Image : Free-photos from Pixabay

Ingin menjadi pemula yang sukses menjalankan bisnis kue? Setiap orang yang terjun ke dunia bisnis, pasti tidak ingin uang yang diinvestasikan untuk modal terbuang percuma, bukan begitu? Sebagai pemula, kamu pun pasti ingin bisnismu berkembang dan menghasilkan feedback yang baik. Entah itu respon positif dari customer, memiliki brand yang lebih dikenal atau bisa juga mendapat profit yang besar. Jika kamu bercita-cita menjadi pebisnis handal, artikel ini adalah artikel yang tepat untuk kamu. Simak lima tips memulai bisnis kue bagi pemula disini!

  1. Lihat Keahlian dan Kesanggupan
Image : Philippe Ramakers from Pixabay

Coba ingat-ingat, mengapa kamu memutuskan memulai bisnis kue. Apakah karena demand yang tinggi, karena sudah mengetahui seluk beluk bisnis kuliner, atau karena kamu memiliki keahlian membuat kue? Ada banyak alasan mengapa seseorang memutuskan untuk menggeluti bisnis kue, tapi tidak sedikit juga orang yang tidak berhati-hati ketika memutuskan berbisnis kue. Karena tergiur dengan pangsa pasar yang besar, seringkali seseorang tidak mengukur keahlian dan kesanggupannya ketika berbisnis. Misalnya saja, kamu memiliki kemampuan yang baik dalam membuat kue, akan tetapi, kamu terbiasa membuat kue dalam kuantitas sedikit. Tidak heran, karena dulu kamu bertujuan membuat kue untuk dinikmati sendiri. Sedangkan ketika berbisnis, kamu diwajibkan membuat banyak kue untuk pembeli. Karena jam terbangmu belum banyak, akhirnya kamu kewalahan membuat kue dan terburu-buru mengejar deadline. Karena kelelahan, celakanya hal itu malah mempengaruhi kualitas kue buatanmu. Alhasil, ketika sampai kepada pembeli, pembelimu justru kecewa dan kapok berbelanja di tempatmu. Waduh, bukannya untung, malah buntung!

Ketika hendak memulai bisnis kue, alangkah baiknya jika kamu memulainya dengan perlahan-lahan. Kamu harus ingat bahwa kamu baru meraba-raba seperti apa “medan perang” yang sedang kamu geluti. Kamu pun belum memiliki banyak jam terbang. Dibanding mendapatkan untung, apa yang sebenarnya kamu butuhkan sebagai pemula adalah pijakan yang kuat saat menggeluti dunia bisnis. Untuk mengatasi hal itu, kamu bisa menambah jam terbang sekaligus melakukan pemanasan dengan menggunakan sistem pre-order terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu bisa menentukan kapan batas waktu pemesanan dan seberapa banyak maksimal pesanan yang bisa kamu kerjakan. Dengan begitu, kamu bisa menjalankan bisnis sekaligus menambah jam terbangmu secara perlahan. Jika kamu sudah mulai menguasai timing dari bisnismu, perlahan tapi pasti kamu bisa beralih ke sistem ready stock. Sembari berlatih, kamu juga bisa belajar dari pesaingmu. Eits, tapi bukan meniru ya. Jadikan apa yang pesaingmu lakukan sebagai acuan kamu berbisnis dan berkreasi. Jadi jangan terburu-buru ya, ingat : amati, tiru, modifikasi!

  1. Sesuaikan Dengan Budget
Image : Andreas Breitling from Pixabay

Sebagai pemula, meskipun kamu sudah banyak mempelajari bisnis kue, kamu tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di depanmu. Secara teoritis, kamu mungkin memang telah mengenal beberapa faktor seperti tipe kue yang diminati customer, ragam harga di pasaran dan lain-lain. Akan tetapi, dunia bisnis selalu penuh dengan kejutan. Kejutan-kejutan itu bisa jadi kejutan yang menyenangkan atau bisa juga kejutan yang tidak menyenangkan. Kamu tentu tahu, ada banyak orang yang terjun dalam dunia bisnis, namun banyak juga orang yang akhirnya memilih mundur dari dunia bisnis. Mulai dari kalah saing, management yang buruk hingga gulung tikar, semua bisa jadi alasan seseorang mundur dari dunia bisnis. Untuk itu, sebagai pemula, ada baiknya kamu memulai bisnis dari modal sedikit terlebih dulu. Mengapa begitu?

