Banyak alasan yang mendorong Anda untuk bekerja dari rumah. Mungkin Anda harus menyelesaikan pekerjaan yang tidak selesai di kantor, atau Anda memang memiliki rencana membuka bisnis online sehingga tak mengharuskan Anda bekerja di luar rumah. Apa pun kondisi dan alasan Anda, bekerja di rumah bisa jadi sangat menyenangkan apabila Anda melakukannya dengan benar. Karena jika tidak, bukannya lancar, pekerjaan Anda bisa jadi terbengkalai.
Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membuat agenda yang jelas mengenai daftar pekerjaan yang harus Anda selesaikan. Dengan begitu, Anda akan mendapat gambaran tentang hal-hal apa saja yang perlu Anda lakukan sehingga Anda tak berakhir dengan menunda pekerjaan. Selain membuat agenda, ada beberapa hal lainnya yang bisa Anda lakukan untuk efektif bekerja dari rumah. Berikut informasi lengkapnya!
1. Aktifkan ‘mode-kerja’ Anda
Aktivitas berangkat ke kantor untuk bekerja mungkin terkadang melelahkan untuk Anda, namun proses ini bermanfaat untuk mengaktifkan ‘mode-kerja’ Anda. Bangun dan berangkat kerja dapat mendorong semangat Anda dalam bekerja. Oleh karena itu, tak heran jika kantor Anda adalah rumah Anda sendiri, Anda menjadi kurang produktif karena tak mendapat dorongan untuk bekerja dengan efektif.
Sebaiknya, lakukanlah jalan santai di sekitar rumah Anda untuk mengaktifkan ‘mode-kerja’. Hal itu tidak hanya baik bagi tubuh, namun juga dapat menumbuhkan semangat kerja yang mungkin saja hilang jika Anda berada di rumah.
2. Buat space khusus bekerja
Apabila Anda merasa susah fokus bekerja di rumah, ada cara mudah yang bisa Anda lakukan: buatlah space khusus bekerja. Tidak masalah di mana Anda membuat space tersebut, yang penting Anda dapat bekerja dengan nyaman. Hal ini berguna untuk mendorong Anda berada pada tingkat fokus bekerja yang sempurna. Jangan membuat kesalahan dengan bekerja di sofa atau kamar tidur karena akhirnya Anda bisa merasa terlalu nyaman hingga mengantuk dan tertidur.
3. Mandi dan ganti pakaian
Mengenakan piyama seharian sembari bekerja di rumah memang boleh-boleh saja, namun apabila Anda ingin lebih produktif, sebaiknya mandilah dan ganti pakaian Anda. Cobalah menjalani ritual pagi hari sama dengan kebiasaan Anda berangkat ke kantor. Hal ini dapat membuat Anda lebih segar dan bersemangat dalam bekerja. Anda juga bisa meluangkan setidaknya sepuluh menit setiap harinya untuk olahraga ringan demi memastikan Anda tidak kurang bergerak.
Lengkapi dengan sarapan sehat untuk mendorong proses otak Anda berjalan dengan lancar. Anda juga bisa meluangkan waktu satu jam sebelum bekerja untuk melakukan hal apapun mulai dari minum kopi hingga yoga agar Anda lebih optimal dalam bekerja.
Baca Juga : Cara Bernegosiasi dengan Klien bagi kalian, Freelancer
4. Tentukan jadwal kerja Anda
Menentukan jadwal kerja dapat membantu Anda dalam membuat proses kerja jadi lebih teratur. Mulai dari alokasi waktu hingga daftar pekerjaan yang harus Anda selesaikan, semuanya harus terjadwal dengan jelas. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari rasa malas dan dapat mengerjakan pekerjaan dengan lebih maksimal. Apabila Anda belum membuat jadwal kerja, cobalah membuatnya sekarang. Usahakan untuk disiplin meskipun bekerja di rumah agar pekerjaan Anda pun lancar.
Lakukanlah beberapa tips di atas agar aktivitas bekerja dari rumah Anda menjadi lebih optimal dan lancar maksimal. Good luck!