerajaan Sukhothai. Chiang Mai tidak hanya menjadi ibu kota dan inti budaya dari Kerajaan Lanna, tetapi juga pusat agama Buddha di Thailand utara. Eksotisme budaya telah menjadikannya sebagai salah satu dari 10 destinasi favorit di Thailand.

Baca juga: 10 Tempat Honeymoon Romantis di Asia yang Wajib Dikunjungi

  1. Phuket

10 destinasi favorit di thailand phuket

Ketika pelancong ke Thailand berbicara tentang laut, matahari dan pasir, Phuket sering menjadi tempat pertama yang terlintas dalam pikiran. Menjadi perhatian internasional dikarenakan kota ini menjadi setting dari film James Bond “The Man with the Golden Gun” pada tahun 1974, seluruh area saat ini menawarkan banyak hotel dan resor dengan segala macam fasilitas pariwisata bagi para pelancong.

  1. Ayutthaya

10 destinasi favorit di thailand ayyutthaya

Pernah dianggap sebagai kota paling spektakuler di Bumi, reruntuhan ibu kota Kerajaan Ayutthaya sekarang menjadi objek wisata utama yang mudah diakses dari Bangkok dengan mobil, kereta api, atau perahu sebagai perjalanan sehari atau semalam. Sebuah kekuatan regional selama 417 tahun, kota kuno ini berada pada puncaknya sekitar abad ke-16, ketika wilayah Kerajaan meluas ke dan di luar Laos, Kamboja, dan Myanmar saat ini. Ayutthaya memiliki hubungan diplomatik dengan Louis XIV dari Perancis dan didekati oleh pedagang Belanda, Portugis, Inggris, Cina dan Jepang.

Baca juga: 5 Negara Destinasi ke Luar Negeri dengan Maksimal Bujet Sebesar Rp 10 Juta

  1. Kanchanaburi

10 destinasi favorit di thailand kanchanaburi

Kanchanaburi telah menjadi tujuan 10 destinasi favorit di Thailand karena fokus pada alam terbuka. Bentang alamnya yang indah dan keindahannya yang menawan telah memikat hati siapa saja yang menatapnya. Hanya dua jam dari Bangkok, Kanchanaburi dapat diakses melalui jalan darat atau kereta api. Destinasi wisata ini sangat populer untuk memancing, arung jeram, kano, bersepeda gunung, mengamati burung, memandang bintang, bermain golf, serta trekking gajah dan hutan. Daerah ini menawarkan beberapa air terjun terkenal, gua yang pernah dihuni manusia Neolitikum, taman nasional, sungai yang tenang, hutan perawan, dan beberapa waduk besar.

  1. Krabi

10 destinasi favorit di thailand krabi

Sebuah provinsi di pantai Andaman, Thailand selatan, adalah wilayah kepulauan labirin hampir mirip sebuah tempat di dunia lain, di mana pulau-pulau tampak meletus secara vertikal dari laut dan pantai-pantai terpencil hanya dapat diakses dengan perahu ekor panjang berwarna-warni. Segudang teluk dan semenanjung di Krabi telah melindungi bajak laut, pedagang, dan gipsi laut selama ribuan tahun dan bukti arkeologis menunjukkan bahwa Krabi pada awalnya dihuni pada awal 25.000 – 35.000 tahun yang lalu.

Baca juga: Tempat Rahasia di Lombok Ini Wajib Dikunjungi Selain Pink Beach

  1. Ratchaburi

10 destinasi favorit di thailand ratchaburi

Daya tarik utama Ratchaburi adalah Pasar Terapung Damnoen Saduak, tujuan yang banyak didatangi oleh sebagian besar wisatawan yang mengunjungi Bangkok. Penjual di pasar menjual dagangan mereka dengan mengayuh perahu di sepanjang kanal Ratchaburi. Setiap pagi, ratusan perahu memadati pasar, didayung oleh perempuan dalam topi jerami. Untuk beberapa ratus baht pengunjung dapat menyewa perahu mereka sendiri dan menjelajahi kanal sambil berbelanja segala sesuatu mulai dari sayuran dan buah-buahan hingga mie dan suvenir yang baru dimasak.

  1. Chonburi

10 destinasi favorit di thailand chonburi

Chonburi, kota tepi laut terdekat Bangkok, terletak di pantai timur Teluk Thailand, sekitar 50 mil dari ibukota. Daerah ini memiliki sumber daya alam yang melimpah, menjadikannya provinsi pesisir yang populer di kalangan warga Bangkok untuk menghabiskan akhir pekan. Yang sangat populerdari Chonburi adalah resor tepi laut Pattaya. Meskipun kota-kota kecil di Chonburi yang lebih tenang dan tenang juga cukup populer di kalangan orang asing dan Thailand.

Baca juga: 8 Destinasi Terbaik di Asia untuk Perayaan Tahun Baru

  1. Sukhothai

10 destinasi favorit di thailand sukothai

Didirikan pada abad ke-13, Sukhothai, yang secara harfiah berarti “Dawn of Happiness” juga menjadi salah satu dari 10 destinasi favorit di Thailand. Sukothai adalah Kerajaan Thailand pertama yang benar-benar independen dan menikmati zaman keemasan di bawah Raja Ramkhamhaeng, yang berjasa menciptakan alfabet Thailand. Kuil-kuil dan monumen yang luar biasa dari kota besar ini telah dipugar dengan penuh cinta. ┬áTaman Bersejarah Sukhothai, yang merupakan sebuah Situs Warisan Dunia UNESCO, populer di kalangan para pelancong, terutama pada malam-malam tertentu ketika taman tetap terbuka dan para Buddha yang anggun diterangi oleh lampu .

  1. Phang nga

10 destinasi favorit di thailand phang nga

Provinsi Phang Nga terkenal dengan tanahnya yang indah, teluk yang spektakuler, pulau-pulau yang menakjubkan, dan penyelaman yang bagus. Yang paling terkenal adalah Taman Nasional Teluk Phang Nga, keajaiban geologis yang dipenuhi dengan pulau-pulau, gua-gua yang cekung, dan formasi batuan yang mengejutkan naik secara vertikal keluar dari laut. Teluk ini sangat terlindung dan karenanya ideal untuk ekspedisi di kayak laut untuk menjelajahi banyak gua dan pulau yang menarik di seluruh teluk.

Nah, sekarang sudah nggak bingung lagi kan mau mulai dari mana dulu saat berkunjung ke Thailand? Btw, diantara 10 destinasi favorit di Thailand, mana yang paling menjadi favorit mau, sahabat Uprint?