Membangun jaringan seringkali terlihat seperti sebuah proyek yang sangat besar dan tak tertaklukkan. Dari mana Anda akan memulainya? Bagaimana Anda memecahkan masalahnya? Jangan biarkan semua kebingungan itu merusak pikiran Anda!

Sebagai seorang agen real estate, jaringan adalah bisnis Anda. Membangun jaringan dapat membantu Anda menemukan pelanggan baru tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun untuk iklan, membangun referensi dengan penyedia layanan lain, dan umumnya membantu Anda membangun bisnis yang berkelanjutan. Berikut empat cara jitu yang dapat memperkuat jaringan untuk bisnis Anda.

Baca juga: Ide Marketing Efektif untuk Para Fotografer

1. Terlibat dalam Sebuah Komunitas

membangun jaringan komunitas

Jejaring adalah tentang membantu orang lain. Oleh karena itu sangat penting jika Anda dapat terlibat dalam komunitas lokal sebanyak yang Anda bisa. Anda bisa menjadi anggota aktif di ruang pertemuan perdagangan lokal, organisasi profesional, atau bahkan pertemuan lingkungan. Menjadi anggota dalam beberapa komunitas dapat membantu Anda bertemu dengan orang-orang baru.

Jangan lupa, jadikan diri Anda anggota aktif dalam komunitas yang Anda ikuti. Semakin sering Anda menghadiri acara-acara komunitas, Anda akan semakin memperluas basis klien Anda. Tetapi itu bukan satu-satunya manfaat, hal itu juga akan membuat Anda lebih akrab dengan lingkungan tempat Anda bekerja dan membantu Anda mencocokkan klien dengan lingkungan yang paling sesuai dengan kepribadian dan kebutuhan mereka.

Baca juga: Bagaimana Pemasaran Media Sosial Bermanfaat bagi Bisnismu?

2. Membangun tim

membangun jaringan tim

Sebagai pemilik bisnis berbasis layanan, Anda dapat bertemu dengan orang lain yang memiliki dan menjalankan bisnis lainnya hingga sebuah jalinan persahabatan berlangsung. Libatkan diri Anda untuk berjejaring dengan orang-orang yang melayani target pasar Anda dan membangun hubungan rujukan dengan mereka, desainer interior atau arsitek, misalnya.

Jamie Crouch, seorang agent real estate ternama pernah berate bahwa mencatat bahwa ia membuat perbedaan besar di awal karirnya yaitu bergabung dengan beberapa komunitas lokal. Awalnya ia hanya mencoba, namun kini ia menganggap usaha itu sebagai batu loncatan yang luar biasa. Bergabung dengan komunitas adalah jalan untuk membuat jaringan yang hebat. Dari komunitas itu, Crouch kemudian bertemu dengan para pemimpin bisnis lain di berbagai industri yang juga tertarik pada jaringan dan referensi. Crouch mendapat keuntungan besar dari investasi persahabatan dengan kelompok itu. Ia mendapat referensi yang berkualitas dan membangun hubungan dengan orang lain di komunitas yang masih ia miliki sampai hari ini.

Memiliki jaringan dengan sesama pemilik bisnis akan membantu Anda mendapat berita dan informasi lokal, serta dapat menciptakan sumber rujukan baru dan membuat Anda merasa tidak sendirian dalam perjalanan kewirausahaan Anda.

Baca juga: 4 Cara Follow Up Kontak dari Networking

3. Bagikan dan Selesaikan Masalah

membangun jaringan selesaikan masalah

Saat Anda membangun jaringan sesama agen penjual dan pemilik bisnis, kemungkinan Anda akan mulai melihat masalah yang sama dari orang ke orang. Setiap kali Anda memiliki solusi untuk masalah yang dimiliki orang lain, bantu mereka, bahkan sekalipun mereka adalah pesaing. Hal itu dapat membantu membangun niat baik dan kemungkinan pada titik tertentu, mereka akan memiliki klien yang dapat mereka ambil dan ingat tindakan kebaikan Anda.

Desare Kohn-Laski, pemilik Agen Real Estate ternama, Skye Louis Realty, mendapat banyak pengalaman dan peningkatan brand dari menjalin hubungan dengan agen penjual lain tentang perjuangan bersama mereka. Meskipun beberapa orang mungkin mengatakan jaringan dengan agen lain tidak berguna, Kohn-Laski menemukan kesempatan untuk mempelajari apa yang dilakukan orang lain sehingga bisa menambah wawasan dan saling membantu.

Baca juga: Bagaimana Cara untuk Memaksimalkan Networking?

4. Hadiri Acara

membangun jaringan hadiri acara

Di luar pertemuan dengan komunitas lokal, menghadiri acara industri dan konferensi adalah cara terbaik untuk membangun jaringan dan belajar tentang inovasi pasar baru, taktik yang digunakan rekan kerja Anda, dan bertemu dengan orang baru. Anda juga dapat membagikan informasi, wawasan, dan strategi Anda sendiri, dan bahkan memperkenalkan diri Anda sebagai pembicara jika Anda cocok dengan tema dan topik konferensi.

Ini adalah cara yang bagus untuk memperluas jaringan geografis Anda, terutama jika Anda telah tinggal dan bekerja di area yang sama untuk waktu yang lama. Dengan bertemu agen penjual di kota lain, Anda membangun jaringan rujukan yang dapat mengirim bisnis kepada Anda ketika salah satu klien mereka pindah ke kota Anda, dan sebaliknya.

Jangan lupa kunci membangun jaringan adalah memperkuat brand yang Anda bawa. Jika Anda adalah seorang agen real estate, pastikan Anda memiliki kartu nama bisnis yang berkualitas dan mampu menampilkan citra diri Anda dengan baik. Untuk urusan mencetak kartu nama bisnis, hanya Uprint.id yang bisa membantu Anda dengan baik.