Ketika pertama kali mulai berbisnis, hal pertama yang harus kamu dapatkan bukanlah keuntungan, melainkan pengetahuan kamu terhadap target pasar. Pergunakan modal yang ada untuk mengembangkan bisnis sesuai dengan apa yang target pasar kamu inginkan. Dengan begitu, kamu akan lebih bisa memaksimalkan modal yang ada untuk mengembangkan produk sesuai yang diinginkan target pasar.

  1. Pikirkan Strategi Marketing
Image : Kardono Kardone from Pixabay

Sebelum terjun ke dalam dunia bisnis, ada baiknya kamu memikirkan strategi marketing yang akan digunakan brandmu matang-matang. Kamu bisa memulainya dari akun social media apa yang sebaiknya harus dimiliki brandmu, dimana saja kamu akan memasarkan produkmu, bagaimana cara pembeli menemukan kamu dan sebagainya. Dengan memiliki strategi marketing yang baik, kamu juga akan lebih mudah menentukan target pasar yang ingin kamu capai. Jika kamu ingin lebih detail lagi dalam mengumpulkan data, kami bisa lakukan survei target pasar terlebih dahulu. Melakukan survei tidaklah sulit kok, kamu bisa membuatnya dalam google form dan membagikannya melalui whatsapp, instagram, facebook, twitter atau bahkan tik tok.

  1. Packaging Yang Baik
Image : StockSnap from Pixabay

Ketika berbisnis, kamu harus memikirkan bagaimana caranya membuat calon pembeli kamu tertarik. Salah satunya adalah dengan packaging yang menarik. Packaging yang menarik dapat membuat produkmu lebih stand out dibanding produk pesaing. Selain menarik, kamu juga harus memiliki packaging yang aman untuk digunakan, dapat melindungi kuemu dari hamparan debu, polusi dan juga serangga. Kamu dapat menggunakan packaging seperti Dus Kue Kupu-Kupu dan Dus Tenteng. Atau, jika kamu ingin menghemat budget, kamu bisa gunakan Corrugated Box.

Ketiga jenis packaging ini memiliki penutup yang baik untuk melindungi kue kamu dari udara luar. Selain itu, ketiganya memiliki keunikan masing-masing yang dapat kamu pilih menyesuaikan dengan produkmu. Here’s a highlight for you!

  1. Dus Kue Kupu-Kupu

Dus Kue Kupu-Kupu sangat cocok bagi kamu yang memiliki usaha kue-kue kering, bolu, bakpia ataupun kue-kue lainnya seperti macaron dan juga cupcake. Dus ini memiliki penutup seperti sayap kupu-kupu yang bisa dikaitkan agar tidak mudah terbuka saat terkena angin. Soal daya rekat? Jangan khawatir, dus kue kupu-kupu tetap dapat tertutup rapat melindungi kuemu. Dus kue kupu-kupu tersedia dengan dua pilihan bahan dan juga berbagai jenis motif. Packaging ini sangat tepat untuk pebisnis pemula seperti kamu ataupun small business yang menginginkan packaging unik menarik dengan harga terjangkau. Jika kamu tertarik, langsung klik banner di atas saja ya!

  1. Dus Tenteng

[banner blog ads dus tenteng]

Ingin punya packaging yang bisa digunakan untuk sistem take-away? Dus tenteng bisa jadi packaging yang tepat untuk kamu. Harganya terjangkau serta memiliki kail di bagian atas memudahkan pembeli untuk take-away produk kamu. Soal keamanan, tidak perlu khawatir. Dus Tenteng memiliki bagian penutup yang rapat dan tidak mudah terbuka. Langsung klik banner untuk detail dan pemesanan ya!

  1. Corrugated Box

Packaging kuat, harga terjangkau, lengkap dengan berbagai variant warna? Paket lengkap ini bisa kamu dapatkan dengan menggunakan Corrugated Box sebagai packagingmu. Corrugated Box memiliki daya kuat yang baik, cocok untuk produk makanan yang sedikit berat seperti bolu dan juga cupcake dengan jumlah banyak. Corrugated Box Uprint.id memiliki banyak variant warna dan juga permukaan yang shimmering dikarenakan menggunakan bahan Fancy Metallic yang jarang dimiliki corrugated box di tempat lain. Miliki corrugated box sekarang dengan klik banner di atas!

Itulah tadi empat tips yang bisa kamu lakukan untuk mensukseskan bisnis kuemu. Sebagai pebisnis, kamu harus selalu kreatif, inovatif dan efisien ya. Selalu update terhadap perkembangan bisnis dan jangan takut gagal. Setiap bisnis akan memiliki tantangannya sendiri, tetap semangat dan sukses selalu!