Dalam usaha melakukan branding, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan, salah satunya adalah menggunakan merchandise. Keberadaan merchandise menjadi penting bagi kesuksesan branding karena sifatnya yang dekat dengan target konsumen. Merchandise yang baik dan menarik juga akan lebih berpotensi diingat oleh publik sehingga kemungkinan produk atau jasa yang Anda dikenal menjadi lebih besar. Penasaran bagaimana cara agar penggunaan merchandise bisa menyukseskan branding? Berikut informasinya!

 

1. Gunakan Item yang Kegunaannya Tinggi dan Bernilai

Merchandise_1

Cara terbaik agar merchandise yang Anda luncurkan menarik perhatian para konsumen adalah dengan memberikan mereka item yang sangat berguna. Berbagai produk lifesytle yang sering digunakan konsumen akan lebih disukai dan kesukaan tersebut akan berdampak sangat positif bagi perkembangan branding Anda. Salah satu item yang sangat berguna dan bernilai bagi konsumen adalah tas spunbond. Tas ini dapat digunakan untuk menyimpan berbagai barang sehingga akan sangat bermanfaat. Ditambah dengan desain yang bagus, sang penerima pasti akan merasa senang.

2. Sesuaikan Merchandise dengan Target Konsumen

Merchandise_2

Anda tentu tidak boleh membuat merchandise yang tidak cocok untuk target konsumen Anda. Karena kalau sampai salah pilih, merchandise yang Anda berikan bukannya meningkatkan branding, tapi malah menjatuhkannya. Karena itu, ingatlah untuk menyesuaikan merchandise yang Anda berikan dengan target konsumen Anda. Misalnya untuk distro, karena target konsumennya adalah anak muda, maka Anda bisa menyiapkan merchandise menarik berupa souvenir yang not so ordinary seperti phone case, totebag, hingga kanvas. Kecocokan item merchandise dengan kebutuhan dan typical konsumen Anda pastinya akan sangat  bermanfaat bagi peningkatan brand awareness Anda.

3. Manfaatkan Media Sosial

Merchandise_3

Cara paling mudah yang bisa Anda lakukan untuk menjadikan merchandise langkah tepat menyukseskan branding adalah dengan memanfaatan media sosial. Berhubung sebagian besar masyarakat Indonesia adalah ‘penggila’ media sosial, tidak ada salahnya Anda memanfaatkannya. Sebarkanlah merchandise andalan Anda dengan menyelenggarakan semacam kontes atau kuis melalui media sosial, tentu merchandise tersebut bisa Anda jadikan hadiah bagi para pemenang. Selain jitu dalam meningkatkan partisipasi konsumen, merchandise yang dibagikan sebagai hadiah juga secara otomatis meningkatkan brand awareness produk atau jasa yang Anda tawarkan.

4. Gunakan Merchandise untuk Membangun Reputasi

Merchandise_4

Satu lagi cara menggunakan merchandise yang ampuh untuk meningkatkan brand awareness Anda, yaitu menggunakannya sebagai alat membangun reputasi. Anda bisa melibatkan merchandise Anda ke dalam berbagai event yang diadakan pihak luar. Cara ini sangat ampuh dan terpuji, di mana Anda bisa mengenalkan bisnis Anda sekaligus beramal bagi sesama. Apalagi banyak komunitas yang mungkin saja membutuhkan merchandise yang Anda sediakan, seperti sekolah, panti asuhan, rumah sakit, hingga berbagai instansi yang akan sangat senang menyambut bantuan Anda.

Itulah beberapa cara mensukseskan branding melalui penggunaan merchandise. Ingatlah bahwa melalui pemanfaatan merchandise secara maksimal, brand awareness Anda juga akan semakin berkembang. Semoga bermanfaat!