Yang mana yang menjadi pilihanmu saat kamu harus mencatat sesuatu? Buku tulis atau perangkat elektronik seperti laptop? Kebanyakan orang pada zaman serba canggih sekarang ini lebih memilih menggunakan laptop. Alasan mereka pun beragam. Tapi kami tetap memilih menggunakan buku tulis untuk mencatat. Mengapa? Ada empat alasan buku tulis lebih unggul dibandingkan laptop pada saat harus mencatat:

1. Orang lebih bisa fokus jika mencatat tidak di dalam laptop

Pada dasarnya manusia adalah makhluk yang mudah teralihkan. Jika disuguhkan dengan sesuatu yang menyenangkan, dengan mudah dan cepatnya orang berpindah ke hal yang menyenangkan tersebut.

Banyak sekali godaan yang muncul saat kita memilih untuk mencatat di dalam laptop. Internet dan media sosial adalah dua godaan terbesar. Bukannya mencatat, kita kemungkinan malah sedang memeriksa laman Facebook, melihat-lihat foto di Instagram, dan masih banyak lagi. Selain itu, menggunakan buku dengan warna yang ceria dan cerah akan menamba semangat menuliskan sesuatu.

Baca juga : Ternyata Sentuhan Warna Kuning Memiliki Kesan Ceria dan Modis Bagi Karakter Anda

Bahkan walaupun tidak ada jaringan internet, laptop tetap dapat mengalihkan fokus kita, misalnya kita akan bermain gim yang terdapat di dalam laptop.

Berbeda halnya dengan pena dan buku tulis. Dengan hanya ada pena dan buku tulis di hadapan kita, tidak ada gangguan yang menggoda kita. Dengan demikian, kita akan lebih fokus mencatat.

Buku tulis - Produk Uprint.id
Buku tulis – Produk Uprint.id

2. Menulis mendorong kita untuk berpikir, tidak seperti mengetik

Banyak penelitian menunjukkan bahwa saat kita mencatat dengan mengetik di laptop, kita mencatat informasi tanpa memproses dan menganalisisnya terlebih dahulu. Kita mendengar informasi, tapi kita tidak berpikir.

Lalu bagaimana dengan menulis? Menulis memang lebih lambat jika dibandingkan dengan mengetik, namun saat menulis, otak kita berpikir karena tidak setiap kata akan kita catat. Kita memilah terlebih dahulu mana informasi yang penting, lalu kita tulis sesuai gaya mencatat masing-masing, yang biasanya menggunakan tanda dan simbol yang hanya kita sendiri yang mengerti apa maksudnya.

Buku tulis - Produk Uprint.id
Buku tulis – Produk Uprint.id

3. Buku tulis tidak seperti perangkat yang memerlukan listrik dan perawatan

Laptop membutuhkan tenaga listrik agar dapat digunakan. Selain kebutuhan akan tenaga listrik, laptop juga memiliki kebutuhan untuk dirawat dan dijaga dengan baik agar tidak mudah rusak. Hal ini membuat laptop menjadi lebih merepotkan bila dibandingkan dengan buku tulis.

Buku tulis tidak memerlukan perawatan dan listrik, cukup kita simpan di tempat yang aman, seperti misalnya jauh dari air.

Buku tulis - Produk Uprint.id
Buku tulis – Produk Uprint.id

4. Buku tulis lebih praktis untuk dibawa ke mana-mana

Selain tidak ribet seperti laptop, ukuran buku tulis yang relatif kecil dan beratnya yang termasuk ringan membuat buku tulis lebih praktis untuk dibawa ke mana-mana.

Buku tulis - Produk Uprint.id
Buku tulis – Produk Uprint.id

Baca juga: 6 Cara Sederhana Menunjukkan Apresiasi, Karena Apresiasi Penting